JobStreet by SEEK ajang Tech in Asia Conference 2023

06:32:00 | 24 Okt 2023
JobStreet by SEEK ajang Tech in Asia Conference 2023
JobStreet, Tech in Asia Conference 2023 (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - JobStreet by SEEK, platform karir digital yang menciptakan produk teknologi inovatif untuk menghubungkan para pencari kerja dengan peluang pekerjaan, mendukung ajang Tech in Asia Conference 2023 yang diadakan di Jakarta pada 18 dan 19 Oktober 2023.

Dalam sambutan pembukanya, Chief Executive Officer - Asia, SEEK, Peter Bithos, mengatakan, pihaknya bangga dapat menjadi bagian dari Tech in Asia Conference 2023 untuk merayakan inovasi, kolaborasi, dan berbagai kemungkinan tak terbatas yang ada di industri teknologi Asia Tenggara.

"Di SEEK, kami memahami peran penting teknologi dalam membentuk masa depan pekerjaan. Komitmen kami untuk menghubungkan orang-orang dengan peluang karir yang tepat dan mendorong mereka menuju pencapaian besar berikutnya selaras dengan semangat konferensi ini. Kami berharap dapat bekerja sama dengan para pemimpin industri dan talenta teknologi untuk mendorong lanskap teknologi di kawasan ini untuk masa depan yang lebih cerah," ujarnya.

Peter memaparkan, tren pasar tenaga kerja di Asia Tenggara dan Hongkong yang kembali menggeliat. Sementara itu di sisi pencari kerja, terjadi peningkatan jumlah lamaran kerja dan meningkat lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi.

Dengan basis pengguna lebih dari 15 juta profesional di Indonesia, teknologi di platform SEEK menjadi yang terdepan dalam menghubungkan talenta dengan peluang pekerjaan dengan efisien.

Pemanfaatan AI di platform SEEK mempercepat proses penyaringan, memastikan bahwa pemberi kerja menemukan talenta yang tepat dengan cepat. Inovasi digital telah memperkuat platform JobStreet, memberikan pengalaman dalam pencarian dan penghubungan yang efektif bagi para pencari kerja yang didukung oleh AI.

Indonesia mewakili pertumbuhan ekonomi terbesar di seluruh pasar Asia Tenggara pada tahun 2030, dengan populasi tenaga kerja muda produktif yang tinggi sehingga biaya terbaik dengan kemampuan beradaptasi yang tinggi yang sangat cocok untuk investasi baru.

Pada kesempatan yang sama, Indonesia Country Marketing Manager, JobStreet by SEEK, Sawitri memberikan pemaparan mengenai tren pekerjaan di Indonesia dengan topik ‘Jobscape of Tomorrow’ di TechInAsia Conference 2023.

Menurutnya, ada lima sektor yang akan membuka lapangan kerja terbesar di Indonesia, yakni F&B, Retail, Bank dan Keuangan, Manufaktur, dan Teknologi. Kami juga melihat kebangkitan sektor teknologi di Indonesia, diikuti dengan perubahan fokus bisnis yang mengedepankan profitabilitas dan produktivitas. Sehingga pencapaian ROI dalam SDM teknologi menjadi penting, diikuti optimalisasi SDM dengan perampingan jumlah karyawan yang disertai peningkatan kapasitas karyawan, serta perubahan strategi perekrutan secara global guna mencapai produktivitas perusahaan. Bahkan di sektor lain di luar teknologi, transformasi digital dalam bisnis sudah menjadi keharusan agar perusahaan dapat terus tumbuh.

Ditambahkannya, pertanyaan yang paling umum: apakah AI dapat menggantikan pekerjaan manusia? Ya dan tidak, tergantung dari jenis pekerjaannya. Ada beberapa pekerjaan yang terdampak secara besar oleh AI , tetapi ada juga yang terdampak minim. AI dapat mengambil alih pekerjaan yang berfokus pada pemrosesan data ataupun tugas yang berulang, seperti pengisian data (data entry) serta pembuatan konten (content creation). Pekerjaan yang melibatkan pengambilan keputusan, penyelesaian masalah kompleks, interaksi manusia serta hal yang berhubungan dengan moral dan etika tidak bisa digantikan oleh AI. Akan tetapi, di sisi lain AI juga menciptakan pekerjaan baru, misalnya untuk mengembangkan, mengoptimalkan, dan mengawasi keamanan AI.

SEEK di Asia mengoperasikan platform JobStreet dan JobsDB yang didedikasikan untuk menghubungkan profesional dengan peluang karir yang tepat, masa depan yang lebih baik dan lebih cerah. Asia Tenggara termasuk Indonesia adalah market yang menjanjikan di bidang teknologi, SEEK berusaha keras untuk bisa memberikan panduan yang tepat bagi setiap para pencari kerja menuju pencapaian karir mereka selanjutnya, salah satunya dengan pemanfaatan AI.

Prioritas SEEK adalah menyatukan platform di seluruh Asia Pasifik, memastikan pengalaman pengguna yang konsisten dan relevan. Integrasi ini akan memungkinkan penskalaan yang lebih efisien dan berkontribusi pada tujuan untuk membantu 500 juta orang di Asia dalam mengembangkan karier dengan 5 juta perusahaan pada tahun 2025. (mas)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories