Gandeng IBM dan SAP, Kopi Kenangan tancap gas Go Digital

07:13:00 | 17 Aug 2023
Gandeng IBM dan SAP, Kopi Kenangan tancap gas Go Digital
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Kopi Kenangan, sebuah jaringan kedai kopi terkemuka di Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan IBM Consulting sebagai mitra pelaksana RISE dengan SAP untuk menciptakan kembali pengalaman pelanggan dengan mengoptimalkan operasi, sebagai bagian dari perjalanan transformasi digitalnya.

Kerja sama ini melibatkan Kopi Kenangan untuk mengganti sistem ERP yang ada dan mengintegrasikan aplikasi yang ada saat ini, point of sale dan sistem manajemen pada RISE dengan SAP - penawaran lengkap perangkat lunak ERP yang didukung oleh SAP S/4 HANA Cloud, praktik industri, dan layanan yang digerakkan oleh hasil untuk memigrasikan SAP ERP ke cloud.

Perubahan teknologi ini meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan kontrol inventaris dan pemantauan untuk mendukung pelaporan keuangan bulanan. Implementasi sistem baru ini juga akan meningkatkan produktivitas karyawan dan pengalaman pelanggan.

Menurut VP of Finance, Accounting, Tax & Treasury Kopi Kenangan, Indry Dian Lestari, dengan memanfaatkan keahlian dan solusi inovatif IBM melalui adopsi RISE dengan SAP, pihaknya dapat membekali karyawan dengan perangkat digital untuk mendapatkan wawasan yang berharga mengenai preferensi dan pola belanja pelanggan. "Hal ini juga memungkinkan kami untuk meningkatkan inisiatif pemasaran yang dipersonalisasi, promosi yang ditargetkan, serta pengembangan produk dan layanan yang inovatif untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelanggan Kopi Kenangan," ujarnya.

"Inisiatif transformasi digital ini juga menggarisbawahi komitmen kami terhadap agenda nasional untuk mendorong inklusi keuangan di kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) petani dan pemasok kopi lokal ke dalam ekosistem ekonomi yang lebih luas," tambah Indry.

Kopi Kenangan telah berkembang dari awal berdirinya di tahun 2017 hingga mengoperasikan lebih dari 800 gerai di Indonesia dan Malaysia. Jaringan kopi ini mengalami percepatan pertumbuhan dalam layanan "grab-and-go", yang mendorong kebutuhan untuk mempersingkat dan menstandarisasi rantai pasokan, inventaris, dan alur kerja keuangannya menggunakan RISE dengan SAP pada platform IBM.

Sementara itu, Managing Director SAP Indonesia, Andreas Diantoro menambahkan, Kopi Kenangan adalah perusahaan yang dinamis dan inovatif yang terus mencari cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggannya. "RISE dengan SAP adalah solusi komprehensif yang akan membantu Kopi Kenangan mempersingkat operasi mereka, meningkatkan efisiensi, dan mendapatkan wawasan tentang perilaku pelanggan. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan mengembangkan bisnis mereka di Indonesia dan sekitarnya," katanya.

Dijelaskan Andreas, kecepatan dan produktivitas merupakan hal yang sangat penting dalam lingkungan bisnis saat ini. "Kecepatan dan skala transformasi dari back-end operasi bisnis ke rantai pasokan dan pengalaman pelanggan kini menjadi lebih penting dari sebelumnya bagi pelaku usaha ritel seperti Kopi Kenangan untuk memimpin di pasar usahanya," katanya.

Sedangkan, Managing Partner IBM Indonesia, Andrian Purnama, mengungkapkan, IBM Consulting telah membantu para klien di Indonesia untuk berhasil mentransformasi operasi mereka secara digital dengan cara yang disederhanakan dengan tingkat fleksibilitas dan ketahanan baru yang dihadirkan oleh RISE dengan S/4HANA.

"Kemitraan IBM-SAP akan terus membantu memperkuat para pelaku usaha ritel di Indonesia untuk tampil lebih cerdas, agile, dan siap untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah," ujarnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories