telkomsel halo

Cara optimalkan WhatsApp selama Ramadan

07:49:32 | 18 Mar 2023
Cara optimalkan WhatsApp selama Ramadan
JAKARTA (IndoTelko) - Bulan suci Ramadan adalah momen yang tepat untuk merefleksikan diri dan memaknai kebersamaan.

Di bulan penuh berkah ini, kita banyak menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan sahabat, merencanakan pertemuan sosial, dan menyelenggarakan acara amal. Kini, kita dapat menggunakan WhatsApp untuk dapat merencanakan dan mengatur seluruh acara tersebut dengan mudah.

Berikut adalah beberapa tips dan ide tentang cara menggunakan WhatsApp secara efektif untuk menciptakan kenangan baru bersama orang-orang terkasih Anda selama bulan Ramadan.

Rencanakan buka puasa bersama virtual
Buka puasa sering dilakukan bersama keluarga dan teman, tetapi bagaimana jika Anda memiliki anggota keluarga yang tinggal di luar kota, atau orang tua yang sudah lanjut usia sehingga tidak dapat bertemu secara langsung? Gunakan panggilan video grup WhatsApp yang dapat melibatkan 32 peserta sehingga Anda tetap dapat melakukan buka puasa bersama secara virtual. Anda juga dapat memanfaatkan fitur tautan panggilan untuk menjadwalkan kapan acara berlangsung, sehingga semua orang tahu kapan dapat bergabung dan Anda tidak perlu menambahkan orang secara satu per satu.

Berbagi ide makanan yang menginspirasi
Sahur dan berbuka puasa adalah dua waktu makan terpenting selama bulan Ramadan. Namun, merencanakan menu makanan sebulan penuh terkadang bisa menjadi tugas yang melelahkan. Dengan membuat Grup WhatsApp khusus bagi para koki rumahan dan pencinta kuliner, Anda dapat dengan mudah berbagi ide memasak dan mendapatkan inspirasi. Anda juga bisa mengunggah foto-foto makanan Anda ke Status untuk berbagi cerita kuliner selama bulan Ramadan.

Beramal kepada yang membutuhkan
Beramal dan menyantuni mereka yang kurang mampu adalah kegiatan yang identik dengan bulan suci Ramadan. Atur pengingat untuk menunaikan Zakat dengan mengirimkan pesan kepada diri Anda sendiri dan sematkan obrolan agar Anda tidak lupa. Namun, beramal tidak hanya berhenti pada Zakat. Anda juga dapat mengajak masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan sosial melalui fitur Komunitas di WhatsApp.

Ekspresikan diri dengan kartu ucapan Ramadan Anda
Selama bulan Ramadan, Anda dapat mengirimkan pesan yang tulus untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga dan sahabat. Ekspresikan keunikan kepribadian Anda menggunakan avatar atau rekam ucapan Anda menggunakan fitur pesan suara. Ketika Anda menerima pesan, Reaksi dapat menjadi cara yang mudah dan menyenangkan untuk menunjukkan perasaan Anda.

Kunjungi bazar Ramadan yang mengasyikkan
Selama bulan Ramadan, mengunjungi bazar yang dipenuhi dengan makanan yang meriah adalah suatu keharusan. Dengan begitu banyaknya bazar, fitur Polling di WhatsApp dapat membantu Anda dan orang-orang yang Anda cintai memutuskan bazar mana yang akan dikunjungi. Jika Anda kehilangan satu sama lain di tengah keramaian, aktifkan fitur lokasi terkini agar Anda dapat segera berkumpul kembali dengan rombongan Anda.

Lindungi diri Anda dari penipu
Para penipu dapat dengan mudah merusak suasana bulan Ramadan dengan promosi dan penawaran pesta palsu. Jika Anda menemukan pesan yang mencurigakan, Anda dapat dengan mudah melaporkan dan memblokir pesan yang tidak diinginkan di WhatsApp. Meskipun WhatsApp melindungi semua percakapan Anda dengan enkripsi end-to-end, mengaktifkan verifikasi dua langkah dapat membuat akun Anda lebih terlindungi. Saat Anda berkomunikasi dengan para sahabat dan anggota keluarga di bulan ini, beritahukan hal ini kepada mereka agar Anda dapat saling menjaga keamanan satu sama lain.

Luangkan waktu untuk merefleksikan diri
Selain meningkatkan interaksi sosial dan bertemu dengan teman dan keluarga, Ramadan juga memberikan kesempatan bagi kita untuk merefleksikan diri. Jika Anda membutuhkan waktu tenang, Anda selalu dapat membisukan obrolan grup selama 8 jam, seminggu, atau, jika perlu, sampai Anda siap untuk bergabung kembali.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year