NSV I tuntaskan tahap pertama penggalanngan dana

11:29:00 | 08 Jan 2023
NSV I tuntaskan tahap pertama penggalanngan dana
SINGAPURA (IndoTelko) — Northstar Group mengumumkan first close (tahap pertama penutupan penggalangan dana) dari Northstar Ventures I, L.P. (“NSV I”) dengan komitmen modal sebesar US$90 juta.

Target pendanaan NSV I ditetapkan sebesar US$150 juta, dan dengan animo signifikan baik dari investor existing maupun investor baru, perusahaan yakin NSV I akan mencapai second close (tahap kedua penutupan penggalangan dana) pada kuartal I 2023 dengan estimasi sebesar US$120 juta. Third close (tahap ketiga penutupan penggalangan dana), yang diyakini akan menjadi tahap terakhir pendanaan, akan dilakukan pada pertengahan 2023, dengan estimasi sebesar US$ 150 juta atau lebih.

NSV I akan berfokus untuk melakukan investasi pada perusahaan di tahap awal (early stage), terutama yang berkantor pusat atau sebagian besar operasionalnya dilakukan di (a) Indonesia dan (b) dengan tingkatan yang lebih rendah, negara-negara lain di Asia Tenggara. Fokus utama dari pendanaan akan dipusatkan pada: (1) consumer internet, (2) teknologi keuangan (fintech), dan (3) perangkat lunak untuk bisnis, dengan masing-masing sektor diyakini Northstar Group akan terus tumbuh pesat seiring proyeksi pertumbuhan jangka panjang di Asia Tenggara yang meyakinkan.

Portofolio investasi NSV I mencakup Makmurtech Pte. Ltd. (www.makmur.id), Bunker Technologies Pte. Ltd., Growth Technologies SEA Pte. Ltd. (“Flex”), Kendaraan Listrik Nusantara Holdings Pte. Ltd. (“Maka”), Wahyoo Holdings SG Pte. Ltd. (wahyoo.com), UTown Singapore Technology Pte. Ltd. (“Jagat”), dan 1BStories Pte. Ltd. (www.1bstories.com).

“Kesuksesan pendanaan dari modal ventura pertama kami ini kembali membuktikan kepercayaan besar terhadap kekuatan dan kapabilitas perusahaan. Kami siap mendukung lebih banyak lagi entrepreneur di Asia Tenggara untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka, baik melalui pendanaan maupun expertise kami,” kata co-founder dan managing partner Northstar Group Patrick Walujo.

NSV I didukung oleh investor-investor global yang beragam, termasuk sovereign wealth funds, investor institusi, family office, dan individu high net worth (HNWI). Dengan suksesnya first close dari NSV I, kini Northstar Group mengelola komitmen modal gabungan sebesar US$2,6 miliar.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories