telkomsel halo

Program baru AWS Build bantu startup tahap awal wujudkan ide-Ide

03:15:00 | 24 Aug 2023
Program baru AWS Build bantu startup tahap awal wujudkan ide-Ide
Portal AWS (IndoTelko)
JAKARTA (IndoTelko) - Amazon Web Services, Inc. (AWS), perusahaan Amazon.com mengumumkan peluncuran AWS Build, sebuah program global yang dirancang untuk mendukung para pendiri startup tahap awal dalam memanfaatkan penggunaan cloud untuk membangun, menyempurnakan, dan meluncurkan aplikasi inovatif mereka.

Selama 10 minggu, hingga 500 pendiri startup dari seluruh dunia akan mendapatkan panduan bisnis dan teknis untuk memanfaatkan sebaik mungkin fleksibilitas dan skalabilitas dari jajaran teknologi AWS guna meluncurkan Minimum Viable Product (MVP) masing-masing.

Nantinya, mereka juga akan mempelajari dasar-dasar teknis untuk menggabungkan teknologi cloud paling canggih ke dalam aplikasi mereka, mulai dari analitik, serverless, hingga AI dan machine learning. Program ini juga akan membantu para pendiri startup dalam membuat keputusan strategis terkait pengembangan produk, menghasilkan uang dari ide mereka, metode dan waktu yang tepat untuk menggunakan beta customer, serta berbagai konsep lainnya yang dapat berdampak positif terhadap suksesnya peluncuran produk mereka. Pendaftaran untuk program ini dibuka hingga 22 September 2023.

Dikatakan Vice President and Global Head of Startups di AWS, Howard Wright, AWS Build dirancang khusus untuk membantu para pendiri startup mengawali perjalanan mereka, sekaligus mewujudkan ide-ide mereka menjadi produk yang inovatif. "Tujuan kami adalah membantu para startup tersebut untuk memanfaatkan cloud AWS dan mendapatkan dasar-dasar yang benar agar mereka siap untuk berkembang," ujarnya.

Modul AWS Build diberikan secara online dan dilakukan perorangan sesuai dengan jadwalnya masing-masing. Salah satu manfaat tambahan yang dapat dinikmati peserta adalah sesi-sesi virtual yang diselenggarakan secara langsung setiap minggunya, termasuk bincang-bincang teknis dengan pakar solutions architecture dari AWS, sesi tanya jawab dengan pemodal ventura dan para pemimpin industri, serta kegiatan berjejaring dengan sesama pelaku startup.

Program ini akan berlangsung dari 9 Oktober hingga 15 Desember dan dibawakan dalam bahasa Inggris. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari AWS Build, startup yang menjadi peserta harus setidaknya memiliki prototipe yang sudah dapat beroperasi, serta seorang pemimpin teknis di timnya.

Pada kesempatan yang sama, partner di Founder Collective, perusahaan modal ventura papan atas yang termasuk di daftar Forbes Midas, Amanda Herson mengatakan, kunci untuk membangun bisnis yang mudah diskalakan adalah dengan memahami cara menavigasi tahap awal pengembangan produk.

"AWS Build akan membantu para pendiri startup untuk memanfaatkan keahlian teknis AWS yang mendalam sejak awal, sehingga mereka dapat menghadirkan MVP yang lebih kuat ke pasar dengan lebih efisien dan hemat biaya. Ini tentunya merupakan hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam rangka menarik investor," katanya.

Pendiri startup yang terpilih untuk program ini akan mendapatkan kredit AWS senilai hingga 2 ribu dolar AS untuk membantu mereka membangun produk dan layanan mereka di cloud. Startup dari seluruh dunia dapat berpartisipasi, dan pendiri startup yang sebelumnya telah mendaftar ke salah satu program akselerasi AWS tetapi terkendala tahap awal, akan secara otomatis diundang untuk berpartisipasi dalam AWS Build.

Setelah program selesai, pendiri startup akan diundang untuk bergabung dengan komunitas AWS Build, sebuah komunitas virtual global yang terdiri dari para pendiri startup dan pakar teknis yang dapat mereka ajak berkolaborasi dan bertukar informasi saat mereka mengembangkan bisnis mereka.

Untuk mendaftar ke program AWS Build, semua peserta harus bergabung terlebih dahulu dengan AWS Active sebagai program startup unggulan AWS. Di sana, mereka akan memiliki akses ke konten bisnis dan teknis self-service yang mencakup berbagai topik, mulai dari pendanaan dan panduan hukum hingga solusi arsitektur dan AI generatif. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year