telkomsel halo

Kominfo gaet McEasy untuk digitalisasi UMKM logistik

10:51:53 | 03 Jul 2023
Kominfo gaet McEasy untuk digitalisasi UMKM logistik
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan startup logistik McEasy, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo), dan Ikatan Pengusaha Cargo Nasional (IPCN) berupaya mendigitalisasi layanan logistik dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi implementasi teknologi transportation management system (TMS) dan aplikasi pengemudi (driver app), di Denpasar, Bali, belum lama ini.

Teknologi ini akan dimanfaatkan untuk jangka waktu satu tahun dengan melibatkan 100 pelaku usaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) logistik di bidang kargo dari masing-masing daerah. Dalam kesempatan ini, UMKM diajak untuk mendorong adopsi digital logistik dengan mengenalkan solusi digital berbasis TMS dan driver app untuk optimalisasi rute, alokasi pengiriman, mengelola order, dan memantau proses pengiriman.

Dengan demikian, tahun 2023, akan diimplementasikan solusi digital TMS agar meningkatkan kapasitas pengiriman dengan perencanaan rute dan alokasi kendaraan yang lebih optimal, mempercepat waktu penjadwalan pengiriman, mempercepat waktu mengabarkan lokasi ke customer, hingga meningkatkan keamanan pengiriman.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta memaparkan, pelaku logistik saat ini telah aktif membantu pemerintah daerah di Bali, seperti dalam pengiriman distribusi maupun transisi dari barang dan sarana. Meskipun sektor ini sangat menentukan inflasi, ada banyak aktor dan kepentingan yang bermain di dalamnya, sehingga kerap kali terjadi kondisi saling tarik-menarik.

"Begitu banyak kepentingan di dalamnya, saling tarik-menarik, sehingga tidak terjadi keharmonisan logistik. Oleh karena itu, menurut saya McEasy akan bisa membantu menyelesaikan problem kita semua,” tuturnya.

McEasy adalah perusahaan yang menyediakan solusi digital software as a service (SaaS) manajemen transportasi bagi pelaku logistik. Perusahaan ini mendukung sepenuhnya upaya pemerintah dalam percepatan digitalisasi logistik.

“TMS dan aplikasi McEasy telah digunakan oleh perusahaan dan UMKM pelaku logistik di Indonesia, guna mengakselerasi dan efisiensi end-to-end operasional pengiriman, setiap proses terdata dengan akurat dan membantu pengambilan keputusan bisnis yang lebih presisi,” ujar Andi Setiadi, chief business officer McEasy.

Inisiasi digitalisasi pada sektor logistik menjadi salah satu agenda utama Kominfo dalam transformasi digital sektoral, guna mendorong adopsi teknologi digital di sektor logistik.

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian Maritim, Logistik Kominfo Dikki Rukmana turut menjelaskan, teknologi TMS ke depannya akan mempermudah dalam melakukan kegiatan di sektor logistik.

"Besar harapan saya seluruh sektor bisa mendukung piloting terkait adopsi teknologi digital di sektor logistik di Provinsi Bali. Hasil pengukuran dari provinsi akan disampaikan baik ke Dishub, Kemenhub, dan asosiasi supaya bisa kita masifkan ke daerah-daerah lain," kata Dikki.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year