telkomsel halo

OMRON siapkan solusi percepat transformasi digital di manufaktur

07:06:14 | 22 Feb 2023
OMRON siapkan solusi percepat transformasi digital di manufaktur
JAKARTA (IndoTelko) - OMRON Corporation mengumumkan pengembangan i-DMP (i-BELT Data Management Platform), yang disematkan pada layanan penggunaan data di area manufacturing i-BELT.

Layanan berbasis data ini merampingkan manajemen yang terintegrasi dari beragam data, yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk meningkatkan produktivitas di semua area fasilitas manufaktur, sehingga membantu pelanggan dalam mengatasi masalah mereka secara efektif dan efisien.

Dalam beberapa tahun terakhir, jaringan berkecepatan tinggi dan teknologi informasi canggih lainnya telah diperkenalkan ke industri manufaktur, sehingga memungkinkan untuk menyimpan dan menganalisis berbagai data lapangan. Hal ini pada gilirannya telah meningkatkan perhatian yang lebih besar terhadap kegiatan-kegiatan di area kerja yang menggunakan data tersebut untuk membuat perbedaan positif dalam produktivitas dan kualitas produk.

Melihat lebih dekat pada realitas di lokasi kerja, bagaimanapun, tidaklah sedikit contoh di mana usaha-usaha sudah dibuat untuk mendapatkan keuntungan dari berbagai software dan peralatan yang mendukung penggunaan data tanpa hasil yang nyata. Hal ini juga dapat dilihat dalam ambisi untuk mencapai netralitas karbon, yang adalah salah satu kebutuhan utama bagi bisnis manufaktur.

"Kita telah memvisualisasikan data energi, tetapi kita tidak tahu harus mulai dari mana untuk mencari solusi. Kita juga kesulitan untuk menghubungkan software pengumpul data dan peralatan-peralatan ke sistem yang ada. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, OMRON mulai menawarkan i-BELT yang pelayanannya menggunakan data di lokasipada tahun 2017. Dan sekarang, layanan inovatif ini telah diperbarui untuk lebih fokus pada masalah-masalah yang unik di setiap pabrik,” kata Presiden dan CEO OMRON Yoshihito Yamada.

i-DMP, demikian sebutannya, memberikan pabrik-pabrik akses yang lebih cepat terhadap layanan i-BELT dan memungkinkan mereka untuk secara terus-menerus mengembangkan solusi-solusi terhadap masalah-masalah mereka. Dengan i-DMP, misalnya, mereka dapat mengintegrasikan data energi dan data produktivitas dan menghasilkan indikator produktivitas energi, yang dapat digunakan untuk mendorong kegiatan-kegiatan untuk mencapai netralitas karbon.

Setelah diperkenalkan ke beberapa pabrik OMRON, i-DMP telah menunjukkan manfaatnya. Di OMRON Kyoto Taiyo Co., Ltd., OMRON melayani kebutuhan spesifik dari sebuah pabrik yang baik yang mempekerjakan penyandang disabilitas. Menanggapi fokus yang berkembang pada keragaman dalam manajemen perusahaan, pabrik menggunakan sistem yang secara terus menerus mengumpulkan data tentang tenaga kerja manual, serta data peralatan, yang dapat digunakan untuk memantau status setiap pekerja secara real time.

Hasilnya, produktivitas berhasil ditingkatkan sebesar 11%. Manfaat lain dari i-DMP adalah waktu yang diperlukan untuk membangun sistem yaitu seperdelapan*3 dari aplikasi sebelumnya. Saat ini, i-DMP ditawarkan sebagai add-on untuk layanan i-BELT, tetapi kedepannya OMRON juga berencana untuk menyediakan i-DMP untuk mitra bisnis OMRON di bawah perjanjian lisensi.
[Fitur Platform Manajemen Data i-BELT (i-DMP).(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year