telkomsel halo

Ini tipe influencer paling populer versi MarkPlus

10:36:50 | 09 Aug 2022
Ini tipe influencer paling populer versi MarkPlus
JAKARTA (IndoTelko) - Saat ini jasa influencer makin marak digunakan oleh para brand sebagai salah satu sarana pemasaran. Pasalnya, tidak semua influencer memiliki citra positif di media sosial.

Selain influencer yang berprestasi, tak jarang influencer membalut diri dengan sensasi untuk mampu mendatangkan engagement yang lebih tinggi. Hal ini menjadi pertanyaan di benak pemasar, seperti apa karakteristik influencer yang sebenarnya lebih dipercaya oleh masyarakat?

Hasil survei WOW Influencer yang dilakukan oleh MarkPlus kepada 1000 netizen Indonesia, mendapatkan temuan karakteristik influencer yang rekomendasinya paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Influencer dengan tingkat kepercayaan tinggi memiliki karakteristik yang ceria, intelijen, dan sukses.

Dari temuan riset tersebut, influencer dengan karakter Cheerful (ceria, gembira, bahagia dan bersahabat) menjadi yang paling dipercaya dengan total persentase 31% , disusul dengan Intelligent (cerdas, pintar, pandai), dan Successful (percaya diri, sukses, pemimpin) dengan nilai 29%.

Kemudian, 25% karakteristik Reliable (dapat dipercaya, bertanggung jawab dan pekerja keras), 22% Imaginative (fantasi, imajinasi, unik, inovatif, kreatif), 20% Up-to-date (kekinian, modern), 20% Honest (jujur, tulus, real), 20% Down-to-earth (sederhana, apa adanya, familiy oriented), 19% Charming (menarik, berkarisma), 19% Spirited (bersemangat,keren), dan 17% Upper class (mewah, eksekutif, glamor) memiliki persentase terendah.

Sebagai contoh, RANS Entertainment sebagai influencer yang rekomendasinya paling dipercaya oleh masyarakat dipersepsikan memiliki karakteristik yang Reliable, Successful, dan Intelligent. Tasya Farasya memiliki karakteristik Up-to-date, Upper Class, dan Intelligent. Sementara Fadil Jaidi yang juga masuk kedalam jejeran pemenang WOW Influencer memiliki karakteristik Down-to-earth, Cheerful, dan Imaginative.

“Karakteristik influencer yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi, memiliki kemungkinan besar dalam mempengaruhi masyarakat pada rekomendasi yang diberikan. Selain itu, karakteristik influencer juga akan berpengaruh pada image brand dan produk yang direkomendasikan,” ujar Manager MarkPlus, Inc. Aniza Nurfebriany.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year