telkomsel halo

Ericsson dan PIDI 4.0 sediakan 5G Innovation Center

03:30:00 | 18 Sep 2023
Ericsson dan PIDI 4.0 sediakan 5G Innovation Center
JAKARTA (IndoTelko) - Ericsson Indonesia dan Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) meresmikan 5G Innovation Center di gedung PIDI 4.0 yang berlokasi di Permata Hijau, Jakarta. PIDI 4.0 adalah lembaga pemerintah di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri di bawah Kementerian Perindustrian. 5G Innovation Center diresmikan dengan tujuan untuk mempercepat transformasi Indonesia menuju industri 4.0.

Melalui 'Making Indonesia 4.0', Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu dari 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030. Selain itu, menurut sebuah studi dari The Asian Development Bank yang berjudul "Innovate Indonesia Unlocking Growth Through Technological Transformation", dengan mengadopsi teknologi baru, produktivitas dapat ditingkatkan dan akan mendorong pertumbuhan PDB secara akumulatif sebesar 11 persen pada periode 2020-2040.

"Ericsson telah menjadi yang terdepan dalam menyediakan konektivitas dan memelopori teknologi mobile generasi baru di Indonesia. Sebagai bukti komitmen teguh kami untuk mempercepat transformasi digital Indonesia, kami dengan bangga mengumumkan dukungan kami terhadap inisiatif PIDI 4.0 dengan mendirikan 5G Innovation Center. Platform Inovasi ini akan mendorong kolaborasi antara para pemimpin industri untuk menciptakan ekosistem inovasi yang kuat dan akan memungkinkan Indonesia untuk mewujudkan peluang-peluang baru di era Industri 4.0,” kata Presiden Ericsson Indonesia Jerry Soper.

Kepala Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) Arnes Lukman mengatakan PIDI 4.0 berfungsi sebagai pusat matchmaking teknologi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. “Hari ini, kami sangat senang menyambut salah satu mitra kami, Ericsson Indonesia, untuk bergabung di dalam ekosistem digital kami dengan memamerkan teknologi dan solusi kelas dunia mereka. Kami yakin hal ini akan bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mendukung perjalanan digitalisasi mereka. Selain itu, 5G dapat memberikan manfaat yang unik untuk industri 4.0 terutama untuk sector manufaktur. Kami berharap, PT Ericsson dan Mitra PIDI 4.0 lainnya dapat mengoptimalkan pengunaan 5G center melalui kolaborasi ekosistem PIDI 4.0. Bersama-sama, kita dapat mempercepat transformasi Industri 4.0 di Indonesia,” katanya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Masrokhan mengatakan PIDI memiliki tujuan untuk mengakselerasi transformasi digital karena hal tersebut sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Hal ini hanya dapat diwujudkan melalui kerja sama strategis dari berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintah, asosiasi, pelaku industri, hingga akademisi. Kami mengapresiasi inisiatif PIDI 4.0 dan dukungan Ericsson yang tak ternilai dalam membangun platform kolaboratif untuk mendorong program Making Indonesia 4.0. Selain itu, saya juga mengapresiasi Ericsson sebagai anggota ekosistem PIDI 4.0 yang telah berkontribusi dalam mempercepat adopsi dan implementasi industri 4.0 di sektor manufaktur,” katanya.

Kolaborasi antara Ericsson Indonesia dan PIDI 4.0 akan memegang peran penting dalam membantu memenuhi ambisi pemerintah untuk mewujudkan Making Indonesia 4.0 dan membangun talenta digital yang kuat. Ericsson, sebagai pemimpin ICT global, akan terus mendukung inisiatif Making Industry 4.0 dari pemerintah Indonesia dengan menciptakan infrastruktur digital yang kuat dan mendorong terciptanya ekosistem 5G yang kuat di Indonesia. Salah satu contohnya adalah dengan membangun 5G Innovation Center di kantor PIDI 4.0.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year