telkomsel halo

AI di Indonesia, penggunaan dan potensinya

05:17:00 | 12 Feb 2023
AI di Indonesia, penggunaan dan potensinya
JAKARTA (IndoTelko) - Kemunculan tools berbasis Artificial Intelligence (AI) yakni Chat Generative Pre-trained Transformer (ChatGPT) membuat pembicaraan terkait AI makin ramai dan menjadi sorotan di Tanah Air.

ChatGPT sendiri adalah artificial intelligence berbasis teks yang dirilis oleh OpenAI pada November 2022.

Dijelaskan OpenAI, ChatGPT berinteraksi seperti percakapan biasa. Format dialog yang digunakan mengizinkan ChatGPT menjawab pertanyaan, mengakui kesalahan dan meminta maaf, membenarkan ide yang dianggap tidak tepat, dan menolak permintaan yang tidak pantas.

Data dari Forbes, ChatGPT dapat digunakan untuk membantu menciptakan konten marketing bagi bisnis dan sebagai automated customer serviceyang lebih interaktif serta dapat memberikan jawaban lebih baik dari chatbot biasa.

Contohnya, Niagahoster sudah mencoba menuliskan pesan di ChatGPT untuk membuat kerangka website sesuai kebutuhan dan menanyakan mengenai tema yang cocok dengan website yang tengah dikembangkan. ChatGPT pun bisa memberikan jawaban panjang yang meskipun cukup sederhana namun bisa memudahkan untuk membuat website.

Penggunaan AI di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1980-an. Namun memang terbatas untuk penggunaan tertentu, seperti perusahaan minyak dan gas, serta penerbangan dan logistik. Pasalnya, teknologi pada zaman tersebut masih amat mahal harganya.

Hasil riset EDBI dan Kearney, kecerdasan buatan diprediksi akan terus berkembang di Asia Tenggara dan meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar USD 366 miliar pada tahun 2030. Indonesia juga disebutkan memiliki publikasi ilmiah terkait AI yang terhitung cukup banyak dan merupakan salah satu yang terbanyak di Asia Tenggara.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengatakan, munculnya teknologi seperti mobil tanpa pengemudi, bantuan robot canggih, dan teknologi berbasis AI saat ini, menunjukkan teknologi sudah semakin menguasai kehidupan.

"Kreativitas dari para pelaku usaha Indonesia dalam mengadopsi perkembangan teknologi saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan zaman dan harapannya masyarakat dunia dapat mengetahui berbagai perkembangan teknologi yang telah diadopsi oleh pelaku usaha Indonesia, sehingga dapat membuka peluang kerjasama di masa depan," kata Johnny.

AI sendiri adalah bidang ilmu teknologi yang pengembangannya membutuhkan sumber daya yang besar. Tidak hanya dari segi biaya, namun juga tenaga ahli manusia, dan tingkat kerumitan teknologi di baliknya.

Dari survey dan riset EDBI dan Kearney, ditemukan bahwa tantangan terbesar bagi Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara untuk mengembangkan teknologi AI adalah kurangnya tenaga ahli manusia yang bisa menguasai teknologi AI, serta kalaupun ada, sulit bagi mereka untuk berminat bekerja di negara sendiri.

Kecemasan terkait pengembangan AI juga muncul seiring dengan semakin berkembangnya teknologi tersebut. Hal ini karena artificial intelligence terbukti dapat meniru cara berpikir manusia dan mengerjakan banyak pekerjaan manusia. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam pro kontra mengenai kecerdasan buatan.

Data di blog Niagahoster, meski kecerdasan buatan sudah semakin marak digunakan, namun teknologi AI tidak akan sepenuhnya bisa menggantikan peran seseorang dalam kehidupan sehari-hari. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year