telkomsel halo

TipTip luncurkan kompetisi komik, Komikin Di TipTip

08:15:00 | 13 Jan 2023
TipTip luncurkan kompetisi komik, Komikin Di TipTip
JAKARTA (IndoTelko) - Platform terpadu untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara TipTip, meluncurkan kampanye terbarunya bernama "Komikin di TipTip”, sebuah kompetisi komik digital pertama yang dilakukan di Tiptip.

Kompetisi yang berlangsung dari 6 Januari hingga 6 Februari 2023 ini hasil kerjasama Tip tip dengan Komunitas Komik Indonesia, Komikin, yang menyediakan hadiah total Rp 35.000.000,00. Tujuan kompetisi ini tidak hanya untuk memberikan wadah bagi para komikus di Indonesia memamerkan karyanya secara digital serta menuangkan ide-ide kreatif mereka di bidang komik tetapi juga membantu mereka untuk lebih mudah me-monetisasi hasil karyanya.

Chief Marketing Officer TipTip Paulina Purnomowati menyatakan, Komikin di TipTip - merupakan kompetisi komik digital pertama yang diadakan di TipTip. "Kami berharap kompetisi ini menjadi kesempatan agar para kreator komik di Indonesia makin semangat untuk selalu berkarya, TipTip pun tidak hanya menjadi media untuk berkompetisi tetapi juga menjadi tempat untuk mempublikasikan-nya serta menjual karyanya. Hal ini sejalan dengan visi misi kami yang berkomitmen untuk membangun creator economy ecosystem di Indonesia,” katanya.

Kompetisi ini diharapkan menjadi salah satu ruang berkarya dan monetisasi tidak hanya bagi para kreator komik kenamaan Indonesia, tetapi terbuka untuk mereka yang baru memulai di industri komik ini. Tidak hanya itu, para pecinta komik pun juga memiliki wadah untuk mendukung dan menikmati karya komik favorit mereka secara digital.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Komikin Aruga Perbawa mengatakan, “Kami melihat ini sebagai kesempatan memajukan komunitas dan ekosistem komik secara digital. Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan TipTip dan mewujudkan kompetisi komik ini. Saya berharap melalui kompetisi ini semua yang ter-korelasi dengan komik dapat berpartisipasi, tidak hanya mensukseskan kompetisi ini tapi juga mendorong memajukan industri komik agar menjadi lebih semarak lagi.”

Para juri dari kompetisi ini terdiri dari para komikus berpengalaman, yaitu kartunis ternama Indonesia, Mice Cartoon, Sheila Roswitha Putri, seorang komikus yang mengambil inspirasi dari kehidupan keluarganya sehari-hari untuk dijadikan tema komik-nya dan Aruga Perbawa - Ketua Umum Komikin.
Kompetisi ini terbuka bagi kreator komik atau siapa saja yang dapat membuat karya komik, dimana semua karya yang dikompetisikan adalah merupakan karya sendiri yang orisinil serta karya mereka ini juga belum pernah dijual dan dimonetisasi melalui platform digital manapun.

Paulina menambahkan, Tiptip melihat bahwa masih banyak talenta di luar sana yang dapat memproduksi konten berkualitas namun masih terbentur dengan berbagai kendala. "Dengan visi misi membangun ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia, melalui kompetisi ini kami juga ingin memotivasi sekaligus mengedukasi para konten kreator serta ekosistemnya di Indonesia bahwa karya digital itu tidak melulu hanya berupa video tetapi banyak hal yang dapat dikreasikan dan salah satunya adalah karya visual berupa komik ini. Dengan TipTip, kami ingin semua ekosistem kreator menjadi lebih giat dan produktif dalam hal berkarya dan monetisasi,” jelasnya.

Bagi para kreator komik yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini dapat langsung membuat akun di platform Tiptip. Kompetisi ini mengusung tiga tema menarik yang akan mendorong kreativitas para komikus Indonesia, yaitu : Kehidupan sehari-hari, Harapan serta Cinta. Salah satu syarat mengikuti kompetisi ini adalah, karya komik yang dikompetisikan harus merupakan karya komik yang pertama kali dipublikasikan dan pertama kali diperjualbelikan.

Saat ini para kreator sudah dapat mengikuti kompetisi ini dan bisa mendaftarkan serta menjual karya yang mereka kompetisikan di TipTip sampai dengan tanggal 6 Februari 2023. Semua peraturan kompetisi dapat dibaca secara detail di TipTip. Para komikus yang telah berpartisipasi dan mengikuti kompetisi “Komikin di TipTip” pun dapat mempromosikan karya mereka melalui akun sosial media mereka lainnya dan mendorong para supporters atau followers mereka untuk turut mendorong monetisasi karya yang mereka kompetisikan di TipTip. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik