Brankas fasilitasi pembukaan rekening bank secara instan

17:31:58 | 13 Mar 2023
Brankas fasilitasi pembukaan rekening bank secara instan
JAKARTA (IndoTelko) - Pemain open finance Brankas meluncurkan fitur baru yang memfasilitasi pembukaan rekening bank secara instan sebagai pengalaman "embedded finance" pada aplikasi pihak ketiga.

API ini menjadi inovasi pertama di tingkat regional, dan pertama kali diluncurkan di Indonesia serta Filipina. Tersedia dalam paket layanan bersama solusi data dan pembayaran Brankas yang memimpin pasar, setiap gerai atau aplikasi konsumen dapat menghadirkan pengalaman tekfin bagi pengguna.

Dengan memakai Account Opening API terbaru sebagai bagian dari rangkaian lengkap API perbankan Brankas, berbagai perusahaan yang menawarkan layanan pengelolaan keuangan, dompet elektronik, brokerage, dan lain-lain kini dapat menawarkan rekening tabungan dengan suku bunga yang diregulasi sebagai fitur embedded. Platform ketenagakerjaan, ecommerce marketplace, dan penyalur pinjaman juga dapat menyediakan rekening tabungan untuk membayar tagihan dan mentransfer dana. Solusi terbaru Brankas ini membantu usaha kecil memperoleh pendapatan baru dengan memfasilitasi pelanggan untuk membuat rekening meski berada di wilayah pelosok di wilayah pelosok.

Brankas bermitra dengan bank dan gerai untuk menawarkan bonus menarik setelah pengguna baru mendaftarkan diri. Sementara, konsumen dan pelanggan perusahaan memperoleh pengalaman yang cepat dan nyaman ketika mendaftarkan diri. Sebagian besar perusahaan akan dapat mencoba API, bahkan mengaktifkan layanan ini dalam waktu kurang dari satu bulan.

Di Indonesia, lebih dari 50% penduduk tergolong unbanked, yakni kalangan yang belum menggunakan layanan bank atau lembaga keuangan serupa. Maka, mereka tidak dapat mengakses layanan keuangan dasar, termasuk pinjaman, kartu kredit, dan rekening tabungan.

"Sebagai penyedia jasa keuangan dengan izin resmi dari Bank Indonesia (BI), Brankas menyadari potensi besar untuk memfasilitasi penduduk yang belum dan kurang terjangkau jasa keuangan resmi di Indonesia agar mereka dapat mengakses layanan keuangan modern. Model Banking-as-a-Service ikut mendukung jasa keuangan sehari-hari yang relevan dengan komunitas di beragam sektor termasuk perikanan, pertanian, pengemudi, akuntansi, dan HRMS. Kami gembira, Account Opening API terbaru Brankas kini dimanfaatkan untuk menyediakan akses pinjaman, investasi, dan berbagai jenis metode pembayaran bagi konsumen dan UKM," ujar Country Manager, Brankas Indonesia Husni Fuad.

Saat ini, Account Opening API Brankas mendukung pembukaan rekening di OCBC NISP, Danamon, dan BNC di Indonesia. Brankas juga menawarkan layanan pembukaan rekening nasabah perorangan dan perusahaan di Filipina yang didukung Netbank. Dengan jaringan luas di Asia Pasifik, Brankas terintegrasi dengan lebih dari 100 mitra perusahaan guna meningkatkan inklusi finansial. Brankas baru saja bekerja sama dengan Arab Financial Services untuk memperkuat infrastruktur keuangan terbuka (open finance) di Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Kami terus memperluas portofolio produk embedded finance demi mendukung pelanggan kami di Asia Pasifik. Account Opening API ini menyediakan integrasi tunggal pada berbagai bank. Dengan demikian, penduduk unbanked memperoleh akses jasa keuangan, dan infrastruktur esensial tersedia bagi solusi tekfin generasi baru. Open Finance berpotensi menjadi katalis inklusi finansial. Di sisi lain, Open Finance membutuhkan kolaborasi erat dengan bank yang visioner, pakar teknologi API, serta pelanggan perusahaan untuk merekrut pemilik rekening baru. Kami bangga atas dampak positif dan akses yang diciptakan Brankas bersama mitra-mitranya. Saya berharap, Account Opening API ini akan mendorong semakin banyak pelaku industri untuk mencari cara-cara baru dalam melayani penduduk yang belum dan kurang terjangkau layanan keuangan resmi,” kata CEO dan Salah Satu Pendiri Brankas Todd Schweitzer.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories