telkomsel halo

5 tahun Zoho klaim sudah layani 50.000 perusahaan

09:00:00 | 20 Okt 2022
5 tahun Zoho klaim sudah layani 50.000 perusahaan
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- Zoho One telah mencapai sebuah tonggak sejarah baru, di mana saat ini mendukung operasional 50.000 organisasi di lebih dari 160 negara. Selama dua tahun terakhir saja, platform tersebut telah mencapai pertumbuhan sebesar 150 persen, dengan 37,5 persen pelanggan Zoho One yang baru berasal dari bisnis pasar menengah dan perusahaan besar. Peningkatan lisensi oleh pelanggan yang mengadopsi Zoho One lima tahun lalu telah naik sebesar 92 persen. Kenaikan ini menyumbang pertumbuhan tonggak sejarah baru. Angka-angka tersebut membuktikan adanya perpindahan pasar dari aplikasi lama yang statis menuju solusi end-to-end yang memberdayakan organisasi agar lebih gesit, terukur, dan dapat beradaptasi dengan berbagai perubahan di industri mereka.

Zoho One sendiri diluncurkan pada tahun 2017 sebagai sebuah solusi yang mencakup 35 aplikasi terintegrasi. Saat ini, Zoho One adalah sistem operasi untuk bisnis yang terwujud dalam sebuah platform komprehensif dan terukur yang terdiri dari 45 aplikasi terpadu dengan layanan end-to-end termasuk fitur kecerdasan buatan (AI), Business Intelligence, komunikasi kontekstual, dan sistem pencarian terpadu. Sistem ini memungkinkan bisnis menjalankan setiap aspek dalam organisasi mereka, dari penjualan, pemasaran hingga keuangan, SDM, dan analitik. 

“Sistem silo menyebabkan bisnis yang terkotak-kotak,” kata Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific di Zoho Corp. “Oleh karena itu, organisasi yang terintegrasi biasanya menjadi cerminan dari sistem terintegrasi di bawahnya. Inilah yang kami lihat pada pelanggan kami sendiri. Hampir setengah dari pelanggan Zoho One menggunakan 20 aplikasi atau lebih di seluruh fungsi, mengintegrasikan organisasi mereka dan melaporkan keuntungan yang lebih tinggi. Dengan Zoho One, kami menetapkan pola untuk seluruh industri terkait platform, atau lebih tepatnya sistem operasi untuk bisnis yang bisa digunakan. Kami akan terus memimpin.”

Keluasan dan Nilai Tunggal

Selama lima tahun terakhir, Zoho One telah menambah 10 aplikasi baru dan beragam layanan lainnya. Ide pengembangan ini datang dari diskusi langsung dengan pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhan mereka yang terus berkembang, sekaligus usaha dalam mengurangi total beban pelanggan dalam menggunakan sebuah platform. Zoho One menawarkan platform terluas dan paling terintegrasi di pasaran. Ia menyediakan banyak alat bagi beragam bisnis untuk melayani pelanggan, seperti pemasaran, penjualan, dan aplikasi bantuan.

Zoho One juga membantu perusahaan dalam menjalankan operasi bisnis, misalnya dalam kebutuhan keuangan, perekrutan, dan aplikasi terkait SDM. Platform ini juga membantu organises berkolaborasi secara efisien lewat office suite, email, produktivitas pribadi, dan aplikasi kolaborasi. Kami juga menyediakan solusi kustom lewat aplikasi berbasis teknologi low-code dan pengembangan layanan mikro, serta aplikasi pembangunan integrasi. Zoho One memiliki ruang lingkup dan kekuatan untuk menjalankan bisnis apa pun secara langsung sembari membawa alat yang diperlukan organisasi untuk menyesuaikan solusi agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini merupakan kemampuan yang tak tertandingi oleh produk tunggal mana pun di pasaran.

Penyatuan End-to-End

Zoho One dibangun secara in-house sepenuhnya, pada sebuah susunan teknologi solusi, menghasilkan platform end-to-end yang benar-benar terpadu dengan ratusan titik integrasi di seluruh aplikasinya. Penyatuan dasar yang konsisten memberikan sebuah hubungan yang lebih dalam antara penjualan, pemasaran, bantuan pelanggan, akuntansi, SDM, dan fungsi lainnya. Zoho One menghadirkan konteks pada komunikasi dan kolaborasi di antara rekan kerja, pelanggan, dan vendor, yang memudahkan akses ke berbagai informasi relevan yang disimpan di berbagai aplikasi di platform tersebut.

Mencapai tingkat interoperabilitas, aliran data yang lancar, dan menghadirkan konteks biasanya membutuhkan keterlibatan sistem TI yang mahal dan luas, namuntanpa jaminan keberhasilan. Zoho dapat menghadirkan sistem penyatuan end-to-end dengan memiliki dan mengoperasikan seluruh susunan teknologi solusinya, termasuk 10 pusat data yang berlokasi strategis di Amerika Utara, Eropa, Australia, dan Asia.

Integrasi dengan Sistem Pihak Ketiga

Pertumbuhan Zoho One di pasar kelas atas dimungkinkan oleh kapasitas platform untuk berintegrasi secara erat dengan aplikasi pihak ketiga tanpa menyebabkan data dan sistem operasi terpisah-pisah atau berdampak pada efisiensi sistem bisnis yang sudah ada. Aplikasi Zoho One terintegrasi dengan ratusan solusi/aplikasi dari pihak ketiga terkemuka, mempertahankan pilihan dan fleksibitas pelanggan, terutama untuk organisasi yang mengelola sistem yang rumit, data dalam jumlah besar, serta tim yang tersebar. Pertumbuhan pelanggan kelas atas Zoho One yang cukup besar menunjukkan bahwa nilai platform tersebut tidak hanya menjadi solusi lengkap untuk bisnis tetapi juga sebagai sebuah nilai tambah yang transformatif dan kooperatif untuk sistem yang lebih besar.

“Saya membutuhkan waktu yang lama, hampir 10 tahun, untuk menemukan solusi yang tepat dalam menjalankan keseluruhan bisnis saya. Zoho One bekerja dengan lancar, tidak hanya untuk mengelola titik kontak bagi pelanggan, tetapi juga memperbaiki berbagai proses dan komunikasi internal kami,” ujar Mr. Anusorn Lovichit, Managing Director of TIFFA EDI Services, seorang fasilitator perdagangan di Thailand.

“Sebagai pengguna Zoho One, saya dapat melihat data dari berbagai aspek bisnis saya, mulai dari manajemen hubungan pelanggan (CRM; Customer Relationship Management) hingga sistem akuntansi kami, semuanya dalam satu dashboard. Integrasinya berjalan mulus dan memberikan bisnis kami begitu banyak nilai tambah,” tambahnya

Harga Zoho One

Bakti
Harga mulai USD37, atau sekitar Rp572 ribu per karyawan ketika lisensi dibeli untuk seluruh organisasi.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year