telkomsel halo

Gandeng Okta, Zoom hadirkan manajemen identitas dalam zoom meetings

07:19:00 | 11 Apr 2023
Gandeng Okta, Zoom hadirkan manajemen identitas dalam zoom meetings
JAKARTA (IndoTelko) - Menggandeng Okta, Zoom Video Communications, Inc (NASDAQ: ZM) menghadirkan cara baru autentikasi identitas partisipan dalam rapat yang dienkripsi secara end-to-end (E2EE).

Selama ini, perusahaan lebih mudah untuk mengidentifikasi dan mengautentikasi karyawan ketika mereka terlihat masuk dan keluar dari gedung kantor. Namun, seiring dengan meningkatnya fleksibilitas kerja, di mana pekerja dapat menentukan preferensi tempat dan waktu untuk bekerja, dibutuhkan taktik baru dalam mengelola identitas dan akses karyawan.

Untuk memitigasi akses tidak sah, pengguna harus menggunakan pendekatan "selalu verifikasi, jangan langsung percaya," tetapi bukan berarti pengguna perlu melibatkan solusi yang berbeda untuk melakukannya.

Pendekatan zero trust ini dapat dilakukan langsung pada Zoom Meetings melalui "Okta Authentication for E2EE," cara baru untuk mengautentikasi identitas partisipan dalam rapat yang telah dienkripsi secara end-to-end (E2EE), yang sudah tersedia pada akun Zoom berbayar.

Okta sendiri merupakan platform Manajemen Identitas dan Akses terkemuka yang membantu pengguna dalam memanfaatkan teknologi apa pun dengan aman, didukung oleh identitas pengguna itu sendiri. "Okta Authentication for E2EE" adalah fitur baru yang memanfaatkan Okta untuk mengautentikasi identitas partisipan rapat melalui email dalam rapat E2EE. Setelah partisipan rapat terautentikasi, simbol perisai biru akan muncul di sebelah nama mereka dalam daftar partisipan rapat.

Nantinya, semua orang dalam rapat dapat mengarahkan kursor mereka ke simbol tersebut untuk melihat halaman pop-up yang menampilkan informasi terautentikasi tentang partisipan tersebut, termasuk domain perusahaan dan alamat email yang sudah diverifikasi oleh Okta. Informasi ini dapat digunakan oleh host rapat untuk mengonfirmasi kesesuaian informasi partisipan tersebut dengan orang yang diharapkan hadir dalam rapat.

Okta telah menjadi komponen inti untuk pendekatan zero trust masa kini. Dengan mengintegrasikan teknologi Okta ke dalam rapat E2EE, Zoom berupaya untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra pada komunikasi virtual dengan tetap mempertahankan pengalaman Zoom yang lancar dan konsisten.

Okta Authentication for E2EE dapat diaktifkan oleh admin akun di tab "Security" pada portal web Zoom. Admin juga perlu mengunduh aplikasi "ZoomE2E" dari Okta dan mengaktifkan simbol fitur yang bernama, "Okta Authentication for Zoom E2E Encryption."

Setelah admin mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan opsi berbagi identitas mereka dalam rapat E2EE dari bagian pengaturan. Tergantung pada pengaturan partisipan rapat masing-masing, identitas partisipan dapat terautentikasi secara otomatis atau dialihkan ke halaman web Okta untuk menyelesaikan autentikasi dengan two-factor authentication.

Selanjutnya, partisipan lain dalam rapat dapat melihat simbol perisai biru atau jendela pop-up untuk memastikan bahwa mereka berkomunikasi dengan orang yang tepat. Para pengguna pun dapat berkolaborasi dan berkomunikasi dengan percaya diri.

Dengan membangun fitur strategis bersama Okta, Zoom berharap dapat membantu pengguna mengurangi toggle tax - waktu dan biaya yang terbuang karena berpindah-pindah aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Teknologi identitas Okta yang kuat dan tersedia dalam ruang rapat memudahkan pengguna untuk fokus melakukan komunikasi yang bermakna tanpa mengabaikan keamanan yang efektif. Dengan demikian, pengguna dapat bekerja kapan pun dan di mana pun yang mereka inginkan, sembari tetap menjaga keamanan informasi mereka. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year