telkomsel halo

Kaspersky siapkan daftar lima kebiasaan digital sehat

04:47:00 | 08 Jan 2023
Kaspersky siapkan daftar lima kebiasaan digital sehat
JAKARTA (IndoTelko) Tahun baru biasanya setiap individu senantiasa menyiapkan atau merencanakan goal nya di tahun tersebut. Sa;ah satunya menjadi waktu yang tepat untuk mulai menerapkan kebiasaan digital yang sehat. Kita masih punya waktu untuk berkomitmen pada diri sendiri dan mencoba mengikutinya selama setahun ke depan.

Berikut daftar kebiasaan digital sehat sederhana yang dapat memperkuat keamanan data pribadi Anda bahkan membuat hidup lebih nyaman di tahun mendatang ala Kaspersky
1.Tahun Baru, kata sandi baru
Mulailah Tahun Baru dengan merevisi kata sandi yang tepat. Sekarang saatnya untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun.

Jika Anda seperti banyak orang dan memiliki beberapa akun online, solusi pengelola kata sandi yang andal akan sangat membantu. Pengelola kata sandi modern memiliki fitur yang sangat menyederhanakan hidup dengan kata sandi. Opsi praktis adalah membuat kata sandi otomatis. Hasilnya, pengelola kata sandi akan membantu Anda menghasilkan kata sandi yang unik dan rumit untuk setiap akun - dan Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama.

2.Berlangganan notifikasi tentang kebocoran data akun
Selain kebocoran data kata sandi yang lemah, ada ancaman lain bagi akun pribadi dan perusahaan. Sayangnya, pelanggaran data cukup sering terjadi, dan sulit untuk melacak semuanya. Jika detail akun Anda bocor, penyerang dapat menggunakannya untuk mengambil alih akun. Namun di tahun baru ini, Anda dapat mengatasinya dengan berlangganan layanan yang memiliki kemampuan untuk memindai kebocoran data terkini dan apakah pelanggaran tersebut berisi data pribadi Anda. Pengelola kata sandi tingkat lanjut juga menyertakan fitur ini dan dengan cepat memberi tahu pengguna jika ada login atau kata sandi ditemukan dalam kebocoran data terbaru.

3.Butuh lebih banyak privasi, dapatkan VPN!
VPN sekarang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin tetap aman dan terlindungi privasinya saat online. Solusi VPN modern memenuhi semua kebutuhan pengguna. Sekarang berbagai manfaat VPN telah berkembang secara signifikan. Ini memungkinkan untuk berbelanja online dengan aman, menonton layanan streaming dari mana saja di dunia, atau mengakses konten lokal.

4.Transfer dokumen ke tempat yang aman
Perkembangan layanan digital saat ini berimbas pada pindaian dan versi elektronik dokumen sekarang digunakan sesering aslinya dalam bentuk kertas. Ini menimbulkan pertanyaan yang masuk akal - bagaimana cara menyimpan versi elektronik agar tetap aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah? Buatlah folder di komputer Anda atau mengunggahnya ke cloud yang dilindungi kata sandi - tetapi kedua opsi ini berpotensi tidak aman dan dapat mengakibatkan hilangnya data pribadi.

5.Pelajari lebih lanjut tentang hobi anak di Internet
Saat ini, anak-anak memiliki perangkat digital di tangan mereka sejak usia dini - sekitar lima tahun. Agar jalur anak ke dunia digital aman dan tetap menarik, penting untuk mengajarkan dan berbagi dengan mereka aturan keamanan online sejak masa kanak-kanak. Agar sesi berbagi lebih menyenangkan dan menarik, orang tua dapat menggunakan permainan dan format hiburan lainnya.

Lead Data Scientist di Kaspersky, Vladislav Tushkanov mengatakan, privasi dan keamanan bukanlah hasil, melainkan sebuah proses. Sama seperti Anda yang tidak bisa langsung menjadi orang bugar dengan hanya mengonsumsi makanan sehat dalam semalam, mengamankan akun dan jejak digital juga membutuhkan dedikasi. “Langkah kecil seperti membuat kata sandi unik untuk akun yang berbeda dan menggunakan solusi canggih seperti pengelola kata sandi dapat sangat meng-upgrade privasi Anda sekaligus membuat pekerjaan tersebut jauh lebih sederhana. Dan tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai kehidupan digital baru yang lebih aman daripada di Tahun Baru,” tambahnya,

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik