Earth Venture Capital suntik modal ke Ampotech

14:46:00 | 13 Feb 2023
Earth Venture Capital suntik modal ke Ampotech
SINGAPURA (IndoTelko) - Ampotech berhasil meraih pendanaan Pra-Seri A senilai S$1.775.000 untuk meningkatkan ekspansi internasional.

Babak pendanaan ini dipimpin Earth Venture Capital (Earth VC), modal ventura berskala global yang bergerak di sektor teknologi iklim (climate tech) dan menyasar wilayah Asia Tenggara.

KSL Maritime Ventures, modal ventura milik The Kuok Maritime Group, turut berpartisipasi dalam pendanaan ini bersama investor Ampotech sebelumnya, yaitu Silicon Solution Ventures dan SEEDS Capital.

"Kami mencari investor strategis yang meminati bidang energi dan aspek keberlanjutan. Maka, Earth Venture Capital dan KSL Maritime Ventures merupakan dua mitra ideal," ujar CEO, Ampotech, dan salah satu pendirinya, William Temple.

"Hari ini, kami bangga mendukung Ampotech. Tim Ampotech yang intelektual, dinamis, dan berdedikasi memiliki aspirasi yang sama dengan kami, yakni mewujudkan gedung yang lebih pintar, berkelanjutan, dan berdampak positif bagi Bumi. Gedung memang membuat kehidupan kita menjadi lebih baik. Namun, gedung juga menghabiskan banyak energi sehingga mengancam iklim. Demi mengatasinya, kita mendukung Ampotech secara global sebagai salah satu pejuang iklim pertama yang gigih dan energik," kata Founding Partner, Earth VC Tien Nguyen.

Sebagai unit spin-off dari lembaga riset A*STAR dan University of Illinois, Ampotech sempat meraih pendanaan awal (seed funding) senilai S$1.000.000 pada 2019. Pendanaan ini dipakai Ampotech untuk memasarkan solusi manajemen energi gedung yang didukung kecerdasan buatan dan internet of things di Singapura dan India.

Klien-klien Ampotech kini mencakup perusahaan energi terkemuka, seperti Sunseap. Pada September lalu, Ampotech sukses memenangkan "2022 ASEAN Energy Award" atas teknologi audit dan manajemen energi yang didukung AI. Teknologi ini diterapkan Ampotech lewat kerja sama dengan Keppel District Heating and Cooling Systems.

Setelah pendanaan Pra-Seri A ini, Ampotech berencana mendirikan kantor internasional pertama dalam beberapa bulan ke depan. Lebih lagi, Ampotech akan memperluas jangkauan solusinya hingga merambah vertikal industri baru di luar real estat komersial.

"Dengan dukungan dan sumber daya dari Earth VC dan KSL Maritime Ventures, kami gembira merintis ekspansi ke Vietnam, serta menangkap peluang usaha di bidang manajemen energi dan aspek keberlanjutan dalam bisnis real estat dan maritim The Kuok Group," ujar William Temple.

Director, KSL Maritime Ventures Bernard Liew mengungkapkan KMV menginkubasi dan menanamkan investasi pada usaha rintisan yang bertumbuh pesat, serta menawarkan solusi bermanfaat dan inovatif. "Kami terkesan atas visi, kemampuan, dan rekam jejak Ampotech. Maka, kami ingin menyaksikan Ampotech menghadirkan dampak positif dalam optimalisasi manajemen energi di industri maritim," katanya.

Ampotech akan menggalang pendanaan Seri A pada 2023 dan tengah melakukan pembahasan tahap awal dengan investor potensial.

Ampotech adalah perusahaan teknologi energi yang berbasis di Singapura. Ampotech mengembangkan perangkat keras internet of things (IoT) dan perangkat lunak yang didukung kecerdasan buatan (AI).

Solusi buatan Ampotech ini membantu perusahaan mengumpulkan, menganalisis, serta mengintegrasikan data penggunaan listrik di gedung dan mesin untuk pelaporan tentang aspek keberlanjutan (sustainability reporting), penyusunan standar (benchmarking), otomasi, dan manajemen fasilitas.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories