telkomsel halo

Studi IBM

AI dorong pergeseran besar dalam pekerjaan dan keterampilan

06:28:00 | 22 Sep 2023
AI dorong pergeseran besar dalam pekerjaan dan keterampilan
Foto (ilustrasi)
JAKARTA (IndoTelko) - Sebuah studi terbaru dari IBM (NYSE: IBM) Institute for Business Value, secara global, para eksekutif memperkirakan bahwa 40% dari tenaga kerja mereka akan membutuhkan pelatihan ulang sebagai dampak dari penerapan AI dan otomatisasi selama tiga tahun ke depan.

Hak ini berarti sekitar 1,4 miliar orangdari 3,4 miliar tenaga kerja global menurut Bank Dunia- perlu dilatih ulang dalam waktu dekat.

Studi "Aughmented wirk for an automated, Al-driven world" menunjukkan adanya kesenjangan antara pelaku usaha dan karyawan tentang prioritas di tempat kerja. Dengan AI yang siap untuk melakukan lebih banyak tugas manual dan berulang, karyawan yang disurvei menunjukkan bahwa keterlibatan dalam pekerjaan yang lebih berdampak adalah faktor utama yang mereka pedulikan di luar kompensasi dan keamanan - lebih penting daripada pengaturan kerja yang fleksibel, peluang pertumbuhan, dan kesetaraan.

Namun, para pelaku usaha belum menyadari fakta ini. Para eksekutif yang disurvei menempatkan pekerjaan yang berdampak sebagai faktor yang tidak terlalu penting bagi tenaga kerja mereka, dan justru menunjuk pengaturan kerja yang fleksibel sebagai hal terpenting di luar kompensasi dan keamanan.

Menurut Managing Partner, IBM Indonesia, Andrian Purnama, meskipun AI terus terimplementasi di hampir seluruh proses bisnis dalan suatu perusahaan, namun tenaga kerja manusia tetaplah menjadi keunggulan kompetitif utama bagi bisnis. "Oleh karena itu, sangat penting bagi para eksekutif untuk dapat memimpin dan mengarahkan tenaga kerja mereka dalam melewati pergeseran ini dan memungkinkan mereka untuk sukses dan tetap berkembang di era baru AI generatif," katanya.

Ditambahkannya, menjembatani kesenjangan ini sangatlah penting untuk memastikan tenaga kerja memfokuskan energi dan waktu mereka untuk melakukan pekerjaan yang lebih kreatif dan berdampak bagi perusahaan, sedangkan AI and otomasi dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berulang dan lebih memakan waktu.

Menurut para eksekutif yang disurvei, membangun keterampilan baru bagi karyawan yang ada merupakan masalah pengelolaan talenta yang paling utama. Responden eksekutif menyebutkan bahwa gagap teknologi adalah masalah talenta terpenting kedua, namun hanya 21% karyawan yang mengatakan bahwa kurangnya kecakapan teknis di seluruh tim mereka adalah tantangan utama sehari-hari.

Studi ini juga memberikan rekomendasi tentang bagaimana para pemimpin dapat mengambil tindakan untuk mengatasi tantangan talenta mereka di era AI dan membantu organisasi mereka bertransformasi untuk masa depan, termasuk fokus pada keterampilan dan model operasi. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year