telkomsel halo

AP II ingatkan soal dekarbonisasi di sektor aviasi

03:00:00 | 21 May 2023
AP II ingatkan soal dekarbonisasi di sektor aviasi
JAKARTA (IndoTelko) - Delegasi Parlemen Eropa mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta pada 17 Mei 2023 untuk berdiskusi mengenai sektor transportasi yang berkelanjutan (sustainable transport) dalam menghadapi tantangan saat ini dan ke depannya seperti dekarbonisasi dan pemulihan pasca-pandemi COVID-19.

Sektor aviasi sendiri memiliki peran penting dalam upaya dekarbonisasi secara global, dan pelaku industri aviasi global telah menyepakati target net-zero emissions pada 2050.

Di dalam kunjungannya, Delegasi Parlemen Eropa terdiri dari 7 anggota parlemen (Members of The European Parliament/MEP) yang tergabung di dalam Komite Transportasi dan Pariwisata Parlemen Eropa (European Parliament’s Committee on Transport and Tourism/TRAN).

Adapun di Bandara Soekarno-Hatta, para delegasi yang dipimpin oleh Kepala Delegasi Komite Transportasi dan Pariwisata Parlemen Eropa (TRAN) Marian-Jean Marinescu bertemu langsung dengan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin beserta jajaran.

“Bandara menjadi bagian penting dalam mendorong dekarbonisasi di sektor penerbangan,” ujar Kepala Delegasi Komite Transportasi dan Pariwisata Parlemen Eropa (TRAN) Marian-Jean Marinescu di dalam pertemuan.

President Director AP II Muhammad Awaluddin memaparkan bahwa AP II telah menjalankan program dan memiliki rencana mendorong dekarbonisasi di bandara.

“Sebagai operator bandara terbesar di Indonesia, kami berkomitmen terhadap keberlanjutan dan memahami pentingnya untuk selalu mengedepankan iklim global dan dekarbonisasi. Kami meyakini bahwa industri aviasi memiliki peran penting dalam mewujudkan keberlanjutan,” ujar Muhammad Awaluddin.

Salah satu program yang ada di AP II terkait dekarbonisasi adalah pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di 20 bandara perseroan.

Muhammad Awaluddin mengatakan AP II telah memiliki peta jalan hingga 2028 untuk pemanfaatan EBT. “Pada 2021 - 2028, di 20 bandara AP II akan terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas total 26 Megawatt-Peak (MWp),” ujar Muhammad Awaluddin.

Saat ini PLTS sudah digunakan di 3 bandara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta di gedung Airport Operation Control Center (241 kWp) dan di Terminal 2 (1,50 MWp); kemudian di Terminal Kargo dan gedung administrasi Bandara Kualanamu (0,76 MWp); dan di gedung Airport Rescue & Fire Fighting Bandara Banyuwangi (0,03 MWp).

“Pada 2023, PLTS akan dipasang di 4 bandara yakni Bandara Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Supadio (Pontianak) dan Sultan Iskandar Muda (Aceh). Tahun ini juga ada penambahan kapasitas PLTS di 2 bandara yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu. Total PLTS yang dipasang di bandara AP II pada tahun ini berkapasitas 3,9 MWp,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, AP II mendorong efisiensi energi dan menjalankan inisiatif dekarbonisasi yang didukung teknologi informasi.

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki Energy Monitoring System untuk memantau penggunaan listrik di Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Terminal Kargo, kemudian di area perkantoran dan penggunaan listrik di non-terminal. Melalui Energy Monitorin System, AP II bisa mendorong efisiensi penggunaan listrik,” ujar Muhammad Awaluddin.

AP II juga mendorong penggunaan kendaraan listrik di Bandara Soekarno-Hatta dengan menyediakan fasilitas pendukung seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Armada taksi di Bandara Soekarno-Hatta saat ini pun sudah menggunakan kendaraan listrik yang dioperasikan oleh Blue Bird dan Grab.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin mengatakan AP II akan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional di bandara-bandara yang dikelola perseroan.

“AP II menyiapkan hingga 148 kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional di 20 bandara pada 2030, dengan komposisi sebanyak 63% digunakan di Bandara Soekarno-Hatta, sebanyak 7% di Bandara Kualanamu, dan 30% di bandara lainnya,” ujar Muhammad Awaluddin.

Konektivitas
Pada pertemuan tersebut, AP II dan Parlemen Eropa turut membahas terkait konektivitas penerbangan.

Di dalam keterangan resmi, Marian-Jean Marinescu mengatakan meningkatkan konektivitas dan daya saing transportasi adalah hal yang krusial.

AP II memaparkan bahwa rencana pengembangan Bandara Soekarno-Hatta telah ditetapkan, yakni revitalisasi Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3, serta pembangunan Terminal 4, di mana seluruhnya agar Bandara Soekarno-Hatta dapat melayani hingga 120 juta penumpang per tahun.

“Selain itu, pengembangan Cargo Village di atas lahan seluas 75 hektare saat ini tengah disiapkan. Cargo Village memiliki kapasitas 2,5 juta ton per tahun,” ungkap Muhammad Awaluddin. (ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year