telkomsel halo

Bukti esports makin digemari, IESF 2022 layani 3000 pengunjung per hari

11:00:00 | 08 Dec 2022
Bukti esports makin digemari, IESF 2022 layani 3000 pengunjung per hari
Antusiasme menyaksikan kegiatan Indonesia Esports Summit
JAKARTA (IndoTelko) -- Memasuki hari keenam, minat masyarakat untuk menghadiri Indonesia Esports Summit 2022 makin meningkat. Kegiatan yang akan menjadi agenda tahunan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sebagai festival esports terbesar yang merangkul seluruh ekosistem esports tersebut menarik minat 3.000 hingga 4.000 pengunjung setiap harinya.

Masyarakat yang antusias mengunjungi Indonesia Esports Summit 2022 berasal dari berbagai kalangan. Tidak hanya menjadi kegiatan incaran para pegiat esports, Indonesia Esports Summit rupanya juga menjadi area study tour bagi siswa-siswi dari beberapa sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di Denpasar, Badung, dan sekitarnya. Didampingi oleh para guru, mereka datang untuk mempelajari esports yang sesungguhnya.

Bagus Juliawan, Guru SMK Wira Harapan Badung, pada kesempatan diskusi dengan awak media di salah satu topik Media Talk bertema pentingnya dukungan dunia pendidikan dalam mencetak talenta-talenta esports berkualitas, mengatakan bahwa Indonesia Esports Summit 2022 yang diselenggarakan PB ESI membantu dunia pendidikan untuk memahami lebih mendalam tentang esports.

“Indonesia Esports Summit 2022 membuka wawasan baru bagi kami, khususnya dalam memahami bahwa esports tidak hanya sekadar turnamen gim, namun esports adalah industri baru dengan potensi yang luar biasa di masa depan. Bidang yang serius dan memerlukan talenta-talenta cerdas dan berintegritas. Nilai-nilai esports selaras dengan nilai-nilai pendidikan. Selain dapat mengasah kecerdasan, dalam esports terdapat pelajaran terkait kedisiplinan, kepemimpinan, hingga karakter,” ujar Bagus Juliawan.

Selain menghadirkan diskusi bertema pendidikan, Indonesia Esports Summit juga mengangkat beragam topik menarik yang disampaikan melalui seri diskusi yang diselenggarakan selama Indonesia Esports Summit 2022 berlangsung. Topik-topik tersebut antara lain tentang pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender dan anti-diskriminasi, anti-doping dalam esports, serta pentingnya regulasi dan kepatuhan.

Selain serangkaian diskusi, kegiatan lain yang menjadi bagian dari Indonesia Esports Summit 2022 juga adalah kejuaraan dunia esports IESF ke-14. Kejuaraan bertajuk IESF 14th World Esports Championships yang diikuti oleh lebih dari 700 atlet dari 105 negara ini dapat terselenggara berkat dimasukkannya kegiatan tersebut ke dalam agenda Indonesia Esports Summit 2022. Diharapkan, pada penyelenggaraan Indonesia Esports Summit pada tahun-tahun berikutnya, terdapat turnamen-turnamen prestisius lainnya yang akan masuk ke dalam agenda utamanya.

“Animo masyarakat yang tinggi terhadap penyelenggaraan Indonesia Esports Summit 2022 membangun optimisme kami terhadap percepatan pengembangan esports tanah air. Konsep perhelatan ini yang mengusung konsep Sports Tourism dan Sportainment dapat diadopsi oleh penyelenggara-penyelenggara kegiatan esports di tanah air agar kegiatan esports tidak saja hanya bermanfaat bagi peningkatan prestasi atlet, namun juga memiliki dampak sosial-ekonomi-budaya bagi seluruh ekosistemnya,” ujar Frengky Ong, Sekretaris Jenderal PB ESI.

Festival esports akbar ini juga memberikan kesempatan bagi pengembang gim lokal untuk memamerkan kebolehannya di hadapan audiens internasional. Anantarupa Studios, pengembang gim multiplayer online battle arena (MOBA) pertama buatan Indonesia maupun di Asia Tenggara dengan judul Lokapala: Saga of the Six Realms, adalah salah satu pelaku ekonomi kreatif yang turut meramaikan Indonesia Esports Summit.

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year