telkomsel halo

Bitcoin semakin dekat ke US$45 ribu

07:20:30 | 10 Dec 2023
Bitcoin semakin dekat ke US$45 ribu
JAKARTA (IndoTelko) - Bitcoin kembali memikat dunia dengan lonjakan harganya yang mencengangkan, melewati angka US$44.000 atau sekitar Rp 683 juta.

Kenaikan ini merupakan level harga tertinggi dalam lebih dari setahun sejak April 2022. Pertanyaannya sekarang, apakah kita akan segera melihat Bitcoin mencapai $45.000 dalam waktu dekat?

Trader dari Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, memberikan pandangan mengenai faktor-faktor yang bisa mendorong harga Bitcoin lebih tinggi menjelang akhir tahun 2023. Bitcoin terus menanjak hingga mencapai $44.000, memberikan apresiasi yang signifikan di awal Desember 2023.

Menurut Fyqieh, apresiasi ini didukung oleh beberapa faktor kunci. Pertama, narasi mengenai ETF Bitcoin spot terus menjadi sorotan, dan tekanan dari kebijakan moneter Amerika Serikat mulai mereda, memungkinkan para pemain besar (whale) untuk mendorong harga lebih tinggi. Selain itu, hal ini menciptakan apa yang dikenal sebagai "Fear of Missing Out (FOMO)" di kalangan investor ritel, yang memperkuat tren akumulasi positif.

“ETF Bitcoin akan menciptakan akses yang lebih besar terhadap bitcoin bagi lebih banyak investor ritel dan institusi, memberikan peluang untuk terpapar pada aset digital,” kata Fyqieh.

Menurut pandangan Fyqieh, sebagian besar investor optimis bahwa Bitcoin akan mencapai harga yang lebih tinggi menjelang akhir tahun dan akan mengakhiri tahun dengan tren positif. Banyak yang memprediksi bahwa Bitcoin akan mencapai kembali All-Time High (ATH) yang terjadi pada tahun 2021 dalam waktu dekat. Meskipun begitu, untuk mencapai ATH mungkin tidak akan terjadi begitu saja.

"Mungkin Bitcoin tidak akan mencapai rekor tertinggi (ATH) dalam 'satu kali jalan', terutama mengingat faktor seperti halving yang akan datang. Dan jika belum ada proposal ETF yang disetujui, maka Bitcoin mungkin mengalami koreksi," ujarnya.

Dalam hal ini, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika (SEC) diperkirakan akan mengambil keputusan mengenai proposal ETF Bitcoin spot yang diajukan oleh beberapa institusi keuangan tradisional seperti BlackRock, Ark Invest, dan 21Shares pada awal tahun 2024. Meskipun SEC awalnya menolak proposal tersebut dengan alasan kekhawatiran akan keamanan investor dan potensi manipulasi pasar kripto, kini tampaknya semakin mungkin bahwa ETF Bitcoin spot pertama akan diperdagangkan di bursa utama Amerika Serikat pada tahun 2024.

Selain itu, keputusan Federal Reserve (The Fed) untuk mulai menurunkan suku bunga dari level tertinggi dalam 22 tahun pada paruh pertama tahun 2024 juga dapat mempengaruhi Bitcoin dan aset berisiko lainnya. Ekspektasi penurunan suku bunga AS sebesar setidaknya 25 basis poin (bps) pada bulan Maret sekitar 60%, menurut FedWatch Tool CME, yang meningkat dari sedikit lebih dari 50% minggu sebelumnya. Pertemuan kebijakan The Fed berikutnya akan diadakan pada 12-13 Desember, dan diperkirakan akan mempertahankan suku bunga saat ini.

"Berdasarkan analisis di atas, jika tidak ada persetujuan dari SEC dan The Fed belum memberikan sinyal yang jelas, target harga Bitcoin hingga akhir tahun 2023 kemungkinan berada dalam kisaran $40.000 hingga $45.000. Perlu diingat bahwa ini hanyalah perkiraan, dan harga Bitcoin dapat berfluktuasi tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya di masa mendatang,” katanya.

Lebih lanjut, Fyqieh juga berpendapat bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot dapat menjadi pemicu besar bagi lonjakan Bitcoin pada tahun 2024. Selain itu, Bitcoin kemungkinan akan mengalami peristiwa halving berikutnya pada bulan April 2024, yang menurut beberapa ahli dapat mendorong harga Bitcoin lebih tinggi lagi.

Berdasarkan sejarah, harga Bitcoin cenderung mencapai titik terendah dalam siklus setahun sebelum halving dan menguat selama lebih dari setahun setelah halving. Jika pola ini berulang pada tahun 2024, maka harga Bitcoin bisa mencapai ATH baru pada paruh pertama tahun 2025.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year