telkomsel halo

Di MWC 2023, MediaTek paker kemajuan teknologi 5G

06:06:00 | 25 Feb 2023
Di MWC 2023, MediaTek paker kemajuan teknologi 5G
JAKARTA (IndoTelko) - MediaTek akan menampilkan teknologi dan produk unggulan seperti Dimensity, Filogic, Genio, Kompannio, dan Pentonic, termasuk sejumlah terbaru teknologi 5G di luar seluler dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2023.

Di ajang tahunan ini, MediaTek juga akan mendemonstrasikan platform komunikasi satelit dan perangkat bertenaga MediaTek dari beberapa merek terbesar di dunia.

President of MediaTek Joe Chen mengatakan, portofolio teknologi MediaTek yang beraneka ragam menegaskan bagaimana perusahaannya berada di posisi yang baik untuk menjawab tren terbaru, seperti menghadirkan konektivitas 5G dan satelit ke beragam perangkat, serta menyediakan kemajuan dalam teknologi terkini. "Kami juga akan memiliki sejumlah perangkat terbaru yang ditenagai MediaTek untuk menunjukkan bagaimana kami menghadirkan pengalaman luar biasa di setiap kategori produk," katanya.

Solusi 5G Non-Terrestrial Network (NTN) berbasis standar 3GPP dari MediaTek menyediakan komunikasi satelit dua arah ke ponsel cerdas dan perangkat lain. Di MWC ini, pengunjung bisa melihat sejumlah perangkat terbaru bertenaga NTN MediaTek. MediaTek juga akan menampilkan teknologi New Radio NTN (NR-NTN) generasi terbaru perusahaan untuk kali pertama.

MediaTek juga berfokus menyediakan konektivitas 5G tercepat dan terandal kepada konsumen. Salah satu contoh yang akan ditampilkan oleh perusahaan adalah teknologi Access Traffic Steering, Switching, and Splitting (ATSSS) canggih. MediaTek dan Deutsche Telekom baru-baru ini mengenalkan bukti konsep (PoC) pertama di dunia untuk standar ATSSS 3GPP Release 16 (R16) yang menggunakan cipset unggulan MediaTek Dimensity 9200. Penampilan ini memusatkan pada konektivitas multi akses untuk menjamin pengalaman pelanggan yang mulus dan lebih baik.

Sebagai penggunaan pertama (use case) yang diterapkan di lab, fungsi ATSSS adalah menjamin kualitas panggilan suara dan video dalam kondisi stabil dalam peralihan seluler 5G ke Wi-Fi atau sebaliknya, juga memastikan pengguna untuk menerima koneksi terbaik tanpa gangguan. Solusi ini juga bisa berjalan dalam jaringan akses seluler yang tersedia juga titik akses Wi-Fi sehingga memudahkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan kinerja jaringan yang hemat biaya.

Selain itu, MediaTek juga akan menampilkan hasil kerja sama dengan Ericsson yaitu teknologi 5G mmWave beam yang berfungsi meningkatkan kinerja dan keandalan koneksi. MediaTek akan menghadirkan 5G UltraSave for mmWave dengan Keysight 5G Network Emulation Solutions—teknologi ini menggambarkan bagaimana desain perangkat keras dan perangkat lunak untuk memperpanjang masa pakai baterai selama transmisi data berkecepatan tinggi untuk berbagai perangkat 5G.

Dengan memberi daya ke beragam perangkat andalan dari ponsel cerdas hingga perangkat pasar massal, seri cipset Dimensity MediaTek memberikan kolaborasi antara konektivitas, multimedia, AI, dan inovasi gambar yang tak tertandingi.

Pengunjung juga akan melihat bagaimana cipset Dimensity 9200 membawa ponsel cerdas premium ke level lebih tinggi. Demo yang disajikan, antara lain dukungan pelacakan perangkat keras MediaTek yang menghadirkan visual menakjubkan untuk gaming, Intelligent Display Sync 3.0 yang mengatur kecepatan refresh secara real-time, dan Intelligent Image Semantic Segmentation yang mengoptimalkan kualitas foto dengan segmentasi banyak orang dan manajemen warna banyak lapisan. Juga akan ditampilkan perangkat premium terakhir yang ditenagai Dimensity 9200, yaitu ponsel cerdas vivo X90 and X90 Pro.

MediaTek akan memamerkan perangkat di setiap kategori di MWC, seperti OPPO Find N2 Flip dn Tecno PHANTOM V Fold, keduanya ditenagai MediaTek Dimensity 9000+, lalu OnePlus Pad dan Lenovo Tab Extreme, yang keduanya ditenagai cipset premium MediaTek Dimensity 9000.

Ajang ini jadi debut pertama bagi keluarga Dimensity 7000 MediaTek dengan menampilkan seri terbaru Dimensity 7200. Cipset ini menghadirkan AI mutakhir yang keren, mendukung gaming yang uat, kecepatan 5G mengesankan, dan mendukung masa pakai baterai yang lebih lama.

MediaTek juga akan merilis tambahan terbaru untuk seri ponsel cerdas Helio, yaitu Helio G36, yang didesain sebagai perangkat gaming untuk pasar yang lebih luas. Helio G36 menyediakan ponsel cerdas terjangkau dengan kecepatan puncak 2.2GHz dari CPU octa-core Arm Cortex-A53. Ponsel cerdas ini juga mendukung tampilan cepat 90Hz untuk pengalaman bermain game lebih baik, serta mendukung kamera 50MP yang disertai teknologi AI sebagai penyempurnaan gambar.

Cipset MediaTek Filogic juga dihadirkan yang selama ini telah dikenal memberikan pengalaman terkoneksi yang andal dan selalu aktif untuk gateway perumahan, mesh router (router skala luas), smartTV, perangkat streaming, ponsel cerdas, tablet, laptop dan lainnya. Perusahaan juga akan menunjukkan ekosistem lengkap dari perangkat yang ditenagai oleh teknologi Filogic Wi-Fi 7/6E/6 MediaTek—selama ini diakui keandalannya di industri. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year