telkomsel halo

ChatGPT dan potensi ekonomi AI di Indonesia

08:32:44 | 27 Feb 2023
ChatGPT dan potensi ekonomi AI di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) ChatGPT (Generative Pre-Trained Transformer) belakangan ramai diperbincangkan di linimasa karena kemampuannya untuk membantu menghasilkan ide konten, esai, bahkan menyelesaikan pertanyaan matematika. Hal ini menjadikan ChatGPT digadang lebih canggih daripada Bard chatbot besutan Google.

ChatGPT sendiri dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan asal Amerika Serikat yang fokus mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Chatbot ini dibuat berdasarkan GPT-3.5, sebuah model bahasa alami yang menggunakan proses pembelajaran Deep Learning.

Industri teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT diperkirakan akan berperan penting dalam kemajuan di sektor ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran berbagai perusahaan teknologi yang membuka peluang pekerjaan dan bisnis baru. Bahkan, menurut Kominfo, teknologi kecerdasan buatan diprediksi akan menambah Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hingga US$386 miliar atau sekitar Rp5,5 triliun di tahun 2030 mendatang.

Pemanfaatan AI dapat kita cermati pada perkembangan layanan daring pada sektor transportasi, perbankan, belanja, dan keuangan berbasis digital serta digitalisasi dalam penyediaan materi pendidikan dan pelatihan.

Pada sektor ekonomi, perbankan, dan keuangan, AI berperan dalam pertumbuhan cashless society, business start-up, dan transaksi online, serta transformasi toko fisik menjadi pemain e-commerce karena masifnya transaksi online dengan memanfaatkan digitalisasi.

AI sebagai salah satu teknologi yang menjadi kunci utama perubahan besar di masa depan di sisi lain memiliki beberapa risiko. Yang paling dikhawatirkan oleh banyak kalangan adalah meningkatnya tingkat pengangguran akibat lapangan pekerjaan yang diisi oleh otomatisasi dan AI.

Lebih spesifiknya, dampak negatif yang dapat terjadi adalah bahwa AI dapat disalahgunakan yaitu untuk melakukan tindakan kriminal seperti peretasan dan pencurian data pribadi dimana hal tersebut tentu saja mengancam keamanan digital. Bahkan penggunaan AI dapat digunakan untuk membahayakan keselamatan dunia, misalnya pengembangan otomatisasi senjata atau senjata berbasis AI dalam rangka invasi militer.

“Indonesia memiliki potensi besar untuk menggunakan dan lebih pentingnya melakukan inovasi berbasis AI. Berbagai industri yang dapat menggunakan dan memanfaatkan AI secara lebih masif yaitu telekomunikasi, manufaktur, transportasi, logistik, serta edukasi. Terlebih lagi di sektor jasa keuangan dan perbankan dimana mereka sudah mengadopsi penggunaan otomatisasi di lima tahun terakhir,” kata IT Advisory Director Grant Thornton Indonesia Goutama Bachtiar.

Menurutnya, kecerdasan buatan merupakan salah satu game changer sehingga harus dipastikan dapat berkembang di berbagai lapisan masyarakat.

“Dengan masifnya pengembangan AI kita berharap dapat mengakselerasi transformasi ekonomi Indonesia, berkontribusi positif dalam mempercepat pemerataan pembangunan serta menggerakkan ekonomi di sektor riil maupun ekonomi kreatif. Kita tentunya juga berharap atas kesungguhan upaya pemerintah dalam mengembangkan kecerdasan buatan dengan menjadikannya sebagai salah satu agenda dalam program transformasi digital sebagai salah satu akselerator pemulihan ekonomi nasional, seperti akan halnya e-commerce. Konkritnya, AI diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan kualitas layanan publik, mempermudah dan memperluas aksesibilitas publik terhadap layanan digital, menambah lapangan kerja dan juga bisnis baru,” tutupnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year