Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya

Klar Smile kantongi pendanaan pra-Seri A US$4,5 juta

11:08:29 | 02 Sep 2022
Klar Smile kantongi pendanaan pra-Seri A US$4,5 juta
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Klar Smile, perusahaan startup yang bergerak di bidang oral wellness, telah mengumumkan keberhasilannya dalam meraih pendanaan senilai US$4,5 juta untuk putaran pra-Seri A yang dipimpin oleh AC Ventures dan East Ventures.

Investor lainnya yang berpartisipasi dalam putaran ini juga termasuk Venturra Discovery dan beberapa angel investors lainnya. AC Ventures juga merupakan investor awal Klar Smile sejak tahun 2021, dan memutuskan untuk meningkatkan investasinya di perusahaan startup tersebut untuk mendukung rencana perusahaan untuk merambah ke luar pasar alat pelurus gigi.

Klar Smile akan menggunakan suntikan dana segar tersebut untuk terus mengembangkan kiprahnya ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk untuk mengedukasi konsumen perihal pentingnya kesehatan mulut (oral wellness) dan untuk meluncurkan produk-produk komplementer lainnya dalam mendukung perawatan kesehatan gigi. Klar Smile berharap untuk dapat menawarkan perawatan gigi yang menyeluruh dan bermanfaat dari segi estetika dan kesehatan untuk para penggunanya.

Perusahaan startup tersebut memproduksi sendiri seluruh clear aligners miliknya. Rencana perawatan dikembangkan oleh dokter gigi ortodonti yang berpengalaman dan setiap set clear aligner dibuat khusus sesuai kebutuhan kasus gigi masing-masing pasien.

Dalam satu tahun beroperasi, Klar Smile telah memiliki pemahaman yang mendalam atas pasar Indonesia. Perusahaan tersebut telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 dokter gigi dan dokter gigi spesialis ortodonti di seluruh Indonesia. Saat ini Klar Smile hadir melalui lebih dari 800 klinik gigi di seluruh provinsi di Indonesia, sehingga sangat memudahkan bagi 275 juta populasi Indonesia untuk mendapatkan perawatan gigi dari Klar Smile.

Melalui aplikasi seluler Klar Smile, para dokter gigi dan pasien dapat dengan mudah berinteraksi langsung dan bersama-sama memonitor perkembangan hasil perawatan gigi. Pengalaman pengguna (user experience) yang unik ini meningkatkan kenyamanan pasien dengan mengurangi jumlah kunjungan serta waktu pemeriksaan rutin ke klinik yang dibutuhkan selama masa perawatan.

Tim pendiri Klar Smile sendiri merupakan gabungan dari sosok-sosok yang berpengalaman di bidang dental serta pengembangan brand.

Perusahaan dipimpin oleh Ellen Pranata sebagai CEO dengan berbekal pengalamannya sebagai mantan konsultan McKinsey dan sebagai mantan direktur Cobra Dental, salah satu importir dan pemasok bahan dan peralatan dental terbesar di Indonesia. Drg. Adelia Susanto, MM, Sp.Ort., sebagai Chief Orthodontist and Head of R&D, adalah seorang dokter gigi praktisi yang dikenal baik di kalangan dokter gigi Indonesia dan berpengalaman bertahun-tahun di bidang teknologi perawatan gigi menggunakan clear aligner. Drg. Adelia Susanto juga merupakan anggota bersertifikat dari berbagai asosiasi ortodonti tingkat nasional dan internasional, seperti American Association of Orthodontists dan American Academy of Clear Aligners. Chief Operating Officer Klar Smile, Drg. David Sugihartana, MM, Sp.Pros, memimpin proses produksi dan sangat berpengalaman dalam bidang prosthetics, aesthetics, and full-mouth rehabilitations. Selain itu, ia juga terlibat aktif di asosiasi American Academy of Cosmetic Dentistry dan International Team of Implantology.

Krisna Murti, Chief Commercial Officer Klar Smile, merupakan seorang brand builder berpengalaman, terutama untuk segmen beauty & personal care, dengan pengalaman profesionalnya bersama Procter & Gamble, Nestle Skin Health, dan Shiseido. Krisna sebelumnya menjabat sebagai Market Strategy and Planning manager P&G Southeast Asia dan membawahi kategori perawatan rambut untuk merek-merek ternama seperti Pantene, H&S, Rejoice, dan Clairol. Krisna juga merupakan sosok di balik keberhasilan produk perawatan kulit Cetaphil dalam memasuki pasar Indonesia serta pertumbuhan pesat yang dinikmati merek Senka dan Anessa.

Untuk menjaga kualitas perawatan, Klar Smile meyakini bahwa perawatan clear aligner membutuhkan kolaborasi yang intens dengan komunitas dokter gigi, terutama perihal ilmu ortodonti.

Hal inilah yang mendasari langkah perusahaan untuk terus aktif berkolaborasi dengan beberapa organisasi profesi seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Ikatan Ortodontia Indonesia (IKORTI) dan berpartisipasi dalam lebih dari 50 program bersama berbagai komunitas per tahunnya. Lebih lanjut, Klar Smile merupakan satu-satunya pemain clear aligner Indonesia yang ikut berpartisipasi di acara tahunan spesialis ortodonti yang sangat bergengsi dan terbatas, yaitu simposium International Association for Orthodontics di Bali.

Bakti
“Sebagai pendukung startup ini sejak awal, kami percaya bahwa Klar Smile menawarkan solusi yang praktis dan inovatif yang dibutuhkan dan dicari oleh jutaan penduduk Indonesia. Kami percaya pada potensi besar yang dimiliki pasar Indonesia untuk oral wellness dan tim pendiri Klar Smile terus menerus membuat kami terkesan dengan dalamnya pemahaman yang mereka miliki atas dinamika pasar dan mewujudkannya melalui strategi-strategi bisnis,” kata Founder dan managing partner AC Ventures Michael Soerijadji.

telkom sigma
Klar Smile juga telah secara resmi menunjuk penyanyi dan aktris papan atas Indonesia, yaitu Maudy Ayunda, sebagai brand ambassador. Lulusan Oxford dan Standford University tersebut telah menjadi salah satu dari ribuan happy users produk Klar Smile.(wn)

Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories
Indonesia Digital Network