telkomsel halo

Couchbase umumkan layanan Capella Columnar baru

04:11:00 | 06 Dec 2023
Couchbase umumkan layanan Capella Columnar baru
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan platform database cloud, Couchbase mengumumkan layanan kolumnar Capella baru di Amazon Web Services (AWS) di AWS re:Invent 2023, yang memungkinkan organisasi memanfaatkan analitik real-time untuk membangun aplikasi adaptif.

Capella columnar adalah layanan baru yang memperkenalkan penyimpanan kolom dan integrasi data ke dalam Capella Database-as-a-Service (DBaaS), sehingga memungkinkan analisis data real-time pada platform yang sama dengan beban kerja operasional. Dengan menyatukan aplikasi analitik operasional dan real-time ke dalam satu platform database, Couchbase menghilangkan gesekan untuk memberikan pengalaman pelanggan premium.

Menurut SVP manajemen produk dan operasi bisnis di Couchbase, Scott Anderson, untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan mempercepat peluang bisnis, organisasi berinvestasi dalam aplikasi adaptif real-time yang kontekstual, hiper-personal, dan cerdas. Analisis real-time sangat penting untuk menghadirkan aplikasi adaptif ini, dan AI membuatnya lebih baik dan lebih strategis.

"Dengan kolom di Capella DBaaS kami, untuk pertama kalinya organisasi dapat dengan mudah membangun aplikasi adaptif yang didukung oleh analitik real-time dalam satu platform berbasis JSON. Kami menghilangkan kesenjangan latensi yang telah ada selamanya antara analitik dan database operasional sambil memudahkan tim pengembangan untuk memasukkan langkah-langkah analitik real-time yang diperlukan ke dalam aplikasi adaptif mereka," katanya.

Menurut Forrester Research, "Memindahkan data dari sistem transaksional ke sistem operasional dan kemudian ke sistem analitik adalah penghalang untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan lebih cepat. Tumpukan data yang berbeda juga membahayakan pengiriman data tepat waktu ke berbagai aplikasi, sistem operasional, dan ke dalam alur kerja analitik, yang mengakibatkan hilangnya peluang bisnis."

Akselerasi AI menciptakan tantangan yang lebih besar karena memiliki platform database yang berbeda, memperkenalkan kompleksitas yang membingungkan model yang dilatih untuk memberi daya pada aplikasi. Capella columnar memecahkan masalah ini karena memungkinkan pengguna untuk melakukan pemrosesan analitik operasional dan real-time dengan kinerja dan kecepatan yang menarik, semuanya dalam satu platform yang dirancang secara unik. Selain itu, baik aplikasi maupun pengguna mendapat manfaat dengan tidak mengalami latensi dan menerima pengalaman premium yang lebih mulus.

Dengan layanan kolom Capella yang baru, pelanggan dapat melakuakn dan mendapatkan beberapa hal sebagai berikut:

Meningkatkan ketangkasan dan kinerja

Capella columnar bekerja dalam aplikasi yang didukung Capella untuk memungkinkan penyerapan yang cepat dan tanpa skema tanpa harus melakukan ekstraksi, transformasi, dan pemuatan (ETL). Layanan dapat mendistribusikan data dari beban kerja operasional untuk melakukan analisis real-time pada data operasional dan kemudian segera mempengaruhi perilaku aplikasi dengan informasi tersebut. Selain itu, pemisahan komputasi dan penyimpanan berarti Capella columnar dapat dengan cepat menskalakan untuk memenuhi perubahan aplikasi atau kebutuhan analitis.

Streaming penyerapan dari sumber data perusahaan secara real time

Dengan Capella columnar, analitik operasional tidak terbatas hanya pada data operasional karena pengguna dapat menyertakan JSON eksternal, relasional, streaming, dan kumpulan data lainnya dari aplikasi SaaS atau sumber manajemen basis data lainnya. Capella columnar dapat menganalisis berbagai data yang sebenarnya dalam pernyataan tunggal yang sederhana. Misalnya, ia dapat menganalisis data dari Couchbase, S3, BSON, Cassandra, DynamoDB, dan MySQL semuanya dalam pernyataan yang sama.

Meningkatkan kemudahan penggunaan bagi pengembang

Capella columnar menggunakan bahasa kueri SQL++ yang sama di seluruh aplikasi analitik operasional dan real-time. Ini berarti bahwa pengembang yang sudah tahu SQL dapat dengan mudah membangun aplikasi pada satu platform dengan satu bahasa query daripada harus menggunakan dua bahasa query yang berbeda. Layanan baru ini juga dilengkapi Capella iQ bertenaga bahasa alami sebagai co-pilot SQL ++ untuk pengkodean yang lebih cepat.

Mengurangi kompleksitas dan biaya

Dengan menggabungkan analitik operasional dan real-time dalam satu platform data, pelanggan dapat mencapai lebih banyak dengan Capella dan dengan total biaya kepemilikan (TCO) yang lebih rendah daripada menyerap biaya satu platform database untuk beban kerja operasional dan satu lagi untuk analitik hampir real-time. Selain itu, tim yang mengonversi data JSON ke database analitik tradisional tidak perlu lagi melalui proses konversi yang rumit.

Capella columnar memanfaatkan layanan AWS sebagai bagian integral dari arsitektur produk termasuk Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS), Amazon Managed Streaming for Apache Kafka (Amazon MSK), dan AWS Secrets Manager. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year