telkomsel halo

DingTalk berikan efisiensi sistem komunikasi Asian Games

06:08:00 | 22 Sep 2023
DingTalk berikan efisiensi sistem komunikasi Asian Games
DingTalk for Asian Games (dok)
Hangzhou (IndoTelko) - Platform kerja kolaboratif pintar dan pengembangan aplikasi milik Alibaba, DingTalk, meluncurkan solusinya untuk Hangzhou Asian Games (DingTalk for Asian Games), sebuah edisi yang disempurnakan dari DingTalk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional Asian Games.

Solusi yang telah terbukti ini merupakan jantung dari organisasi dan komunikasi acara olahraga besar ini, yang akan diselenggarakan di Hangzhou pada tanggal 23 September hingga 8 Oktober.

DingTalk for Asian Games adalah solusi digital yang dipasang dan dikelola di cloud, bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang dapat diandalkan, scalable, dan terjamin. Solusi ini menjadi perangkat kolaborasi satu pintu, menghubungkan pemangku kepentingan di seluruh tingkatan dalam siklus acara olahraga mulai dari penyelenggara, pemasok, hingga relawan dan operator-operator di arena.

Menurut Deputy Director of Radio, Television and Information Technology Department of the Hangzhou Asian Games Organizing Committee,

Ge Zhang, melalui kerja sama penuh antara Komite Penyelenggara Asian Games dan DingTalk, DingTalk for Asian Games telah mencapai kolaborasi besar-besaran dari organisasi daring, komunikasi daring, dan bisnis daring untuk para peserta dari berbagai tingkat, departemen, dan wilayah.

"DingTalk for Asian Games bukan hanya merupakan hasil dari ekonomi digital Hangzhou, tetapi juga merupakan aset berharga dan pengalaman yang Hangzhou ingin dedikasikan untuk acara olahraga internasional besar di masa depan," katanya.

DingTalk for Asian Games memainkan peran yang beragam pada seluruh skenario penggunaan yang berbeda, membuat gelaran Asian Games menjadi lebih efisien, produktif, nyaman, dan cerdas.

Sementara itu, Vice President DingTalk, Alex Li menambahkan, pihaknya sangat antusias untuk memberikan solusi dalam mengoptimalkan penyelenggaraan dan operasional dari Asian Games Hangzhou. Peran dari DingTalk pada Asian Games sangatlah penting dan sebuah kesempatan untuk menunjukkan peran teknologi yang membuat acara-acara dengan skala seperti ini dapat menjadi lebih ringkas dan efisien.

"DingTalk for Asian Games tidak hanya menghubungkan setiap orang dan mendorong kolaborasi, namun juga menawarkan sebuah platform yang mempersatukan penggunanya dalam tujuan dan minat yang sama. Kami percaya dalam penyelenggaraan acara olahraga yang besar, platform kolaborasi cerdas seperti ini akan dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen komunikasi, dan ini adalah tren yang tak terhindarkan," ujarnya.

Koordinator yang serba bisa

Untuk menyederhanakan pengorganisasian acara yang pada umumnya kompleks, DingTalk for Asian Games menawarkan struktur organisasi yang datar dan memampukan puluhan ribu staf dan relawan dapat dengan mudah mengidentifikasi dan berkomunikasi satu sama lain serta mitra eksternal, serta berbagi informasi dan mengatur pertemuan.

Menggunakan layanan Alibaba Cloud Machine Translation yang berbasis pada deep learning yang terdepan, serta teknologi-teknologi Natural Language Processing (NLP), DingTalk for Asian Games menawarkan penerjemahan cerdas secara real-time dalam 14 bahasa, termasuk Mandarin, Inggris, Jepang dan Thailand, meningkatkan kelancaran komunikasi antara staf dan partisipan dari mancanegara.

Teroptimasi untuk penggunaan pada smartphone, DingTalk for Asian Games menyediakan koneksi audio dan visual instan antara pengguna dan pusat operasi utama/main operation center (MOC) dari Asian Games. Hal ini memungkinkan MOC untuk menjangkau semua staf dan arena pertandingan dengan tujuan mempercepat pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah.

Ruang bekerja mobile

"Kantor digital" yang disediakan oleh DingTalk for Asian Games membuat seluruh staf dan relawan dapat bekerja dengan erat satu sama lain tanpa harus membutuhkan ruang kerja fisik. Tim dari komite penyelenggara dan operator-operator arena dapat berkolaborasi dalam membuat dokumen lewat online preview dan review, penyuntingan real-time, dan manajemen kontrol yang efektif. DingTalk for Asian Games juga dapat memproses permintaan persetujuan dari sekitar 300 aplikasi, mencakup, antara lainnya, layanan administrasi, penggunaan aset, pengajuan sertifikasi pemasok, dan aktivitas pemasaran. Sejauh ini, DingTalk for Asian Games sudah mendukung lebih dari 7.700 persetujuan nirkertas (paperless) yang efisien dan ramah lingkungan.

Sebuah asisten cerdas

Kemampuan kecerdasan buatan (AI) canggih telah diintegrasikan ke dalam DingTalk for Asian Games untuk memahami, merespons, dan membuat konten guna memenuhi berbagai kebutuhan selama persiapan acara. Chatbot bawaan DingTalk, ketika digunakan dalam grup obrolan Asian Games, dapat secara otomatis memberikan jawaban tepat waktu terhadap pertanyaan terkait dengan pertandingan dengan menganalisis dan mengekstraksi informasi dari materi terkait acara, termasuk panduan permainan dan grup obrolan terkait. Pengguna juga dapat memanfaatkan kemampuan AI DingTalk untuk memfasilitasi pemahaman konten, seperti mengekstraksi bagian penting dari siaran pers.

Sebuah platform yang ramah bagi pengembang

Dengan fitur low-coding, DingTalk for Asian Games memungkinkan pengguna untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri yang disesuaikan dengan skenario-skenario baru. Contohnya adalah aplikasi low-coding untuk membuat janji yang dikembangkan untuk para atlet agar sesi latihan menjadi lebih nyaman dan efisien. Para atlet dapat dengan mudah memeriksa status ketersediaan tempat latihan di stadion-stadion Asian Games di berbagai wilayah Hangzhou dan kota-kota sekitarnya, serta memesan sesi latigan mereka sebelumnya melalui mini aplikasi di DingTalk for Asian Games.

DingTalk for Asian Games juga memberikan dukungan penuh pada hardware. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone, tablet dan komputer, serta mendukung gawai yang kompatibel dengan DingTalk, termasuk TV box.

Penggunaan DingTalk for Asian Games pada beberapa bulan belakangan telah menjadi bagian integral dari penyelenggaraan acara. Jumlah pesan telah mencapai lebih dari 4,5 juta pada bulan pertama di Agustus, dengan lebih dari 12.000 grup kerja dibuat. Dengan rata-rata harian lebih dari 50.000 kunjungan, layanan DingTalk bervariasi mulai dari persetujuan administratif hingga pertemuan, latihan, dukungan sponsor, pemantauan cuaca, dan dukungan medis.

Aplikasi-aplikasi lainnya yang beroperasi khusus di jaringan acara akan tersedia segera untuk mendukung operasional Asian Games lebih lanjut, termasuk sistem khusus untuk penyiaran, manajemen TI, dan manajemen relawan. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year