Ini yang dibahas di Hub.id Summit

05:38:00 | 06 Sep 2023
Ini yang dibahas di Hub.id Summit
Hub.id Summit 2023 (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Konferensi internasional hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Nexticorn Foundation, Hub.Id Summit X Nexticorn 2023 resmi akan digelar pada 15-16 September 2023 bertempat di Nusa Dua, Bali. Konferensi ini akan mempertemukan ratusan startup teknologi Indonesia dengan investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

Hub.Id Summit X Nexticorn 2023 merupakan sebuah upaya kolaboratif antara Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program berkelanjutan yaitu Hub.id dengan Nexticorn Foundation, sebuah organisasi advokasi independen untuk ekosistem startup, teknologi, dan modal ventura di Indonesia. Kegiatan dalam bentuk konferensi dan business matchmaking ini diharapkan menjadi titik temu yang dapat mendorong kemajuan startup teknologi Indonesia dengan membuka akses pertemuan antara venture capital global dan startup teknologi dari skala early stage, growth, sampai dengan late stage.

Sadar akan berbagai tantangan tech winter yang masih dihadapi sektor startup teknologi dan modal ventura baik di ranah lokal maupun global, Hub.Id Summit X Nexticorn 2023 mengangkat tema “Recalibrating the Industry: Indonesia’s Tech Investment Moving Forward”, yang akan menyoroti lanskap dinamis investasi teknologi di Indonesia dan Asia Tenggara, strategi kalibrasi ulang untuk menavigasi ketidakpastian dan transisi sektor teknologi (termasuk Artificial Intelligence, teknologi keberlanjutan, dan lainnya), serta upaya/solusi yang dapat dilakukan oleh para pemain industri. Selama dua hari penuh, para startup dan venture capital terpilih akan mengikuti berbagai rangkaian acara yang meliputi sesi diskusi panel yang dihadiri oleh para pembicara ternama dan sesi business matchmaking.

Dikatakan Direktur Ekonomi Digital Kominfo, I Nyoman Adhiarna, “Kominfo, melalui Hub.id berkomitmen untuk terus mendorong akselerasi transformasi digital tanah air melalui penyelenggaraan kegiatan fasilitasi bagi startup selama satu minggu di Bali melalui Hub.id Summit x Nexticorn 2023 dan Hub.id Accelerator Partner Day x NexBe Fest 2023. "Dengan merangkul berbagai pemangku kepentingan dalam kolaborasi ini, kami ingin lebih memperluas pengembangan ekosistem digital agar semakin banyak startup digital yang bertumbuh dan juga berkembang, khususnya pada startup early-stage binaan Hub.id dengan mempertemukan mereka dengan investor baik di ranah lokal maupun global,” katanya.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Ekonomi Digital mendorong akselerasi bisnis startup digital di Indonesia melalui program Hub.id dengan 2 aktivitas utama, yakni Hub.id Accelerator yang membuka akses sinergi dan kerjasama bisnis dengan perusahaan swasta, BUMN, lembaga pemerintah pusat/daerah, dan lembaga riset/institusi pendidikan. Hub.id Accelerator telah membantu lebih dari 90 startup digital sejak 2021, dan aktivitas lainnya adalah Hub.id Summit, yang fokus pada fasilitasi pertemuan bisnis antara startup digital dengan venture capital. Dalam pelaksanaan Hub.id Summit 2022 telah memfasilitasi 80 startup digital dan 80 venture capital dan berhasil menciptakan 800 pertemuan bisnis.

Dari pelaksanaan Hub.id telah memberikan dampak langsung dan tidak langsung bagi bisnis startup digital yang difasilitasi dan menunjukkan pertumbuhan dengan indikator penambahan investasi baru senilai lebih dari 10 juta dolar AS sampai dengan semester I 2023.

Pada kesempatan yang sama, Founding Board Member Nexticorn Foundation, David Rimbo menyampaikan, pihaknya senang sekali dapat kembali menyelenggarakan Nexticorn Summit, yang kali ini berkolaborasi dengan Hub.id. Dengan Hub.id yang berfokus pada early-stage startups dan Nexticorn yang berfokus pada growth-stage startups, acara Hub.id Summit X Nexticorn 2023 diharapkan dapat menghadirkan full-spectrum coverage dari startups yang akan berpartisipasi.

"Kami berharap untuk dapat secara bersama-sama menghadirkan solusi terkait tantangan-tantangan yang dihadapi sektor startup teknologi dan modal ventura saat ini dan di masa depan melalui Hub.id Summit X Nexticorn 2023,” ujarnya.

Memasuki tahun kelimanya, Nexticorn Summit pada tahun sebelumnya telah berhasil mempertemukan 300+ founders dan C-Level dari startup terbaik Indonesia yang telah terkurasi, menghadirkan 250+ partners dan principals dari venture capitals terkemuka baik di ranah lokal maupun global, serta mengadakan 800 sesi business matchmaking selama dua hari terselenggaranya konferensi.

David menjelaskan, kemajuan pesat dalam teknologi beberapa tahun terakhir telah memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat dan perekonomian di seluruh dunia, termasuk Artificial Intelligence (AI), teknologi keberlanjutan, dan lainnya.

"Melalui Summit kali ini, kami juga ingin menggali lebih dalam lanskap saat ini dan potensi teknologi masa depan yang akan membentuk dan mendorong industri teknologi di Indonesia, Asia Tenggara, dan seluruh dunia di tahun-tahun mendatang," katanya. (mas)

Artikel Terkait