telkomsel halo

Bandara AP II mulai layani kedatangan jemaah haji

07:18:00 | 05 Jul 2023
Bandara AP II mulai layani kedatangan jemaah haji
JAKARTA (IndoTelko) - Bandara-bandara PT Angkasa Pura II (AP II) mulai Selasa, 4 Juli 2023, melayani kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan sebanyak 6 bandara AP II yang menjadi debarkasi haji telah menetapkan rencana operasi guna memastikan kelancaran kedatangan jemaah haji.

"Kami berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholder antara lain Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, maskapai, ground handling dan lainnya sehingga 6 bandara telah sukses mendukung keberangkatan penerbangan haji pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023. Mulai 4 Juli, sebanyak 6 bandara AP II tersebut siap menyambut kedatangan jemaah haji di Tanah Air. Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk mengantar para jemaah kembali bertemu keluarga," ujar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin memastikan kesiapan seluruh fasilitas operasional, pelayanan dan keamanan di bandara AP II untuk maksimal dalam menyambut kedatangan jemaah haji.

Bandara AP II yang menjadi debarkasi haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta direncanakan berlangsung pada 4 Juli - 4 Agustus 2023 menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan kedatangan perdana penerbangan haji di Bandara Soekarno-Hatta pada 4 Juli pukul 15.20 WIB.

"Kedatangan jemaah haji pada hari ini berlangsung dengan lancar. Kami memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar Bandara Soekarno-Hatta dapat terus memberikan pelayanan terbaik saat kepulangan para jemaah haji," ujar Dwi Ananda.

Sementara itu, kedatangan jemaah haji di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) direncanakan pada 6 Juli - 3 Agustus 2023.

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Iwan Winaya mengatakan terdapat 23 kloter pada periode kedatangan jemaah haji.

"Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang siap menyambut kedatangan jemaah haji dari Jeddah dan Madinah," ujar Iwan Winaya.

Adapun Bandara Minangkabau (Padang) direncanakan menyambut kedatangan jemaah haji pada 17 Juli - 3 Agustus 2023.

Executive General Manager Bandara Minangkabau Siswanto menuturkan seluruh penerbangan kedatangan jemaah haji di Padang dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

"Bandara Minangkabau melayani kedatangan jemaah haji dalam 17 kloter. Kami memohon dukungan masyarakat agar kedatangan jemaah haji di Padang berjalan lancar," jelas Siswanto.

Di Bandara Kualanamu (Deli Serdang), kedatangan jemaah haji direncanakan berlangsung pada 4 - 29 Juli 2023 dengan total penerbangan sebanyak 24 kloter yang seluruhnya dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) rencananya menyambut kedatangan jemaah haji pada 4 Juli - 3 Agustus 2023.

"Kedatangan jemaah haji di Aceh sebanyak 13 kloter, dan kami siap untuk menyambut kepulangan para jemaah haji," ujar Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda Darmadi.

Sementara itu, bandara yang baru pertama kali melayani penerbangan haji yakni Bandara Kertajati juga siap menyambut kedatangan jemaah haji pada 9 Juli - 2 Agustus 2023.

"Tahun ini pertama kali bagi Bandara Kertajati menjadi embarkasi dan debarkasi haji. Kami sangat bersyukur seluruh penerbangan embarkasi berjalan dengan lancar, dan kini kami bersiap untuk menyambut kedatangan para jemaah haji dalam 25 kloter. Kami berupaya untuk memastikan kelancaran kedatangan jemaah haji," ujar Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year