telkomsel halo

Kaspersky bagi tips lindungi akun pribadi di Twitter

10:00:00 | 03 Nov 2022
Kaspersky bagi tips lindungi akun pribadi di Twitter
JAKARTA (IndoTelko) -- Semuanya telah mengalami perubahan, termasuk jagat jejaring sosial global. Beberapa hari lalu Elon Musk secara resmi membeli Twitter, dan mungkin akan memulai era baru dalam pengembangan perusahaan.

Tetapi pada saat yang sama, keamanan dan perlindungan data pribadi pengguna tetap menjadi pekerjaan rumah terpenting, terlepas dari peristiwa dalam kehidupan organisasi.

Pakar Kaspersky telah menyiapkan beberapa kiat bagi pengguna Twitter untuk membantu pengguna mengamankan privasi dan keamanan data pribadi di akun mereka, dan menyoroti bagaimana sikap terhadap pemrosesan dan penyimpanan data pribadi global dapat berubah di masa depan - dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya .

Apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data pribadi Anda

    Pilihan terbaik adalah secara teratur memeriksa aplikasi mana yang memiliki akses ke akun Twitter Anda. Beberapa aplikasi dapat memeriksa kontak, data pribadi seperti nomor telepon, atau alamat email. Untuk mengamankan dan melindunginya, lebih aman membatasi akses untuk semua aplikasi yang tidak diperlukan. Informasi ini dapat diperiksa di bagian Keamanan dan Akses Akun
    Menghentikan pengguna menemukan akun Anda, melalui nomor telepon, atau alamat email Anda. Ini dapat membantu mencegah penjahat dunia maya menggunakan informasi tersebut. Secara default, pengguna Twitter lain dapat menemukan akun Anda menggunakan nomor telepon atau alamat email Anda. Informasi dari profil Anda juga dapat membantu penjahat dunia maya melakukan serangan phishing, maka sebaiknya nonaktifkan fitur ini. 
Untuk menghentikan pengguna menemukan akun Anda menggunakan nomor telepon atau alamat email Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

    Buka menu dengan mengetuk ikon di sudut kiri atas layar;
    Buka bagian Pengaturan dan privasi.
    Pilih Privasi dan keamanan;
    Pergi ke bagian Discoverability dan kontak;
    Hapus tanda centang di sebelah:Biarkan orang lain menemukan Anda melalui email Anda; (Let others find you by your email)
    Biarkan orang lain menemukan Anda melalui telepon. (Let others find you by phone.)
3. Menggunakan Otentikasi Dua Faktor (2FA/ Two-Factor Authentication) dapat menyelamatkan akun dari berbagai kemungkinan serangan. Menambahkan lapisan perlindungan kedua akan menghentikan sebagian besar penipuan online.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan akun dan data Anda pribadi

    Twitter memiliki Online Bullying help center sendiri untuk bantuan dan saran.
    Pilihan yang aman adalah nonaktifkan geo-tag pada tweet. Anda dapat melakukannya di bagian Privasi dan Keamanan.
    Perluasan filter notifikasi memungkinkan pengguna untuk memfilter akun tempat mereka menerima notifikasi. Misalnya, mereka mungkin tidak ingin menerima pemberitahuan dari pengguna tanpa gambar profil.
    Salah satu langkah efektif adalah juga memblokir pengguna. Ini mencegah akun yang diblokir untuk memposting, melihat tweet, dan membaca feed Anda.
    Pusat Bantuan Twitter Khusus akan memberi pengguna semua alat yang diperlukan untuk melindungi data pribadi dan tweet.
“Sementara perusahaan memikul tanggung jawab untuk melindungi data pengguna, pengguna juga bertanggung jawab untuk melindungi akun mereka. Menggunakan autentikasi dua faktor, terutama dengan aplikasi autentikator atau kunci keamanan memberikan perlindungan maksimal. Selain itu,  perhatikan apa yang Anda posting dan siapa yang dapat membacanya, karena sebagian besar jejak digital kita dihasilkan oleh kita sendiri, dan berbagi secara berlebihan di Twitter, serta jejaring sosial lainnya, dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak terduga,” kata Vladislav Tuskanov, Lead Data Scientist di Kaspersky. (sar)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year