telkomsel halo

Udemy ungkap dampak ChatGPT terhadap keterampilan AI

10:29:40 | 04 Dec 2023
Udemy ungkap dampak ChatGPT terhadap keterampilan AI
JAKARTA (IndoTelko) Udemy merilis informasi menjelang peringatan satu tahun peluncuran ChatGPT oleh OpenAI.

Informasi ini mengungkap bagaimana organisasi dan para profesional di seluruh dunia telah menerima dan menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif dalam setahun terakhir, memberikan pandangan detail tentang dampak perkembangan keterampilan teknologi ini di lingkungan kerja.

“Seiring dengan percepatan transformasi digital yang terjadi di pasar Indonesia, adopsi AI generatif menjadi semakin penting. Mulai dari membuat segala sesuatunya berjalan lebih cepat hingga memunculkan ide-ide baru, AI generatif dapat membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk berkembang. Ini bukanlah tren yang akan berlalu begitu saja ini adalah alat yang harus dimiliki untuk menavigasi lika-liku pasar Indonesia dan memastikan bisnis terus bergerak maju,” ujar Head of Indonesia di Udemy Giri Suhardi.

Data Udemy, yang dikumpulkan sejak peluncuran ChatGPT pada 30 November 2022 hingga 31 Oktober 2023, menunjukkan bagaimana teknologi ini telah digunakan secara luas di seluruh dunia dalam satu tahun terakhir:

Hampir 800 instruktur telah membuat dan mengunggah lebih dari 1.000 kursus terkait ChatGPT di platform Udemy.

Terdapat lebih dari 2,2 juta pendaftar kursus ChatGPT di Udemy, dengan lebih dari 26.000 pendaftar di Indonesia.

Instruktur Udemy mengajar kursus ChatGPT dalam 25 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Jumlah pendaftaran kursus ChatGPT di Indonesia melebihi jumlah pendaftar di beberapa negara berkembang seperti Australia dan Korea Selatan.

Tren data yang lebih luas mengenai para profesional yang mempelajari AI generatif mengungkapkan:

Sepuluh industri teratas di mana perusahaan memberdayakan karyawan mereka dengan keterampilan AI generatif adalah: Layanan Profesional, Layanan Konsultasi, Teknologi, Manufaktur, Ritel, Keuangan, Hiburan & Media, Pendidikan, Pemerintahan, dan Ilmu Pengetahuan Hayati.

Kursus AI generatif yang paling diminati adalah topik Midjourney, seni AI, Python, dan prompt ChatGPT. Laporan Global Workplace Learning Index Udemy Q2 juga menyoroti perkembangan pembelajaran AI ke bidang fungsional lainnya seperti pemasaran, SDM, penjualan, dan manajemen proyek.

Laporan Global Learning & Skills Trends 2024 dari Udemy baru-baru ini mengemukakan bahwa pada tahun 2030, AI generatif diperkirakan dapat mengotomatisasi hingga 30% jam kerja saat ini, memberikan kontribusi sekitar $15 triliun terhadap ekonomi global.

Selama setahun terakhir, platform Udemy mencatat peningkatan sebesar 60% dalam pelatihan terkait AI, sementara permintaan akan kursus ChatGPT meningkat sebanyak 5.226% di kuartal pertama 2023. Ini menunjukkan bagaimana organisasi mengutamakan peningkatan keterampilan untuk memaksimalkan hasil bisnis.

“Secara global, organisasi mengadopsi AI generatif dengan cara yang terarah dan bertanggung jawab, mendorong transformasi tenaga kerja serta mengembangkan budaya yang mendorong kecekatan, ketahanan, dan daya saing. Solusi terkini yang didukung oleh AI generatif memiliki potensi yang tak terbatas. Di Udemy, kami sangat antusias untuk memberdayakan perusahaan dengan kursus dan jalur pembelajaran yang dikurasi tentang keterampilan yang sedang berkembang dan memimpin transformasi menuju ekonomi berbasis keterampilan dalam lanskap yang terus berkembang ini,” ujar President and CEO Udemy Greg Brown.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year