Baskit raih pendanaan sebesar US$3,3 juta

09:29:00 | 30 Jun 2023
Baskit raih pendanaan sebesar US$3,3 juta
JAKARTA (IndoTelko) - Baskit mengumumkan telah mengumpulkan dana sebesar US$3,3 juta dalam pendanaan awal (Seed funding).

Putaran pendanaan ini dilakukan 3 bulan setelah perusahaan mengumumkan pendanaan Pre-Seed sebesar $1,5 juta, dan melibatkan investor regional dan lokal seperti Betatron Venture Group, Forge Ventures, Investible, 1982 Ventures, DS/X Ventures, Orvel Ventures, Michael Sampoerna, serta beberapa angel investor global dan regional terkemuka.

Dengan dana segar ini, perusahaan berencana untuk mempercepat ekspansi lini bisnis yang sudah terbukti menguntungkan, memperkaya layanan teknologi yang ditawarkan, dan memaksimalkan sumber daya untuk menjalin kontrak kerjasama dengan berbagai pemegang merk dan produsen.

Baskit resmi diluncurkan pada bulan November 2022 dan telah mengalami pertumbuhan pesat hingga 70% bulan ke bulannya.

Pertumbuhan yang cepat ini mencerminkan kebutuhan pasar yang nyata untuk memperkuat operasional para distributor dan grosir, yang kini menghadapi tekanan persaingan dan fiskal yang semakin meningkat pasca pandemi Covid. Di kondisi “new normal” ini, ada kondisi dimana tingkat kebutuhan teknologi tinggi namun aksesnya terbatas, margin menipis dengan bertambahnya beban operasional akibat inflasi, dan penurunan penjualan akibat melemahnya sektor tertentu. Baskit hadir di saat yang tepat untuk membantu para pelaku usaha melalui kondisi ini, karena perusahaan meyakini bahwa akses finansial dan perdagangan digital baru dapat benar-benar berkembang jika ada infrastruktur yang kuat dibaliknya.

"Secara kolektif, perdagangan dan industri menyumbang lebih dari separuh PDB Indonesia, dan disokong oleh lebih dari 200.000 bisnis distribusi tradisional yang memastikan orang dapat mengakses berbagai produk, mulai dari biskuit hingga semen untuk konstruksi. Meskipun saat ini banyak pihak yang mencoba mengeliminasi lapisan perantara sepanjang jaringan rantai pasokan ini, hal itu tidak sustainable karena mereka memegang peranan penting dari segi infrastruktur dan relasi bisnis. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung perantara ini dalam upaya mereka memberdayakan komunitas lokal mereka, dan kami percaya bahwa hal itu akan menghasilkan manfaat ekonomi yang luar biasa dalam jangka panjang,” kata CEO Baskit Yann Schuermans.

Managing Partner di Betatron Venture Group Arshad Chowdhury mengatakan emenang di masa depan adalah perusahaan yang dapat menemukan cara untuk bekerja sama, bukan melawan mereka.

Baskit didirikan pada tahun 2022 dengan misi untuk memajukan rantai pasok tradisional dengan menyediakan dukungan komersial dan teknologi sederhana bagi bisnis distribusi offline. Kami percaya bahwa rantai distribusi di Indonesia terdiri dari jutaan usaha kecil dan menengah (SME) yang kaya akan warisan dan relasi bisnis, dan Baskit sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung mereka dalam perjalanan digitalisasi. Dalam mendukung ribuan pengusaha lokal, Baskit memecahkan masalah-masalah utama di setiap lapisan rantai distribusi, menciptakan rantai pasok yang lebih efisien dengan visibilitas data, dan akses yang lebih baik terhadap pembiayaan saat dibutuhkan.(ak)

Artikel Terkait