telkomsel halo

Zoom perkenalkan Zoom AI Companion

07:21:00 | 07 Sep 2023
Zoom perkenalkan Zoom AI Companion
Foto : Ilustrasi
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Zoom Video Communications, Inc. (NASDAQ: ZM) mengumumkan bahwa Zoom Al Companion, asisten digital dengan teknologi AI generatif (sebelumnya bernama Zoom IQ), kini tersedia di semua akun pengguna Zoom berbayar tanpa biaya tambahan.

AI Companion memperkuat visi Zoom untuk menghubungkan orang-orang tanpa batas dalam satu platform, dan mendukung mereka dengan meningkatkan produktivitas, keterampilan, dan efektivitas tim. Selain itu, Zoom juga mengumumkan bahwa perangkat lunak conversation intelligence mereka, yaitu Zoom IQ for Sales, akan berganti nama menjadi Zoom Revenue Accelerator.

Sejak AI generatif diperkenalkan pada awal Juni, ribuan perusahaan telah merasakan manfaat besar dari uji coba gratis fitur penyusunan pesan pada Team Chat dan rangkuman rapat. Mulai musim gugur tahun ini, Zoom akan memperluas solusi AI generatifnya dengan meluncurkan Zoom AI Companion yang akan tersedia tanpa biaya tambahan bagi pengguna Zoom berbayar.

Pendekatan gabungan atau federated approach Zoom terhadap AI mampu memberikan hasil yang berkualitas tinggi dan menghemat biaya pengeluaran dengan secara dinamis menggabungkan model AI milik Zoom bersama model-model pihak ketiga seperti Meta Llama 2, OpenAI, dan Anthropic.

Zoom AI Companion dapat menyediakan layanan asisten digital dengan kemampuan canggih dan tersedia secara real-time untuk membantu para pengguna dalam meningkatkan produktivitas dan bekerja dengan lebih efektif. Pengguna Zoom dapat menantikan kehadiran AI Companion di seluruh platform Zoom, mulai dari Meetings, Team Chat, Phone, Email, dan Whiteboard, dengan berbagai fitur tambahan yang akan datang.

Menurut Chief Product Officer di Zoom, Smita Hashim, ia mendobrak sensasi AI generatif dengan menghadirkan produk nyata yang memiliki harga kompetitif, sehingga memudahkan bisnis dan individu seperti Anda dan dirinya memperoleh manfaat penuh dari AI generatif untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

"Kami memulai perusahaan ini dengan tekad untuk melakukan yang terbaik bagi pelanggan kami, dan kami sungguh percaya bahwa dengan menawarkan Zoom AI Companion tanpa biaya tambahan pada akun Zoom berbayar, kami dapat memberikan dampak yang luar biasa dan menyikapi berbagai tantangan yang ada saat ini. Kami sangat senang melihat pengguna dan pelanggan kami mulai menggunakan AI Companion, dan kami pun bersemangat menyambut peta jalan inovasi kami yang kokoh serta didasarkan pada komitmen kami untuk memanfaatkan AI secara bertanggung jawab," jelasnya.

Zoom akan berinvestasi pada inovasi berbasis AI yang dapat meningkatkan pengalaman dan produktivitas pengguna, dengan tetap memprioritaskan kepercayaan, keamanan, serta privasi pengguna. Pada bulan Agustus lalu, bahwa perusahaan tidak menggunakan konten audio, video, chat, screen-sharing, lampiran, maupun konten pelanggan lainnya (seperti hasil polling, papan tulis digital, maupun reaksi) untuk melatih model AI milik Zoom maupun pihak ketiga.

Dalam pengaturan standar, fitur AI Companion dinonaktifkan hanya pemilik akun dan admin yang punya kendali untuk mengaktifkannya. Zoom memberikan kontrol dan visibilitas kepada admin dan pengguna ketika fitur-fitur AI digunakan atau diaktifkan. Zoom menempatkan diri sebagai pemimpin industri dengan mengutamakan privasi pelanggan, sehingga para pelanggannya dapat lebih yakin dalam menggunakan AI Companion dan berbagai kemampuan yang dimilikinya.

AI Companion memudahkan kolaborasi dan meningkatkan produktivitas tanpa hambatan, dengan mengurangi distraksi dan pekerjaan repetitif, sehingga tim dapat berkolaborasi dengan lebih efektif.

AI Companion segera menggabungkan beberapa kemampuan AI real-time yang baru, dengan kemampuan tambahan yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. AI Companion mengubah cara kerja modern melalui hal-hal sebagai berikut :

Zoom Meetings

Pengguna dapat menonton rekaman video dengan lebih cepat melalui sorotan (highlights) dan smart chapters, sekaligus meninjau rangkuman dan langkah-langkah selanjutnya, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengejar ketertinggalan dari rapat yang terlewatkan. Apabila host mengaktifkan AI Companion, peserta dapat mengejar ketertinggalan tanpa mengganggu alur rapat dengan cara mengirim pertanyaan secara privat melalui panel AI Companion yang berada di samping untuk menerima jawaban dari AI berupa hal-hal yang mereka lewatkan. Setelah rapat, host dapat menerima rangkuman rapat secara otomatis untuk dibagikan kepada para peserta dan orang-orang yang tidak hadir dalam rapat. Kemampuan tersebut membantu anggota tim yang berada di zona waktu berbeda untuk mengejar ketertinggalan. Pada musim semi 2024 mendatang, pengguna dapat menerima masukan terhadap kehadiran mereka selama rapat secara real-time, serta mendapat pelatihan untuk keterampilan berbicara dan presentasi.

Zoom Team Chat

Berperan penting untuk membantu pekerjaan yang dilakukan secara real-time maupun tidak, namun sangat mudah bagi kita untuk tersesat di tengah tumpukan pesan yang terlalu banyak. AI Companion membantu pengguna untuk menyusun pesan dengan cepat berdasarkan konteks dari chat thread yang ada, sekaligus mengubah nada dan panjang pesan, sehingga pengguna dapat menghemat waktu yang biasa digunakan untuk menulis pesan balasan. Dalam beberapa pekan mendatang, pengguna dapat mengejar ketertinggalan dalam chat thread yang panjang melalui fitur rangkuman AI generatif. Sementara pada awal 2024, pengguna akan dapat menyelesaikan kalimat secara otomatis (auto-complete chat) dan menjadwalkan rapat dari chat.

Zoom Whiteboard

Akan dibantu AI Companion untuk menghasilkan dan mengelompokkan ide-ide. Sementara pada musim semi 2024, pengguna akan dapat menghasilkan gambar dan mengisi template whiteboard dengan memanfaatkan konten dari papan tulis digital mereka.

Zoom Mail

Dapat memperoleh saran saat menyusun email. Sedangkan pada musim semi 2024, pengguna akan dapat menambahkan rangkuman rapat ke dalam Notes, serta merangkum percakapan SMS dan panggilan melalui Zoom Phone.

Pada musim semi 2024, pengguna akan dapat berinteraksi dengan AI Companion melalui tampilan percakapan (conversational interface) yang dapat memahami konteks pertanyaan dan membantu pengguna mengatur konten-konten mereka di seluruh platform Zoom, seperti konten dari rapat yang telah berlangsung, chat, dan beberapa aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan Zoom, bahkan mewakili pengguna dalam melakukan tindakan tertentu.

Sebagai contoh, pengguna dapat berinteraksi dengan AI Companion untuk meminta bantuan-bantuan antara lain :

Persiapan sebelum rapat

Pengguna dapat meminta AI Companion untuk mengumpulkan status dari proyek-proyek penting agar pengguna siap menghadapi rapat dengan pelanggan mereka. AI Companion juga dapat menampilkan informasi dari rapat, chat, papan tulis digital, email, dokumen, dan (dengan izin dari pengguna) dari aplikasi pihak ketiga mewakili pengguna tersebut, untuk memberikan informasi terkini.

Dukungan real-time selama rapat

Pengguna bisa mengajukan pertanyaan pada AI Companion secara langsung selama rapat untuk memperoleh informasi penting dalam diskusi, membuat dan mengajukan permintaan (support ticket) untuk menyelesaikan masalah atau tugas tertentu yang disorot saat rapat, atau menyusun draf tanggapan atas pertanyaan yang muncul saat rapat.

Setelah rapat

Pengguna dapat meminta AI Companion untuk merangkum rapat, secara otomatis mengidentifikasi langkah-langkah selanjutnya dan pihak-pihak pentingyang terlibat, serta membagikan hal-hal tersebut kepada pihak-pihak terkait melalui Team Chat atau, dengan izin pengguna, melalui aplikasi pihak ketiga. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year