telkomsel halo

Zoom Events kini tersedia di aplikasi seluler

07:22:21 | 12 Sep 2023
Zoom Events kini tersedia di aplikasi seluler
Zoom Mobile Event (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Zoom mengumumkan dua pembaruan penting pada layanan Zoom Events, yaitu Production Studio dan ketersediaan pengalaman hybrid Zoom Events pada aplikasi perangkat seluler.

Fitur-fitur baru ini akan membantu para penyelenggara acara profesional untuk menjangkau lebih banyak peserta dan membangun komunitas di luar acara, berinteraksi dan memberi informasi kepada peserta sembari membangun relasi antar peserta yang hadir secara langsung maupun virtual serta menyederhanakan pengalaman mengikuti acara hybrid.

Zoom meluncurkan Production Studio pada Zoom Events dan Zoom Sessions fitur baru yang dirancang khusus untuk mempermudah tim penyelenggara acara dalam menciptakan elemen-elemen desain pada acara virtual yang tampak rapi, profesional, dan dinamis. Production Studio dapat digunakan di seluruh dunia melalui Zoom Events atau Zoom Sessions bagi penyelenggara acara profesional, tim pemasaran, dan tim komunikasi internal untuk menghemat waktu dan anggaran yang biasanya diperlukan jika bekerja dengan tim produksi eksternal.

Dikatakan Product Manager di Zoom, Annika Elias, kini, setiap penyelenggara acara profesional dapat membuat acara yang terkesan profesional dengan tampilan platform yang mudah digunakan, tanpa perlu menghabiskan ribuan dolar untuk tim produksi eksternal.

"Solusi webinar lain umumnya tidak memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa acara, sehingga pengalaman peserta saat mengikuti acara tersebut menjadi kurang menarik dan monoton. Dengan Production Studio, tim spesialis acara dapat merancang dan menyesuaikan pengalaman peserta tanpa harus memiliki keahlian desain khusus," ujarnya.

Production Studio menyediakan opsi tata letak dinamis, penyesuaian branding, dan presenter management tools untuk membuat setiap acara virtual menarik secara visual dan terkesan unik, baik acara internal seperti webinar All Hands (rapat yang ditujukan untuk menyampaikan informasi terkini mengenai perusahaan dan bisnisnya kepada seluruh karyawan) maupun acara pemasaran untuk publik seperti demo produk.

Berikut fitur-fitur yang ada di Production Studio :

Pemilihan layout yang dinamis

    Pengguna dapat memilih dari lebih dari 50 layout yang masih bisa disesuaikan

    Aspect ratio yang fleksibel

    Mampu menyesuaikan jarak antar video

Penyesuaian dengan brand penyelenggara

    Pengguna bisa membuat beberapa scene webinar dalam setiap sesinya melalui opsi shared screen layout

    Pengguna juga bisa menentukan urutan scene, mengubah border, dan menyesuaikan background untuk tiap scene

Presenter Management Tool

    Pengguna dapat melakukan pre-route terhadap orang-orang yang berada dalam scene

    Pengguna dapat memperbarui tampilan pembicara dalam live scene

Fitur-fitur Teknis

    Rekaman di cloud

    Ruang tunggu (lobby) dan kemampuan third-party live-streaming

    Kemudahan pengaturan portal Zoom Events

Dalam beberapa bulan mendatang, pengguna Zoom Webinar dapat langsung mengakses semua fitur Production Studio melalui portal web dengan melakukan upgrade ke Zoom Sessions atau Zoom Events.

Zoom juga mengumumkan pembaruan pada aplikasi selulernya, yang kini menyediakan akses untuk Zoom Events. Tersedia di seluruh dunia untuk pengguna Android dan iOS, peserta dapat mengakses acara hybrid dari aplikasi seluler Zoom yang sudah ada, sehingga tidak perlu lagi mengunduh aplikasi berbeda yang hanya akan digunakan sekali. Ketersediaan pada aplikasi seluler ini, memudahkan peserta dengan mobilitas tinggi dalam mengelola jadwal, mengikuti obrolan selama acara, sesi tanya jawab, dan berinteraksi dengan peserta lain.

Melalui aplikasi seluler Zoom, peserta dapat melakukan banyak hal. Mulai dari bergabung dalam acara; menjelajahi, menandai (bookmark), dan mengikuti sesi-sesi di luar acara utama; menerima notifikasi penting mengenai acara; menavigasi ruang fisik acara dengan bantuan peta dan panduan digital; beralih dengan mudah antara sesi yang dihadiri secara fisik dengan sesi virtual atau on-demand; hingga berkomunikasi dengan peserta lain yang hadir secara fisik maupun virtual.

Pada acara yang disiarkan langsung (live), peserta yang bergabung menggunakan aplikasi seluler dapat mengakses sesi-sesi acara, berpartisipasi dalam obrolan, jajak pendapat (poll), tanya jawab, serta melihat rekaman acara-acara sebelumnya.


Zoom juga telah meningkatkan alur pengaturan acara hybrid bagi penyelenggara acara. Tim spesialis acara masih kesulitan dalam mempersiapkan acara hybrid, di mana format ini kerap kali terasa membutuhkan usaha dua kali lipat dari format acara lain. Disinilah Zoom Events, melalui fitur-fitur barunya, hadir untuk menyederhanakan proses persiapan tersebut.

Tim spesialis acara kini dapat menggunakan template-template yang tersedia pada portal web dan aplikasi seluler, untuk mempersiapkan acara hybrid dengan mudah, di mana Zoom Events telah dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat sistem ticketing secara hybrid, peta tempat acara, dan memberikan pengalaman mengikuti acara hybrid layaknya mengikuti acara langsung. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year