Terratai gaet UBS Optimus Foundation dan Swiss Re Foundation

07:29:23 | 27 Nov 2023
Terratai gaet UBS Optimus Foundation dan Swiss Re Foundation
JAKARTA (IndoTelko) - Terratai mengumumkan kemitraan baru dengan UBS Optimus Foundation dan Swiss Re Foundation.

Kemitraan tersebut didukung pendanaan awal senilai lebih dari US$ 2 juta kepada Terratai untuk meluncurkan program di Indonesia. Kemitraan pun berpotensi untuk diperluas ke negara Asia Tenggara lain di tahun-tahun mendatang.

Dukungan dari UBS Optimus Foundation dan Swiss Re Foundation akan diarahkan pada pengembangan dan peningkatan skala kelompok (cohort) pertama bisnis rintisan yang Terratai dampingi, yang dapat menunjukkan dampak terukur pada perlindungan alam dan keanekaragaman hayati.

Dampak tersebut diharapkan dapat dibuktikan melalui beragam pengukuran yang dilakukan secara ketat. Beberapa di antaranya mitigasi karbon dan penghindaran emisi, perlindungan keanekaragaman hayati dan pengelolaan spesies, perlindungan dan pemulihan habitat, serta peningkatan layanan ekosistem.

“Kemitraan antara Terratai, UBS Optimus Foundation, dan Swiss Re Foundation merupakan bukti dari komitmen kolektif kami untuk meninjau ulang bagaimana modal bisa disalurkan untuk solusi berbasis alam (nature-based solutions) dan langkah penting dalam menjembatani kekurangan pembiayaan global senilai US$ 800 miliar per tahun untuk melindungi dan memperbaiki alam kita," ujar CEO dan Pendiri Terratai Matt Leggett.

Dijelaskannya, kolaborasi tersebut melanjutkan dukungan awal dari RS Group, yang sejak awal menyadari bahwa jika ingin melindungi dan memperbaiki alam secara sistemik dan mendukung komunitas yang bergantung hidupnya langsung dari alam, kita harus secara radikal mengevaluasi bagaimana menghargai alam dalam konteks ekonomi.

Dukungan dari UBS Optimus dan Swiss Re Foundation pun memungkinkan Terratai untuk melakukan akselerasi upaya mengidentifikasi bisnis model yang berbeda dan dapat melindungi bentang tanah dan laut yang paling rentan di Indonesia.

Kolaborasi tersebut juga akan memberikan dukungan yang sesuai dan fasilitasi investasi rintisan yang dibutuhkan untuk tumbuh berkembang dan membuka jalan ke aktivitas ekonomi yang memperhatikan kelestarian alam.

CEO UBS Optimus Foundation Maya Ziswiler menambahkan, Indonesia ada di garis depan dalam perjuangan global melawan perubahan iklim. Apalagi, lebih dari setengah permukaan tanah Indonesia ditutupi oleh hutan. Karena itu, sangat penting untuk melindungi ‘modal alam’ ini dengan bantuan solusi-solusi berbasis alam.

“Kami percaya dengan kekuatan kemitraan untuk bisa menghadirkan solusi-solusi yang inovatif dan bisa ditingkatkan skala dampaknya,” tutur Maya.

Kemitraan baru UBS Optimus Foundation dengan Terratai pun disebutnya untuk melindungi keanekaragaman hayati dan penghidupan yang layak dari masyarakat di Indonesia, dan seiring waktu di Asia Tenggara.

Langkah tersebut merupakan sebuah contoh sempurna bagaimana UBS Optimus Foundation menginkubasi usaha-usaha yang membawa dampak positif, membuat menjadi lebih siap untuk menerima investasi dan meningkat skala bisnisnya, sambil memastikan mereka tetap dapat mencapai hasil positif dalam perjuangan melawan perubahan iklim, perlindungan keanekaragaman hayati, dan kesejahteraan masyarakat setempat.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories