telkomsel halo

AI Generatif hadir untuk semua pengiklan

08:18:00 | 06 Okt 2023
AI Generatif hadir untuk semua pengiklan
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Baru-baru ini, Meta mengumumkan bahwa telah memulai perilisan fitur yang berbasis pada kecerdasan buatan (AI) generatif pertama untuk produksi iklan-iklan di Ads Manager Meta, dengan target peluncuran globalnya akan selesai tahun depan.

Fitur-fitur ini membuka era baru kreativitas yang memaksimalkan produktivitas, personalisasi, dan performa bagi semua pengiklan. Fitur-fitur baru ini - Background Generation, Image Expansion, dan Text Variation - akan menambah pengalaman dan alat berbasis kecerdasan buatan yang terus dikembangkan Meta untuk pertumbuhan bisnis.

Background Generation

Menciptakan beberapa latar belakang untuk melengkapi gambar produk pengiklan, memungkinkan pengiklan untuk menyesuaikan aset kreatif mereka untuk berbagai audiens.

Image Expansion

Menyesuaikan aset kreatif dengan mudah agar dapat dicocokan dengan berbagai rasio aspek di media-media yang berbeda, seperti Feed atau Reels, sehingga pengiklan dimungkinkan untuk menghemat waktu dan sumber daya dalam mengubah kembali aset kreatif tersebut.

Text Variation

Menghasilkan beberapa versi teks iklan berdasarkan apa yang pengiklan sudah siapkan, menyoroti poin-poin penjualan produk atau jasa mereka, dan memberi mereka beberapa pilihan teks yang bisa mencapai audiens mereka dengan lebih efektif.

Pada awal tahun ini, Meta mengumumkan AI Sandbox di mana Meta telah menguji fitur-fitur AI generatif tersebut dengan beberapa pengiklan yang beragam. Para pengiklan ini telah menyampaikan beberapa umpan balik sehingga dapat membantu Meta memastikan produk ini dikembangkan dengan tanggung jawab.

Berikut adalah apa yang para pengiklan katakan tentang AI generatif Meta untuk iklan:

1. AI Generatif dapat menghemat waktu dan sumber daya sambil meningkatkan produktivitas

Menurut survei pengiklan yang berpartisipasi dalam uji coba awal, sebagian besar pengiklan mengharapkan penghematan waktu, dan setengah dari mereka memperkirakan bahwa AI generatif akan menghemat mereka hingga lima jam atau lebih per minggu - setara dengan satu bulan per tahun - mencatat bahwa mereka akan dapat menciptakan berbagai variasi aset dengan sekali klik, mengurangi waktu yang dihabiskan antara tim kreatif dan media pada tugas-tugas penyuntingan yang memakan waktu, dan memungkinkan lebih banyak pekerjaan strategis.

Hampir semua pengiklan juga setuju bahwa produk yang diuji coba di AI Sandbox akhirnya akan membantu pemasar meningkatkan kinerja kampanye dengan memungkinkan pengembangan lebih cepat dari berbagai kreatif iklan dalam skala yang lebih besar.

2. AI Generatif mengantisipasi adanya hambatan di bidang kreatif sambil menyediakan ruang untuk penyesuaian

Proses kreatif memiliki dampak besar pada kinerja iklan, tetapi pengiklan seringkali merasa sulit untuk mengidentifikasi unsur-unsur kreatif yang paling baik dalam skala besar. AI Generatif memungkinkan pengiklan untuk berkenalan dengan unsur-unsur kreatif iklan yang baru dengan lebih cepat, tetapi mereka masih perlu menyesuaikan unsur-unsur kreatif tersebut dengan gaya dan persona unik dari merek bisnis mereka.

Meta masih perlu menentukan cara-cara baru untuk bermitra dengan bisnis-bisnis yang ada dan para agensi untuk membantu melatih model-model AI ini dengan perspektif unik yang dimiliki setiap merek bisnis tersebut.

Investasi AI generatif Meta difokuskan untuk membantu para pemasar melakukan pekerjaan terbaik mereka, dengan memungkinkan mereka untuk meluncurkan & menguji materi iklan dengan lebih cepat dan dengan mudah menjangkau audiens yang mereka targetkan.

Fitur iklan yang didukung AI generatif saat ini hanyalah permulaan. Meta berencana menawarkan lebih banyak cara kepada para pengiklan untuk membuat teks iklan guna menyoroti nilai jual produk atau membuat gambar latar belakang dalam hitungan menit dengan tema yang disesuaikan, seperti gambar di luar ruangan untuk merek olahraga.

Pelaku bisnis akan segera dapat menggunakan AI untuk perpesanan bisnis di Messenger dan WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan untuk membantu dalam hal perdagangan, keterlibatan, dan dukungan, serta membuka respons percakapan secara instan. Meda sedang melakukan uji coba dengan sejumlah kecil bisnis dalam versi Alpha dan berencana untuk mengembangkannya lebih lanjut tahun depan.

Dengan jutaan bisnis yang beriklan di platform Meta, Meta akan terus melakukan pendekatan kolaboratif dalam mengembangkan fitur dan pengalaman ini sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis dan orang-orang. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year