telkomsel halo

UniPin Ladies Series SEA hadirkan tim-tim perempuan terbaik se-Asia Tenggara

06:51:37 | 24 Nov 2023
UniPin Ladies Series SEA hadirkan tim-tim perempuan terbaik se-Asia Tenggara
UniPin Ladies Series (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan, UniPin Ladies Series Southeast Asia (SEA) Championship (USC), akan dimulai pada Senin (27/11). Pada turnamen yang diselenggarakan selama 27 November 3 Desember ini, 10 tim dari 5 negara di Asia Tenggara akan bertanding memperebutkan total prizepool sebesar USD 2.000.

USC SEA Championship ini akan digelar secara online dan dapat disaksikan langsung oleh para penggemar di berbagai belahan dunia melalui kanal YouTube UniPin Gaming. Kesepuluh tim yang akan bertanding adalah Bigetron Era dan RRQ Mika sebagai perwakilan dari Indonesia, Smart Omega Empress dan ZOL FE dari Filipina, Team HAQ Ladies dan HomeGirls dari Malaysia, Impunity Starlets dari Kamboja, Zino Lilies dari Vietnam, serta dua tim yang lolos dari babak wildcard. Mereka adalah tim-tim unggulan dari babak kualifikasi masing-masing region, yaitu juara 1 dan 2 dari turnamen UniPin Ladies Series dan UniPin Ladies Championship di masing-masing negara.

Sebelum berlangsungnya USC, pada 10-12 November telah diadakan babak tambahan bagi empat tim ULS masing-masing region yaitu Burmese Ghouls Reines asal Myanmar, MV Roses asal Malaysia, GPX Basreng asal Indonesia dan MHRLK G-Unit asal Filipina untuk mendapatkan slot terakhir di USC. Pada akhirnya, GPX Basreng dan MHRLK G-Unit mengamankan slot menuju USC melawan delapan tim lainnya.

USC 2023 terbagi ke dalam dua babak, yaitu babak grup dan playoff. Delapan tim teratas papan klasemen pada babak grup akan memperebutkan gelar juara di babak playoff dengan elimination system. Babak grup USC akan berlangsung dengan sistem BO2, sementara babak playoff akan dilakukan dengan sistem BO3, dan pertandingan final akan dilakukan dengan sistem BO5. Masih menggunakan sistem global ban pick, USC 2023 kembali menjadi terobosan di skena esports yang masih belum berani mengadopsi sistem di mana hero yang telah digunakan di dalam game sebelumnya tidak dapat digunakan lagi di game berikutnya hingga keseluruhan match berakhir.

Turnamen yang diselenggarakan UniPin ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan gamer perempuan yang pesat di seluruh dunia, khususnya di Asia Tenggara. Laporan berjudul “Play like a girl: Keyways to engage one of Asia’s fastest growing gaming audiences” menyebutkan pertumbuhan jumlah gamer perempuan mencapai angka 40-45%, lebih tinggi daripada pertumbuhan jumlah gamer laki-laki. Melihat hal tersebut, UniPin Community (UNITY) berinisiatif untuk memperluas partisipasi perempuan dalam esports melalui wadah kompetisi yang diatur secara profesional dan lebih kompetitif.

Menurut SVP UniPin Community, Debora Imanuella, sebagai turnamen khusus perempuan ternama di Asia Tenggara, UniPin Ladies Series ingin memfasilitasi para perempuan untuk dapat terus berkompetisi dan bersaing di tingkat profesional. Ke depannya UniPin masih akan terus berinovasi dan melakukan hal-hal besar lainnya, khususnya bagi perempuan di ranah esports.

“Di negara-negara lain, hampir tidak ada komunitas yang menuntun dan mengembangkan perempuan di ranah esports. Dengan kehadiran UniPin yang juga ada di lebih dari 30 negara di dunia, kami ingin mengembangkan ekosistem ini di negara-negara lain juga, dan memberi kesempatan pada gamer perempuan untuk dapat berkompetisi,” katanya.

UniPin mendukung penuh para gamer perempuan, terutama komunitas-komunitas yang belum pernah masuk di ranah profesional. Dikatakan Project Manager UniPin Ladies Series SEA Championship, Kevin Oktra, UniPin akan selalu hadir dan mengadakan turnamen-turnamen lokal di berbagai daerah dan negara untuk terus mengembangkan industri gaming dan esports.

“Kami telah melakukan banyak riset dan analisis mengenai pertumbuhan esports dan gamer perempuan. Salah satu data yang saya temukan bersumber dari Niko Partners menyebutkan 40-45% populasi gamer di Asia adalah perempuan. Namun, sayangnya, masih belum ada yang berkomitmen penuh mengembangkan para gamer perempuan ini. UniPin ingin mendukung talenta-talenta yang mereka miliki dengan selalu hadir dan memfasilitasi perkembangan dan semangat kompetisi mereka,” jelasnya.

Seluruh pertandingan ULS SEA Championship dapat disaksikan di kanal YouTube UniPin Gaming, Vidio, dan TikTok UniPin Indonesia. Informasi dan detail lebih lanjut terkait ULS SEA Championship dapat diakses melalui akun Instagram UniPin Ladies Series @unipinladiesseries. Selain itu, seluruh informasi terkait UniPin dan aktivitas lainnya dapat dilihat di @unipinindonesia. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year