telkomsel halo

Rimini Protect Security Suite diklaim bisa lindungi perusahaan dari ancaman siber

07:35:00 | 04 Aug 2022
Rimini Protect Security Suite diklaim bisa lindungi perusahaan dari ancaman siber
JAKARTA (IndoTelko)  -- Penyedia produk dan layanan perangkat lunak perusahaan global, serta penyedia dukungan pihak-ketiga terkemuka untuk produk perangkat lunak Oracle, SAP, dan mitra Salesforce, Rimini Street baru-baru ini meluncurkan rangkaian solusi keamanan Rimini Protect™. Rimini Protect™merupakan rangkaian solusi keamanan baru yang selalu aktif sepanjang waktu serta memberikan lapisan keamanan yang lebih komprehensif yang mengelilingi dan melindungi infrastruktur dan aplikasi TI perusahaan. 
 
Selama bertahun-tahun, Rimini Street telah menyediakan solusi keamanan canggih "zero-day" yang proaktif dan telah terbukti manfaatnya untuk aplikasi perangkat lunak perusahaan, middleware, serta basis data klien kami, dan portofolio solusi  ini kini tersedia dengan penawaran terbaru dalam rangkaian  Rimini Protect terkini.  
 
Perlindungan Keamanan adalah Prioritas Utama
 
Pembobolan data dapat membahayakan organisasi dan pelanggan atau komponen pendukung mereka. Pada tahun 2021 saja, terdapat 623 juta serangan ransomware. Biaya rata-rata pembobolan data jatuh di angka US$4,2 juta (Rp 62 miliar), dan 25% dari total pembobolan data dimotivasi oleh spionase atau tindakan mencuri informasi komersial. Hal ini dapat menyebabkan perlunya waktu henti dan perbaikan pembobolan keamanan yang terhitung mahal dalam segi keuangan, akan tetapi seringkali kerusakan reputasi lebih merugikan bagi organisasi.
 
Pelaku kejahatan yang ingin mencuri data dan mengganggu operasi dapat menyerang dari berbagai vektor yang menargetkan beberapa lapisan dan komponen sistem. Di dunia dengan ancaman keamanan siber yang terus berkembang, terdapat kerentanan baru  yang diidentifikasi secara berkala – di samping  risiko kerentanan lainnya yang tidak teridentifikasi. Organisasi perlu berinvestasi dalam solusi keamanan yang mencegah pembobolan data dan juga memberikan perlindungan "zero-day" terhadap kerentanan sebelum dapat dieksploitasi. Serangan “zero-day” merupakan istilah yang digunakan ketika kerentanan dalam suatu sistem dimanfaatkan pertama kali atau dalam tahap awal. 
 
Beberapa organisasi masih mengandalkan laporan dan patch dari vendor perangkat lunak mereka untuk perlindungan terhadap serangan, tetapi strategi ini dinilai memiliki beberapa kekurangan:
 
●  Batasan berbahaya – tidak menargetkan kode khusus, rilis yang tidak didukung, atau kerentanan yang tidak diketahui
●  Tidak tepat waktu – dapat memakan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun untuk dikirim oleh vendor perangkat lunak – dan terkadang tidak memberikan patch sama sekali
●  Membutuhkan pekerjaan tambahan yang intensif – seringkali memerlukan peningkatan produk atau teknologi dan mungkin perlu diuji regresi sebelum bisa diluncurkan ke tahap produksi
●  Risiko yang terus berlangsung – mungkin tidak memadai untuk melindungi perangkat dari kerentanan yang teridentifikasi
 
Rimini Street Telah Menjadi Mitra Terpercaya untuk Keamanan
 
Ribuan organisasi mempercayai Rimini Street untuk mendukung aplikasi dan data penting misi mereka, dan banyak dari klien tersebut telah memperluas hubungan Rimini Street mereka untuk memasukkan solusi keamanan global dan inovatif kami. Portofolio keamanan Rimini Street telah tersedia untuk klien selama bertahun-tahun, mencakup solusi untuk secara proaktif melindungi aplikasi Oracle dan SAP, middleware, dan basis data klien kami.
 
Pertahanan dalam Perlindungan yang Mendalam Sangatlah Penting
 
Dalam era ekonomi digital-first saat ini, organisasi perlu membangun dan memelihara beberapa lapisan keamanan – termasuk melindungi lapisan basis data tempat data penting disimpan – sebagai bagian dari strategi keamanan siber “Pertahanan Mendalam” atau "Defense in Depth".
 
Sekarang Rimini Protect meningkatkan strategi "Pertahanan Mendalam" dengan solusi full-stack untuk mencapai perlindungan keamanan zero-day terhadap ancaman kerentanan, baik yang diketahui, maupun tidak diketahui, serta yang tidak dilaporkan. Rimini Protect secara menyeluruh mencakup aplikasi berlapis serta perangkat lunak keamanan basis data dan solusi layanan sebagai berikut:
 
Rimini Street Advanced Application dan Middleware Security, yang melindungi dari kerentanan yang diketahui dan tidak diketahui menggunakan deteksi dan perbaikan Java Runtime sebelum serangan mencapai target yang dituju, termasuk rilis yang tidak lagi didukung sepenuhnya oleh vendor.
 
Rimini Street Advanced Database Security, solusi keamanan database generasi berikutnya, membantu melindungi basis data dari kerentanan yang diketahui dan tidak diketahui dengan terus memantau dan menganalisis memori bersama.
 
Rimini Protect™ for SAP Applications merupakan layanan yang dikelola sepenuhnya dan menyediakan pelindung yang dapat memulihkan kerentanan aplikasi dengan kecepatan dan skala tinggi tanpa menyentuh kode, yang bahkan juga melindungi dari serangan canggih.
 
Layanan Keamanan Global diberikan oleh insinyur keamanan ahli Rimini Street yang membantu organisasi untuk tetap mempertahankan pondasi keamanan siber yang paling lengkap dan padat yang mempertimbangkan keadaan spesifik organisasi. Layanan ini mencakup penilaian keamanan, panduan pemadatan dan konfigurasi, peta jalan keamanan, dan laporan analisis kerentanan keamanan (SVARs).
 
Software Vendor Patching merupakan Perlindungan yang Tidak Memadai dan Ketinggalan Zaman
 
Menurut laporan riset pasar Aberdeen Group, "patching tradisional merupakan proses yang tidak pernah berakhir" karena stack teknologi terus berkembang semakin kompleks dan volume serta frekuensi patch perangkat lunak yang disediakan vendor terlalu banyak untuk dikelola oleh staf TI. Sebaliknya, patching virtual "mengacu pada penetapan titik penegakan kebijakan yang berada di luar sumber daya yang dilindungi dan dirancang untuk mengidentifikasi, mencegat, dan memulihkan eksploitasi kerentanan sebelum mencapai targetnya."
 
"Perusahaan yang mengandalkan model patching vendor perangkat lunak yang telah ketinggalan zaman akan menemukan diri mereka rentan terhadap serangan karena patch hanya mengatasi kerentanan yang diketahui. Rimini Protect merupakan salah satu dari banyak solusi inovatif yang dikembangkan oleh Rimini Street yang dapat membantu klien kami untuk mengambil jalan cerdas dengan portofolio teknologi mereka," kata Gabe Dimeglio, Vice President & Executive Advisor, Rimini Street. "Kemampuan Rimini Protect melampaui patching vendor perangkat lunak biasa dalam melindungi seluruh ekosistem aplikasi, middleware, dan basis data menggunakan kontrol keamanan aktif yang memantau aktivitas secara real-time untuk mengidentifikasi tindakan berbahaya. Solusi ini secara proaktif memblokir proses yang mencoba mengeksploitasi kerentanan zero-day, baik yang telah diketahui sebelumnya, maupun yang baru diketahui."
 
Ketahui lebih lanjut mengenai Rimini Protect melalui webinar “Introducing Rimini Protect™: Comprehensive, Zero-Day IT Security”. CEO Rimini Street, Seth Ravin, bersama dengan para pakar keamanan TI akan membahas lingkungan ancaman keamanan siber yang berkembang dan meningkat pesat serta bagaimana setiap organisasi dapat mengendalikan pertahanan keamanan sibernya sendiri  dengan solusi keamanan Rimini Protect. (sar)
Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year