telkomsel halo

Twilio luncurkan Linked Audiences dan Segment Data Graph

04:52:00 | 10 Jun 2024
Twilio luncurkan Linked Audiences dan Segment Data Graph
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Pada perhelatan Snowflake Summit 2024 yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat, TWILIO (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi untuk brand-brand terkemuka, mengumumkan peluncuran Linked Audiences dan Segment Data Graph, fitur produk baru yang meningkatkan interoperabilitas Twilio Segment dengan platform data dan data warehouse.

Kedua fitur ini mampu mendorong efisiensi pengelolaan data pelanggan serta membantu bisnis memperoleh pandangan menyeluruh dan real time tentang pelanggan mereka. Dengan memanfaatkan Linked Audiences dan Segment Data Graph, pemasar dapat dengan mudah menggabungkan manfaat data real timeyang diperoleh dari platform data pelanggan (customer data platform atau CDP) dengan manfaat platform data dan data warehouse yang kaya dan komprehensif meski kerap sulit diakses.

Tak hanya melejitkan efektivitas strategi pemasaran, hal ini juga mendorong pemanfaatan potensi transformatif AI, sehingga pemasar dapat mengambil manfaat penuh dari model AI tingkat lanjut guna mencapai hasil yang lebih baik dari interaksi dan keterlibatan dengan pelanggan.

Diungkapkan President di Twilio Segment, Thomas Wyatt, melalui peningkatan interoperabilitas antara CDP Segment dengan platform data dan data warehouse, bisnis dapat mengeksplorasi kekuatan sesungguhnya dari data pelanggan.

"Kombinasi ini membuat critical data begitu bermakna, sehingga setiap titik kontak pelanggan dan insight dapat segera ditindak lanjuti. Ini seperti halnya mengubah peta analog menjadi sistem GPS aktif yang memberikan panduan real time tepat saat Anda membutuhkannya," ujarnya.

Data lake, data warehouse, dan data lakehouse adalah alat-alat yang dulu biasa digunakan dalam analisis, tapi kini semakin berperan dalam kegiatan operasional seperti AI prediktif berkat kemampuan mereka menyimpan data organisasi dalam jumlah sangat besar. Seiring dengan hal tersebut, makin banyak pengguna yang mengintegrasikan data lake, data warehouse, dan data lakehouse dengan CDP Twilio Segment.

Saat ini, lebih dari 1 triliun baris data disinkronkan ke warehouse setiap bulannya di Twilio Segment Platform. Nama-nama besar industri sepertiSnowflake, perusahaan Cloud Data AI, danDatabricks, perusahaan Data dan AI, mengakui pentingnya meningkatkan kapabilitas pelanggan mereka melalui integrasi CDP.

Sementara, Kepala Departemen Pemasaran Produk Data Cloud di Snowflake, Onil Gunawardana mengatakan, kolaborasinya dengan Twilio Segment secara strategis bertujuan memperbesar nilai yang kami bagikan dalam ekosistem Cloud Data AI nya. "Dengan interoperabilitas yang lebih tinggi, kami dapat membantu pemasar mengakses dan menggunakan data dari platform kami pada berbagai saluran baru, kemudian mengaktivasinya secara real time dan pada skala besar untuk menciptakan keterlibatan pelanggan yang lebih baik dan operasi bisnis yang lebih optimal," jelasnya.

Dengan kemampuan menyinergikan insight real timedari CDP Segmen dengan data relasi komprehensif dari data warehouse memungkinkan bisnis mentransformasi platform data dan data warehousemenjadi sebuah sumber aplikasi operasional yang dinamis.

Dengan interoperabilitas ini, perusahaan dapat lebih mudah dan lancar mengonversi titik-titik data yang berbeda menjadi profil sesuai identitas yang lengkap dan berguna untuk memahami serta berinteraksi dengan pelanggan. Di era ketika kemampuan memanfaatkan AI secara efektif menjadi kunci untuk sukses dalam persaingan, interaksi yang segera dan berbasis data dengan pelanggan menjadi sangat penting dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan dan mendorong terciptanya imbal hasil investasi untuk pemasaran.

Linked Audiences, yang saat ini tersedia dalam versi beta untuk umum, adalah alat pembangun audiens yang intuitif bagi pemasar di segmen B2B maupun B2C, dengan kemampuan mendukung pemanfaatan data pelanggan secara menyeluruh dan mudah tanpa perlu menulis satu baris pun kode pemrograman SQL. Hal ini dimungkinkan berkat integrasi data real time dari CDP Segment dengan data yang komprehensif dari data warehouse.

Dengan kemampuan ini, pemasar dapat memperoleh pandangan yang lebih lengkap dan presisi terhadap interaksi pelanggan, dan akhirnya menghasilkan penargetan yang lebih akurat serta penciptaan imbal hasil investasi yang lebih besar.

Solusi ini mentransformasi cara pemasar berinteraksi dan bekerja dengan data. Kini, mereka dapat melakukan query dan segmentasi langsung dari dalam data warehouse mereka menggunakan antar muka yang lebih sederhana, tanpa memerlukan kode pemrograman. Linked Audiences memberikan kepada pemasar teknis kemampuan untuk mempercepat aktivitas penyusunan dan penyempurnaan daftar audiens, mengambil keputusan berbasis data dengan lebih cepat dan lebih efisien. Akses langsung kepada data mempercepat respons terhadap dinamika pasar serta preferensi pelanggan yang terus berubah, dan pada akhirnya meningkatkan fleksibilitas dan efektivitas strategi pemasaran secara signifikan.

Linked Audiences mampu menjembatani celah antara data operasional real time dari Segment dan data historis. Solusi terbaru dari Twilio Segment ini meningkatkan interoperabilitas antara kedua sumber data tersebut, menghancurkan dinding-dinding data silos sehingga memudahkan pertukaran informasi secara lebih dinamis. Tak hanya menyederhanakan alur kerja, hal ini juga memperkaya insight yang digunakan dalam menyusun strategi keterlibatan pelanggan.

Pendekatan pemanfaatan data yang komprehensif ini sangat membantu perusahaan seperti LegalZoom, yang berupaya memanfaatkan arsitektur data mereka secara optimal guna memastikan bahwa data tak sekedar dikumpulkan, tapi juga digunakan secara aktif untuk menciptakan interaksi pelanggan dengan cara lebih cerdas dan lebih personal, serta untuk mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

Dikatakan VP Engineeringdi LegalZoom, Timothy Hobson, fokus timnya adalah membuka batasan-batasan antara kumpulan data profil pelanggan guna mempercepat proses penciptaan audiens. Linked Audiences dari Twilio Segment memungkinkan pihaknya membantu pelanggan kami menghadirkan pengalaman setiap hari. "Dengan efisiensi baru, insight yang mudah diakses, dan data akun yang terintegrasi, kami tak sabar melihat peluang apa saja yang tersedia bagi ekosistem LegalZoom," ujarnya.

Terletak di jantung inovasi terbaru ini adalah Data Graph, yaitu sebuah kerangka kerja canggih yang dibangun di atas kemampuan Segment menyatukan berbagai profil pelanggan, dengan kemampuan mentransformasi platform data dan data warehouse dari repositori statis menjadi mesin dinamis yang mendukung intelijen bisnis. Alat ini memberi kemampuan tim data untuk secara dinamis mendefinisikan dan mengelola hubungan antara berbagai set data dalam platform data dan data warehouse.

Data Graph menghubungkan dan mengaktivasi seluruh titik data pelanggan seperti akun perusahaan, akun berlangganan, informasi produk, dan informasi rumah tangga dan dengan demikian menciptakan sebuah pandangan komprehensif yang sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan yang efektif. Dengan kemampuan ini, perusahaan dapat menciptakan segmen audiens yang terperinci, kemudian meneruskan data ini ke alat-alat di sisi hilir untuk digunakan dalam analisis tingkat lanjut, adtech atau teknologi iklan, dan otomatisasi pemasaran. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year