Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Qapita akuisisi ESOP Direct, pimpin pasar di India dan Asia Tenggara

11:54:36 | 28 Jul 2022
Qapita akuisisi ESOP Direct, pimpin pasar di India dan Asia Tenggara
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Perusahaan manajemen ekuitas yang didukung oleh East Ventures, Qapita,  mengumumkan telah menyelesaikan akuisisi ESOP Direct yang berbasis di India dalam transaksi penuh secara tunai. Melalui akuisisi ini, Qapita yang berkantor pusat di Singapura memperoleh kepemilikan penuh atas operasi entitas ESOP Direct dari para pemegang sahamnya. 

Qapita akan menjadi pemimpin pasar di wilayah ini dengan melayani klien baik yang terdaftar maupun tidak terdaftar, memperluas basis pelanggannya di India dan Asia Tenggara menjadi 1.200 pelanggan. Entitas gabungan ini juga akan mengelola lebih dari US$ 12 miliar ESOP serta mengelola lebih dari 130.000 pemilik karyawan.  

Dengan akuisisi ini, Qapita akan memperluas tim menjadi lebih dari 220 orang profesional sekaligus terus memperkuat kehadirannya pada berbagai kota yang ramai oleh startup terkemuka di India, antara lain Bangalore, Hyderabad, New Delhi, Mumbai, Pune dan Chennai, selain kehadirannya di Asia Tenggara seperti Singapura dan Jakarta.

CEO & Co-Founder Qapita, Ravi Ravulaparthi mengatakan, “Tim ESOP Direct yang luar biasa telah menginisiasi kompensasi saham dan melayani perusahaan-perusahaan terkemuka di kawasan ini. Akuisisi ini merupakan langkah penting untuk mewujudkan visi kami untuk menciptakan sebuah platform terpadu untuk semua masalah ekuitas untuk membantu pasar swasta.” 

“Melengkapi pengetahuan dengan teknologi canggih memungkinkan kami melayani pelanggan melalui siklus kehidupan perusahaannya, mulai dari penggabungan, likuiditas, hingga IPO dan seterusnya. Kami berharap dapat membantu pelanggan kami menciptakan lebih banyak pemilik ekuitas di wilayah ini dan membuat mereka menjadi perusahaan yang handal,” tambahnya.

ESOP Direct sendiri merupakan pelopor dari solusi end-to-end dalam kompensasi ekuitas di pasar India. Layanannya mencakup seluruh siklus dalam rencana kepemilikan saham oleh karyawan, mulai dari konseptualisasi rencana, desain, dokumentasi, rencana administrasi berkelanjutan, dukungan karyawan, kepatuhan, valuasi dan pelaporan. ESOP Direct juga terlibat dalam inisiatif pembuatan kebijakan untuk regulator India dan telah memperkenalkan berbagai solusi inovatif dalam domain ini. 

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Co-Founder dan Managing Director ESOP Direct, Harshu Ghate, mengatakan, ”penggabungan dua bisnis ini akan melengkapi kekuatan satu sama lain. Hal ini akan membantu klien dan karyawan untuk memberikan layanan transaksi keuangan melalui platform terpadu. “Langkah ini merupakan perkembangan logis dari model bisnis kami saat ini serta sejalan dengan tren global di domain ini. Keahlian yang mendalam dalam domain ini, serta pemikiran kami sekarang akan dimanfaatkan di luar pasar India. Kami akan melanjutkan upaya kami untuk menyusun solusi demi keberhasilan rencana kepemilikan saham oleh karyawan dari klien kami,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, COO dan Co-Founder dari Qapita, Lakshman Kanamarlapudi mengatakan, “Kami sangat senang dengan potensi yang dihadirkan dari kolaborasi dengan ESOP Direct. Sebagai pemimpin pasar di wilayah ini yang diikuti dengan investasi kami dalam teknologi, Qapita berada di posisi yang tepat untuk menciptakan sebuah platform terpadu untuk semua masalah ekuitas, mulai dari CapTables, ESOP, hingga masalah kepatuhan serta akuntansi yang pada akhirnya mengarah pada solusi likuiditas. Saya juga ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada para investor kami atas dukungan berkelanjutan mereka dalam melaksanakan visi dari tim kami.”

Bakti
Qapita memperkirakan nilai sekuritas swasta di kawasan ini akan mencapai lebih dari US$ 1 hingga 1,5 triliun dengan kehadiran 200 hingga 250 startup unicorn dalam beberapa tahun kedepan; di mana solusi digital yang terukur berperan penting bagi ekosistem untuk berkembang. (ak) 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year