Potensi besar padukan medsos dan channel digital marketing

04:34:00 | 29 Jan 2023
Potensi besar padukan medsos dan channel digital marketing
JAKARTA (IndoTelko) - Memadukan media sosial dengan channel digital marketing, membuka sebuah peluang untuk pemasaran produk.

Berdasarkan data ya g tercatat tahun lalu, total pengguna media sosial mencapai angka 191,4 juta.

Menurut Performance Marketing Specialist Niagahoster Rosmita Dwijayanti, memasarkan produk atau brand di media sosial akan memberikan keuntungan pada pebisnis. “Pemasaran melalui media sosial membantu brand untuk lebih cepat dikenali dan meningkatkan penjualan,” katanya.

Berdasarkan report We Are Social tahun 2022, lebih dari 50 persen pengguna internet Indonesia menemukan brand baru melalui mesin pencarian dan iklan di media sosial. Tak ayal, mereka kemudian akan melanjutkan mencari tahu mengenai brand yang baru mereka temukan tersebut ke akun media sosial.

Saat ini, 54 persen UMKM memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi, terutama bagi yang baru memulai bisnis karena media sosial terlihat sangat ideal dan mudah dioperasikan.

Meskipun media sosial terbilang cukup ramah bagi semua pengguna internet, terutama bagi pebisnis baru, namun pebisnis harus memahami proses social media marketingdengan baik. Bukan tidak mungkin media sosial yang gratis dan mudah digunakan itu juga bisa menjadi boomerang bagi pebisnis.

Sumber di Niagahoster menjelaskan, media sosial memiliki keterbatasan dalam hal desain dan fungsi platform yang tidak bisa diubah, sehingga pengguna harus memaksimalkan konten yang sesuai dengan karakter bisnis untuk menjaring calon pelanggan.

Pun pengguna media sosial juga bebas memberikan komentar pada postingan apapun dan dapat mempengaruhi pengguna lain yang sedang mencari tahu mengenai brand atau bisnis tersebut. Pasalnya, masyarakat Indonesia juga cenderung mempercayai review orang lain terhadap suatu brand.

We Are Social dan Hootsuite melaporkan dalam Global Overview 2022 bahwa 77 persen masyarakat Indonesia sudah mengadopsi teknologi internet dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut pun menuntut pebisnis untuk semakin cepat beradaptasi karena masyarakat Indonesia yang semakin pintar dan melek teknologi.

Salah satu strategi pemasaran dengan berbagai platform sekaligus agau omnichanel adalah strategi yang paling tepat dilakukan di tahun ini.

Tak sebatas hanya mengandalkan media sosial, tapi juga memadukannya dengan website, email, dan toko fisik.

Omnichannel marketing memungkinkan frekuensi pembelian 250 persen lebih tinggi daripada hanya mengandalkan satu channel saja. Selain itu, calon pelanggan tidak akan ragu untuk langsung bertransaksi saat itu juga jika informasi mengenai bisnis atau produk yang mereka cari sudah lengkap di semua channel.

PPC Specialist Niagahoster Farizky Romadhony berpesan, manfaatkan semua platform digital dengan baik karena saat ini konsumen sudah semakin pintar untuk mencari suatu bisnis di semua platform. “Kita harus hadir di semua channel. Di website, Google, media sosial, hingga marketplace. Jangan sampai ada yang terbengkalai,” katanya. (ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories