Tren investasi dan asuransi mikro meningkat signifikan

05:14:33 | 27 Okt 2023
Tren investasi dan asuransi mikro meningkat signifikan
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Layanan keuangan digital dinyatakan sebagai pendukung penting bagi fokus pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan yang dilakukan dengan memanfaatkan potensi ekonomi digital. Transisi Indonesia menuju ekonomi digital dapat dilihat melalui peningkatan pembayaran non-tunai dari USD 813 juta menjadi USD 26,2 miliar pada 2017 hingga 20221, menunjukkan bahwa kesadaran terhadap manfaat transaksi non tunai semakin meningkat. Di akhir kuartal ketiga tahun 2023, DANA mencatat lonjakan pada fitur layanan keuangan yang terdiri dari produk investasi dan asuransi mikro, mencapai 769% (YoY).

Dikatakan Head of Investment and Insurance DANA, Ivan Kusuma, pihaknya melihat adanya tren pembelian produk investasi melalui platform digital seperti emas digital dan produk asuransi mikro seperti proteksi layar gawai. "Peningkatan ini menunjukkan bahwa ternyata para pengguna memiliki kebutuhan terhadap produk investasi dan asuransi mikro. Kami berharap, kemudahan dalam memiliki produk investasi, asuransi perlindungan serta produk layanan keuangan lainnya akan senantiasa dirasakan oleh para pengguna DANA, karena kami berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi layanan keuangan modern bagi setiap orang di Indonesia,” ujarnya.

Layanan keuangan merupakan salah satu fitur yang terus berinovasi seiring dengan kebutuhan pengguna terhadap berbagai layanan keuangan. Pengguna dapat membeli emas digital melalui fitur eMAS, mengelola dan mengembangkan usahanya dengan layanan DANA Bisnis, serta pembelian asuransi kesehatan melalui DANA Siaga. Produk asuransi mikro DANA juga menjadi andalan pengguna, seperti proteksi layar gawai atau crack screen protection, proteksi kuliner atau safe dining plan, dan asuransi pembayaran tagihan.

Sebagai jasa pembayaran dan layanan keuangan, DANA juga mencatat bahwa transaksi secara keseluruhan di dompet digital DANA meningkat sebesar 144% pada kuartal ketiga 2023 (YoY), dengan kenaikan transaksi nontunai melalui QRIS mencapai 247%. Hal ini menunjukkan bahwa pembayaran nontunai yang semakin inklusif dan efisien, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, transaksi kirim uang meningkat juga tercatat meningkat sebesar 232%, serta fitur pembayaran tagihan meningkat sebesar 103%. Fitur kirim uang, disbursement, pulsa dan data, e-commerce, serta pembayaran QRIS memang menjadi lima fitur andalan pengguna DANA hingga kuartal ketiga tahun 2023.

Pertumbuhan positif ini menjadi semangat DANA untuk kedepannya dalam melengkapi solusi pembayaran digital, tentunya dengan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi. (mas)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories