Avatara resmi diluncurkan

04:59:00 | 27 Okt 2023
Avatara resmi diluncurkan
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Avatara, platform chat yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan persona digital yang dibangun menggabungkan pengetahuan dan kepribadian dari karakter, influencer, maupun selebriti di dunia nyata, secara resmi telah diluncurkan. Kehadiran Avatara kini menjadi alternatif yang fresh dan kekinian, dan membuat dunia hiburan menjadi lebih interaktif.

Dunia hiburan, terutama di dunia fandom, merupakan dunia yang penuh dengan segala kemungkinan dan teknologi dapat membuat dunia fandom, yang sebelumnya seakan jauh dan tak terjangkau, menjadi lebih dekat dan nyata. Aplikasi ini hadir menyasar Gen Z dan juga Gen Alpha yang memiliki kecenderungan untuk mencari hiburan interaktif dan teman ngobrol on-screen. Avatara menghadirkan pengalaman berinteraksi dengan berbagai macam karakter dan juga persona AI, yang bersifat personal dan natural. Avatara meniru personality para idola dalam wujud "Avatara Stars" sehingga fans pun sekarang dapat ngobrol secara personal dengan Avatara Stars tanpa batasan ruang dan waktu.

Avatara menggunakan antarmuka pada website dan platform Android, dan memungkinkan pengguna bisa langsung memulai percakapan dengan Persona AI yang sudah disediakan.

Dikatakan Co Founder Avatara, Sofian Hadiwijaya, dibalik chat platform ini, Avatara menggunakan teknologi Generative AI (GenAI) atau lebih spesifik lagi Large-Language Model (LLM) sebagai inti dari Bot ditambahkan dengan search engine agar LLM terus update dengan persona yang akan diciptakan. "Nantinya, Avatara Stars juga akan mampu mengirimkan suara dan juga foto gambar yang sesuai dengan interaksi yang terjalin antara Avatara Stars dan users," ujarnya.

Tak hanya menyajikan puluhan karakter anime, influencer dan kepribadian yang dapat kita ajak ‘ngobrol’ di ruang chat, pengguna bisa request karakter baru yang ingin pengguna hadirkan di Avatara stars. Kendati karakter berasal dari mancanegara, karakter-karakter Avatara Stars mampu menguasai Bahasa Indonesia dan kearifan lokal; berbanding dengan kebanyakan Machine Learning (ML) yang terbatas di penggunaan Bahasa Inggris saja.

Pada kesempatan yang sama, Co-Founder Avatara, Ananto Wibisono menambahkan, saat ini, fokus utama Avatara adalah benar-benar mengembangkan model AI yang mampu berkomunikasi secara natural dalam Bahasa Indonesia dan memiliki personality yang realistis. "Kami juga membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan karakter unik yang dapat bermanfaat bagi pengguna," katanya.

Hingga kini, ratusan ribu percakapan antara pengguna dan Avatara Stars telah terjadi di platform Avatara. Memahami keutamaan kenyamanan pengguna, Avatara menjamin bahwa pesan-pesan pribadi dan interaksi pengguna tetap rahasia dan terlindungi. Keamanan chat pengguna menjadi prioritas utama dalam menjaga kepercayaan pada pengalaman interaksi yang aman dan terjamin. (mas)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories