telkomsel halo

PINTU gandeng Bappebti untuk tingkatkan literasi kripto anak muda

07:27:00 | 24 May 2024
PINTU gandeng Bappebti untuk tingkatkan literasi kripto anak muda
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto di Indonesia terus berupaya mendorong peningkatan literasi aset crypto. Kali ini, PINTU berkolaborasi dengan Badan Pengawas Berjangka Perdagangan Komoditi (Bappebti) berkunjung ke Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur dalam rangka mengadakan dua kegiatan sekaligus yakni, Stand Up Comedy bertajuk Web3 Open Mic Competition: Laugh to The Moon pada (17/5) dan Pintu Talks Campus Edition di Universitas Airlangga (UNAIR) (18/5) yang membahas topik mengenai Digital Economy Transformation: Blockchain & The Future of Accountancy.

Menurut Sekretaris Bappebti Olvy Andrianita, Bappebti mengapresiasi kegiatan literasi aset crypto di Surabaya baik di Universitas Airlangga maupun komunitas Stand Up Comedy karena fokus kepada anak muda yakni para mahasiswa. "Edukasi yang dikemas dengan kreatif ini diharapkan efektif mengingat 23,7 persen jumlah pelanggan aset crypto di Indonesia dari kalangan mahasiswa berdasarkan data tahun 2023. Mahasiswa sebagai generasi penerus juga harus melek dengan perkembangan informasi karena penguatan ekonomi tidak lari dari perkembangan teknologi termasuk aset crypto," katanya saat menyampaikan sambutan pembuka.

Hadir dalam acara ini, Koordinator Program Studi Diploma 3 Akuntansi, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Yanuar Nugroho yang memberikan paparan mengenai cryptocurrency dalam perspektif akuntansi. "Analisis akuntansi terkait aset crypto menjadi mata kuliah yang penting bagi mahasiswa karena crypto merupakan salah satu bagian dari ilmu ekonomi saat ini. Literasi kepada mahasiswa menjadi wadah edukasi yang efektif dalam memberikan pemahaman terkait regulasi, ekosistem, potensi serta hal-hal lain terkait. Kegiatan ini harapannya akan muncul pelaku industri crypto dari generasi muda Indonesia yang tentunya telah matang dan siap terjun di industri ini," paparnya.

Sementara, General Counsel PINTU Malikulkusno Utomo atau Dimas mengungkapkan, edukasi dan literasi menjadi komitmen utama pihaknya bersama dengan Bappebti yang selalu mendukung berbagai program yang dimiliki. Rangkaian kegiatan di Surabaya tepatnya di UNAIR menjadi bagian perjalanan edukasi kami yang disambut antusias oleh mahasiswa yang ingin mengetahui lebih dalam tentang perkembangan industri aset crypto. "Ke depan, kami sangat terbuka untuk terus memperkuat kolaborasi dengan Bappebti selaku regulator beserta institusi pendidikan lainnya demi mendorong penetrasi dan literasi aset crypto dan teknologi di dalamnya," ujarnya.

Masih dalam rangkaian kegiatan Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024 yang dibuka sejak awal Mei 2024, PINTU terus mendukung kegiatan ini melalui berbagai kegiatan roadshow yang salah satunya diadakan di Surabaya. Pada dua kegiatan yakni Stand Up Competition dan Pintu Talks di UNAIR ratusan peserta turut hadir mendukung jalannya acara yang diisi dengan berbagai konten menarik seperti bagaimana revolusi internet dari Web 1.0 sampai ke Web 3.0, hingga bagaimana regulasi yang mengatur tentang perdagangan investasi aset crypto di Indonesia.

Ditambahkan Dimas, BLK 2024 akan berakhir pada tanggal 30 Mei 2024. "Namun semangat dan dorongan untuk mengedukasi tentang manfaat aset crypto dan teknologi blockchain akan terus kami jalankan sebagai bagian dari usaha nyata kami untuk meningkatkan penetrasi investasi aset crypto di Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai pusat crypto terbesar di Asia Tenggara," jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year