Sinar Mas dukung pertumbuhan UKM lewat Digital Hub

07:38:00 | 17 Jan 2023
Sinar Mas dukung pertumbuhan UKM lewat Digital Hub
JAKARTA (IndoTelko) - Sinar Mas Land mendukung pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui acara LokaLokaL lewat Digital Hub. Acara ini diselenggarakan oleh SIRCLO, salah satu tenant Digital Hub yang bergerak di bidang solusi e-commerce.

Hari apresiasi LokaLokaL yang digelar di The Breeze Tangerang Selatan, Sabtu lalu (14/1) resmi menutup serangkaian program pemberdayaan UKM dari SIRCLO yang telah sukses dilaksanakan sepanjang tahun 2022, yaitu Panen Omset dan JaLan (Jago Jualan) bareng SIRCLO. LokaLokaL ini menjadi wadah promosi produk juara UKM Indonesia ke masyarakat melalui bazar offline.

Komisaris SIRCLO Group Triawan Munaf menjelaskan, kondisi ekonomi saat ini dapat dikatakan cukup menguntungkan bagi para pelaku UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi yang turut menopang PDB Indonesia dan memegang peran strategis dalam sektor produksi, penciptaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, inovasi hingga pertumbuhan ekonomi. "Saya melihat SIRCLO dapat mengambil bagian dalam pemberdayaan dan peningkatan daya saing UMKM yang direalisasikan melalui penyelenggaraan LokaLokaL. Dengan diadakannya acara ini, besar harapan saya bahwa para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan dan pelatihan secara langsung dari pakar di bidangnya serta meningkatkan performa bisnis dengan memanfaatkan berbagai layanan digital yang ditawarkan oleh SIRCLO,” katanya.

Sementara, CEO Digital Tech Ecosystem & Development - Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah SIRCLO untuk menyelenggarakan LokaLokaL. Menurutnya ini sejalan dengan upaya Sinar Mas untuk mendorong digitalisasi di berbagai sektor termasuk UKM sebagai bagian dari transformasi BSD City menjadi integrated digital smart city. "Hadirnya Sirclo melalui acara Lokalokal di sini menjadi bukti nyata bahwa kawasan Digital Hub juga sangat terbuka untuk segala kalangan, termasuk dalam mendukung pertumbuhan sektor UMKM Indonesia agar bisa bersaing di era digital,” ujarnya.

SIRCLO sendiri telah memperkaya ekosistem digital Sinar Mas Land sejak 2018 dimana perusahaan ini mulai dari berkantor di MyRepublic Plaza (GOP 6). SIRCLO kemudian merelokasi ke ruang kantor yang lebih besar yakni 2.000 m2 di Traveloka Campus (GOP 1) sejak 2021. SIRCLO pun sepakat untuk menjadi salah satu tenant pertama di gedung baru Digital Hub yang akan beroperasi mulai akhir tahun ini.

Sedangkan Digital Hub merupakan sebuah kawasan yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land sebagai pusat komunitas, pendidikan, perusahaan multinasional dan startup yang bergerak di bidang teknologi digital.

Juni tahun lalu, SIRCLO mengumumkan peluncuran program Panen Omset yang berkolaborasi dengan Smesco Indonesia. Panen Omset merupakan rangkaian program edukasi dan pendampingan digitalisasi yang ditujukan untuk pelaku UMKM dari berbagai sektor bisnis. Program ini telah diselenggarakan di 11 kota di Indonesia termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang dan Surabaya. Diikuti oleh lebih dari 600 peserta, program ini berhasil mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan skala usaha serta memperluas jangkauan pasar melalui kanal online.

Melalui program Panen Omset ini SIRCLO membantu lebih banyak UMKM go online, juga secara resmi memperkenalkan Cekatan (Check-Out Satu Halaman), sebuah fitur baru dari layanan pembuatan toko online SIRCLO Store yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online secara singkat hanya dalam 5 menit. Dengan adanya fitur ini, para pelaku UMKM, terutama yang baru menjajaki bisnis dan memiliki sedikit variasi produk, dapat menampilkan katalog produk secara instan tanpa membutuhkan kemampuan coding maupun keahlian mendesain website.

Sedangkan, Direktur Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengapresiasi kesuksesan program Panen Omset. “Kolaborasi perdana Smesco Indonesia dengan SIRCLO ini sukses menghasilkan pengembangan fitur teknologi yang instan, mudah, dan sederhana. Kami pun sangat mengapresiasi antusiasme dari teman-teman UMKM Smesco yang telah berpartisipasi dalam program ini. Kami harap kedepannya akan ada semakin banyak sarana bagi UMKM untuk naik kelas melalui program serta solusi teknologi terbaik dari SIRCLO yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnis dan omsetnya," katanya.

Tak hanya program Panen Omset, program JaLan (Jago Jualan) bareng SIRCLO juga menuai kesuksesan serupa. Program ini merupakan acara yang rutin diadakan oleh SIRCLO Store yang bertujuan untuk meningkatkan performa penjualan pelaku usaha serta menghadirkan transformasi digital dengan mudah dan simpel melalui ekosistem SIRCLO Store.

Program JaLan bareng SIRCLO diikuti lebih dari 200 pelaku UMKM yang mayoritas bergerak di bidang Food and Beverage (FnB). Melalui program ini, SIRCLO menginisiasi kolaborasi pertama yang mendukung AMD Indonesia, perusahaan prosesor ternama, melakukan penetrasi pasar ke pelaku UMKM. (sg)

Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories