Delos dapat dana segar US$5,75 juta

07:50:22 | 10 Sep 2023
Delos dapat dana segar US$5,75 juta
JAKARTA (IndoTelko) - Startup Delos berhasil meraih pendanaan US$ 5,75 juta (sekitar Rp 88 miliar) dari investor.

Delos selama ini bergerak di usaha budidaya untuk mendukung produksi dan distribusi ribuan ton udang.

Delos mengumumkan penutupan pendanaan seri A yang dipimpin oleh Monk's Hill Ventures. Berdiri sejak 2021, Delos menawarkan sistem produksi udang berbasis sains yang disebut, AquaHero, sebagai layanan farm-as-a-service.

Aquahero diklaim menggunakan sistem yang mengumpulkan data dan model biologi untuk memprediksi produksi dan risiko panen. Model ini dilatih menggunakan data dari ratusan kolam tambak udang di berbagai wilayah di Indonesia.

Perusahaan yang didirikan oleh Guntur Mallarangeng, Aris Noerhadi, Alexander Farthing, dan Bobby Indra ini menawarkan produk bernama AquaLink. Platform ini menyediakan sistem untuk melacak rantai pasok seafood agar konsumen dan bisnis dapat memastikan pangan yang mereka beli berasal dari sumber yang berkelanjutan.

"Sektor akuakultur Indonesia sudah puluhan tahun membutuhkan upgrade. Keputusan soal tambak saat ini masih sebatas bersumber dari insting dan tradisi, bukan data dan praktik empiris," kata Guntur.

Pendanaan terbaru akan digunakan Delos untuk pengembangan AquaHero agar bisa menekan biaya produksi lewat pemantauan penyakit, manajemen kualitas air, rasio pemberian pangan, dan hasil tambak.(wn)

Artikel Terkait