telkomsel halo

Soft skill diperlukan di tengah pengaruh disrupsi AI

04:54:00 | 29 Feb 2024
Soft skill diperlukan di tengah pengaruh disrupsi AI
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Keterampilan yang dibutuhkan pada suatu pekerjaan berubah sebesar 68% pada tahun 2030 akibat dampak disrupsi AI, di mana 97% perusahaan di Indonesia berencana meningkatkan skill para karyawannya tahun ini. Saat ini, terdapat lima skill yang dianggap penting di tengah era kecerdasan buatan, meliputi problem solving (37%), AI (35%), IT & web (28%), critical thinking (27%), dan skill komunikasi (25%).

Country Lead Indonesia di LinkedIn, Rohit Kalsy mengatakan, dalam setahun terakhir, narasi didominasi oleh kemajuan teknologi, terutama integrasi AI ke dalam alur kerja bisnis. Sekarang, kita sedang menyaksikan pergeseran skill yang nyata, baik skill teknis maupun soft skill, untuk berhasil di tengah disrupsi AI ini.

"Sejalan dengan kesadaran tersebut, kami melihat jumlah pengguna yang berinteraksi dengan konten AI di LinkedIn Learning Hub meningkat 5x year-on-year secara global. Perusahaan dan profesional harus mengadopsi keadaan pembelajaran yang lebih sustainable,” ujarnya.

Sebanyak 97% perusahaan di Indonesia mengamati perubahan substansial dalam keterampilan dan kualifikasi yang mereka prioritaskan pada calon pekerja. Para karyawan pun diharapkan tidak hanya memiliki skill AI, tetapi juga soft skill dan keinginan belajar hal baru.

Menurut Workplace Learning Report terbaru dari LinkedIn, sebanyak 95% profesional Learning & Development (L&D) di Asia Tenggara percaya bahwa keterampilan manusia semakin menjadi kompetitif dalam ekonomi kita. Secara khusus, 'komunikasi' telah menjadi keterampilan yang paling dicari di daftar LinkedIn untuk tahun 2024 di semua negara di Asia Pasifik, meliputi Indonesia, Australia, China, India, Jepang, Filipina, dan Singapura. Selain itu, 43% manajer perekrutan di Indonesia menganggap potensi pertumbuhan individu dan kemampuan untuk belajar menjadi faktor paling penting ketika mengevaluasi kandidat internal maupun eksternal.

97% perusahaan di Indonesia juga akan mempersiapkan karyawan mereka untuk mampu berkompetisi di masa depan dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keamanan kerja.

Hampir 6 dari 10 (57%) profesional HR di Indonesia akan menyediakan program pelatihan dan pengembangan online, serta memberikan kesempatan untuk eksperimen langsung menggunakan tools generative AI. Angka ini juga merupakan yang tertinggi di antara negara Asia Pasifik lainnya.

Sebuah survei terbaru terhadap para pimpinan perusahaan di Asia Tenggara mengungkapkan bahwa mobilitas internal menjadi faktor yang semakin penting dalam menarik dan mempertahankan karyawan terbaik perusahaan. 6 dari 10 (62%) pimpinan perusahaan di Indonesia memprioritaskan jenjang karier di tahun ini, lebih banyak daripada negara di Asia Pasifik lainnya seperti Singapura (52%), India (48%), dan Australia (39%).

Untuk membantu perusahaan beralih ke pendekatan yang berorientasi pada skill, LinkedIn memperkenalkan pengalaman berbasis AI yang inovatif, antara lain :

    Tools seperti Recruiter 2024, perekrutan yang dibantu kecerdasan buatan dari LinkedIn, untuk memungkinkan perekrut dengan cepat mengakses rekomendasi kandidat berkualitas. Fitur-fitur ini akan diluncurkan di Asia Pasifik pada akhir Februari.

    LinkedIn meluncurkan pelatihan yang didukung oleh AI di LinkedIn Learning, chatbot yang memberikan saran secara real-time dan rekomendasi konten yang disesuaikan dengan jabatan dan tujuan karier pengguna, serta keterampilan yang mereka ikuti. Saat ini, ini tersedia untuk pelanggan Asia Pasifik dan berbahasa Inggris.

    Awal Maret nanti, LinkedIn akan meluncurkan fitur career development dan mobilitas internal baru di dalam LinkedIn Learning untuk membantu karyawan mempelajari skill penting lainnya. Fitur ini akan tersedia dalam Bahasa Indonesia, Inggris, Hindi, Jepang, Melayu, dan lain-lain.

Ditambahkan Rohit, para pemimpin bisnis menyadari bahwa cara lama dalam perekrutan tidak lagi relevan di era pekerjaan baru yang dibentuk oleh AI, di mana keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang sama akan berubah sebesar 68% pada tahun 2030. Setiap menitnya, LinkedIn membantu 7 orang untuk dipekerjakan dan 140 jam konten pembelajaran dikonsumsi.

"Berdasarkan hal ini, kami telah meningkatkan solusi perekrutan dan pembelajaran untuk membantu perusahaan merekrut dan mempertahankan talenta terbaik. Kami berkomitmen untuk memberdayakan setiap bisnis dan profesional di Indonesia dan di seluruh dunia agar dapat beradaptasi dan berkembang di lingkungan bisnis yang berkembang pesat ini,' katanya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year