Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya

CBN sosialisasi Indonesia Research and Education Networks

10:00:34 | 08 Nov 2022
CBN sosialisasi Indonesia Research and Education Networks
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- PT Cyberindo Aditama (CBN), salah satu pelopor internet service provider di Indonesia bersama dengan IdREN dan Cisco Networking Academy mengadakan serangkaian sosialisasi Indonesia Research and Education Networks (IdREN) dan pelatihan interkoneksi BGP Network bagi 100 staff IT perguruan tinggi di seluruh pulau Jawa.

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan bidang network para IT staff di perguruan tinggi dalam mendukung pemanfaatan jaringan IdREN ini  dipusatkan di Harris Hotel Ciumbuleuit Bandung (7 November 2022), Best Western Papilio Hotel Surabaya (9 November 2022), dan Horison Ultima Hotel Semarang (11 November). 

Jejaring Riset dan Edukasi Indonesia (Indonesia Research and Education Networks/IdREN) adalah infrastruktur jaringan khusus yang menghubungkan institusi dan komunitas riset dan pendidikan di Indonesia. Jaringan ini didedikasikan untuk konektivitas komunikasi data yang diperlukan untuk memungkinkan komunitas para peneliti, akademisi dan pengembang untuk berkolaborasi bersama.

Dani Sumarsono, Presiden Direktur CBN mengatakan, “kehadiran IdREN di Indonesia sebagai suatu inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang luar biasa, sejalan dengan visi CBN Education Program. Saat ini, CBN sudah terkoneksi dengan IdREN dengan cakupan skala nasional, dengan membangun 3 (tiga) links antar gates IdREN sebesar 1Gbps, yaitu di Institut Teknologi Bandung (ITB)–Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)–Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Brawijaya (UB)–Institut Teknologi Bandung (ITB).”

CBN Education Program yaitu program kerja sama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para mahasiswa yang terdiri dari program pengembangan SDM melalui program kerja praktik/magang, program pelaksanaan kegiatan event pendidikan (seminar, kuliah umum, kuliah tamu dan workshop), program rekrutmen di kampus atau job fair serta program pengembangan riset dan pengembangan bisnis dalam bidang teknologi informasi. Saat ini, CBN Education Program telah bermitra dengan 145 Perguruan Tinggi di Indonesia dan melaksanakan berbagai program yang bekerjasama dengan institusi pendidikan dan pemerintahan seperti program riset dan pemograman IP Weather, industrial visit, penyesuaian kurikulum pendidikan tinggi, dan lain sebagainya. 

“Ke depannya, CBN bekerjasama dengan FiberStar siap mendukung dengan menambah hingga 5 (lima) links antar gates IdREN di seluruh Indonesia, sehingga mempermudah perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi jejaring riset, berbagi pengetahuan, keterampilan, dan keahlian, kontribusi pengembangan IPTEK, pertukaran sumber daya informasi dan komunitas, ekspos keahlian serta pemanfaatan aplikasi bersama dalam komunitas dan pendidikan,” tambah Dani Sumarsono.

Bakti
Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA, Ketua IdREN menyambut baik dukungan CBN dalam program IdREN, termasuk roadshow sosialisasi kepada perguruan tinggi. “Kesuksesan program ini tentunya tak lepas dari dukungan dari perusahaan telekomunikasi seperti CBN untuk mengelola konektivitas serta mensosialisasikan akan manfaat dari IdREN kepada penggiat perguruan tinggi di Indonesia sehingga tercapai peningkatan daya saing nasional di kancah global.”

Sebagai upaya untuk memperluas pemahaman dan kemampuan staff IT perguruan tinggi terkait program IdREN, CBN akan melanjutkan program sosialisasi ke daerah-daerah lain di Indonesia di tahun 2023 mendatang. (sar)

Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories
Indonesia Digital Network