telkomsel halo

Alibaba Cloud punya sejumlah AI baru

08:42:00 | 27 Sep 2023
Alibaba Cloud punya sejumlah AI baru
Foto : Ilustrasi
HANGZHOU (IndoTelko) - Tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, Alibaba Cloud mengumumkan serangkaian produk dan layanan inovasi di bidang AI (Artificial Intelligence) pada Alibaba Cloud Global Summit 2023. Berbagai macam produk baru yang komprehensif dirancang untuk memenuhi permintaan dari konsumen di seluruh dunia, dimana jumlah permintaan meningkat dalam khususnya di dalam pengembangan Gen AI (AI Generatif) .

Solusi AI yang komprehensif dari Alibaba Cloud, meliputi platform komputasi AI, layanan akselerasi AI, dan aplikasi berfokus pada AI, dimana semuanya dirancang untuk membantu konsumen menciptakan aplikasi AI Generatif yang lebih efisien, aman, dan hemat biaya.

Menurut President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group, Selina Yuan, untuk memenuhi permintaan terhadap AI Generatif, Alibaba Cloud terus memperkenalkan produk dan melakukan inovasi terhadap layanan di dalam Alibaba Cloud, untuk menjawab berbagai tantangan di dalam pasar global. Layanan AI yang komprehensif dirancang untuk membantu para konsumen memanfaatkan peluang besar dari tren teknologi yang tidak terbatas ini.

"Sebagai bagian dari komitmen kami untuk mendorong pengembangan aplikasi yang lebih inklusif dan inovatif untuk AI Generatif, kami telah berkolaborasi dengan beberapa pemain unggul di industri untuk memperluas kemampuan di dalam berbagai skenario," katanya.

Untuk mengurangi kompleksitas proses AI, Alibaba Cloud memperkenalkan Layanan komputasi Cerdas PAI-Lingjun, sebuah platform AI yang komprehensif untuk melakukan komputasi dengan performa yang sangat tinggi, dimana platform ini dapat melakukan pelatihan model dan dan dapat membantu di dalam melakukan pengambilan kesimpulan.

Layanan ini menawarkan kemampuan deep learning dan komputasi cerdas berkekuatan besar di Alibaba Cloud. Layanan ini juga menyediakan kemampuan engineering AI untuk melakukan proses secara menyeluruh, di mana di dalam nya termasuk pengembangan AI, pelatihan AI, manajemen peran AI, dan manajemen sumber daya komputasi. Platform AI sudah digunakan dan di implementasikan di region Cina, dan layanan ini akan tersedia di dalam region Singapura mulai awal 2024, diikuti oleh ketersediaan secara umum yang lebih luas di seluruh Asia sepanjang tahun.

Sementara, untuk mempercepat model training dan pengambilan kesimpulan AI, Alibaba Cloud meluncurkan solusi percepatan AI Alibaba Cloud, yang menggunakan dataset dan akselerator perangkat keras terkemuka untuk mengelola aplikasi yang berfokus pada penggunaan data, mengoptimalkan penggunaan beberapa model komputasi untuk mempercepat pelatihan model AI dan tugas pengambilan kesimpulan.

Menurut Stanford DAWN Deep Learbing Benchmark, solusi ini dapat mempercepat model pelatihan AI hingga 70% dan pengambilan kesimpulan hingga tiga kali lipat. Solusi ini mencakup lapisan untuk paket AI cloud-native, penjadwalan pekerjaan AI, percepatan data AI, mesin percepatan komputasi AI, penjadwalan sumber daya, dan sumber daya komputasi, dengan setiap lapisan menawarkan solusi percepatan khusus untuk berbagai skenario.

Sedangkan untukmembangun layanan pencarian berbasis AI, Alibaba Cloud memperkenalkan OpenSearch LLM-Based Conversational Search, mesin pencari terdistribusi berkekuatan besar yang eksklusif milik Alibaba Cloud yang memungkinkan layanan pencarian cerdas dalam e-commerce, multimedia, media sosial, dan kueri big data dalam perusahaan. Didukung oleh Large Language Models (LLM) , layanan ini memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat membangun sistem pencarian percakapan yang didedikasikan, memastikan keamanan, akurasi, dan keandalan dalam hasil pencarian. Layanan ini juga mendukung hasil pencarian dalam berbagai model seperti jawaban, URL, dan gambar untuk memenuhi kebutuhan pencarian bisnis tertentu.

Alibaba Cloud mengumumkan serangkaian kemitraan dengan pemimpin teknologi global untuk menawarkan kepada pelanggan layanan cloud yang lebih maju dan berfokus pada keamanan, mempercepat perjalanan transformasi digital mereka.

Dalam rangka mendorong pengembangan aplikasi yang inovatif bagi perusahaan, Alibaba Cloud berkolaborasi dengan Red Hat untuk membuat Red Hat OpenShift, sebuah platform untuk membangun, menerapkan, dan mengelola aplikasi dalam skala besar, yang dapat diterapkan di Alibaba Cloud. Red Hat OpenShift di Alibaba Cloud menggabungkan platform aplikasi cloud hybrid terkemuka di industri yang didukung oleh Kubernetes dengan infrastruktur hybrid Alibaba Cloud yang kuat. Dioptimalkan dengan operasi full-stack yang otomatis, platform ini menawarkan pengalaman yang lebih konsisten di seluruh lingkungan untuk membantu konsumen meningkatkan produktivitas secara lebih efektif.

Alibaba Cloud juga mengumumkan kolaborasi dengan pelanggan dari berbagai perusahaan di pasar seperti Malaysia, Korea Selatan, Inggris, dan Uni Emirat Arab, yang menegaskan komitmennya yang mendalam terhadap lebih dari 4 juta pelanggan globalnya dalam menjajaki peluang-peluang baru yang dihadirkan oleh transformasi digital dan tren-tren AI yang baru. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year