NTT hadirkan pengalaman interaktif di kejuaraan Tour de France

10:28:19 | 06 Jul 2023
NTT hadirkan pengalaman interaktif di kejuaraan Tour de France
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan infrastruktur dan layanan TI global terdepan, NTT mengumumkan peningkatan solusi teknologinya untuk Tour de France dan Tour de France Femmes avec Zwift 2023 dengan menghadirkan IoT, konektivitas edge, dan komputasi edge ke garda terdepan kejuaraan balap sepeda paling bergengsi tersebut.

NTT akan menghadirkan keunggulan kolektif yang diperoleh dari integrasi teknologi tersebut dalam analitik real-time. NTT akan mengintegrasikan IoT dan edge untuk menciptakan "connected stadium" terbesar di dunia dengan menyiapkan replika digital (digital twin) dari balapan, yang akan menghubungkan rangkaian informasi real-time dengan mereplikasi semua aspek balapan yang sangat dinamis secara digital.

Objek utama pengumpulan data yang dilakukan NTT adalah sepeda.

Dengan menggunakan geolokasi, perangkat yang dipasang pada sepeda akan mentrasmisikan data lintang, bujur, dan kecepatan secara konstan melalui jaringan radio ke sepeda motor balap atau pesawat. Sinyal gelombang mikro akan menghimpun data hingga akhir lomba, di mana perangkat komputasi edge berbasis truk akan menjalankan platform analitik real-time NTT.

Event tahun ini juga akan menghadirkan integrasi ChatGPT dalam solusi Manusia Digital berbasis AI NTT, yang menggabungkan pembelajaran mesin, pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami, dan percakapan berbasis AI. Platform manusia digital telah diprogram secara khusus agar dapat memberikan informasi balapan yang relevan dan dapat mengakses informasi terperinci untuk lebih meningkatkan pengalaman penggemar.

Menurut Group EVP, New Ventures and Innovation di NTT Ltd, Shahid Ahmed, kombinasi IoT dan edge menghadirkan keunggulan operasional baru dan yang tidak dapat terwujud jika dijalankan secara terpisah. “Menangkap, memproses, dan menganalisis data bersamaan dengan kombinasi teknologi ini sangat penting untuk mengubah setiap sepeda menjadi 'digital twin' yang merepresentasikan konsep komputasi edge dalam konteks praktis," jelasnya.

Sementara, Head of Partnerships & Media Amaury Sport Organisation (A.S.O.), Julien Goupil mengungkapkan, setelah bekerja dengan NTT selama sembilan tahun terakhir, ia telah menghimpun data menjadi aset bernilai yang dapat menganalis balapan lebih baik bagi publik, lebih melibatkan para penggemar, meningkatkan pengalaman penggemar, dan membantu mengatasi tantangan organisasi balapan kami.

Setelah pengumuman tahun lalu tentang integrasi NTT Ltd. dan NTT DATA untuk menciptakan perusahaan layanan teknologi informasi terdepan senilai USD 30 miliar, kemitraan teknologi NTT dengan Tour de France dan Tour de France Femmes avec Zwift kini berada di bawah brand NTT DATA. (mas)

Artikel Terkait