telkomsel halo

NTT umumkan Seren untuk operasikan Juno

10:54:00 | 28 Jul 2022
NTT umumkan Seren untuk operasikan Juno
JAKARTA (IndoTelko) – NTT Ltd. Japan Corporation, Mitsui &Co., Ltd., PC Landing Corp, dan JA Mitsui Leasing, Ltd. mengumumkan peluncuran perusahaan baru, Seren Juno Network Co., Ltd. ("Seren") yang telah didirikan untuk membangun dan mengoperasikan "JUNO", sistem kabel bawah laut trans-Pasifik yang baru dan terbesar berkapasitas maksimum 350Tbps yang akan beroperasi antara Jepang dan Amerika Serikat.

Menurut firma analis industri telekomunikasi terkemuka, TeleGeography, bandwidth internet global meningkat sebesar 29% pada tahun 2021. Pertumbuhan ini diperkirakan akan terus meningkat didorong oleh penerapan teknologi komputasi 5G, IoT, dan edge. Apalagi, dengan jaringan kabel Jepang-AS yang kapasitasnya hampir penuh, JUNO sangat dibutuhkan untuk memenuhi lonjakan permintaan bandwidth internet global.

President and Chief Executive Officer, NTT Ltd. Japan Corporation, Takanobu Maeda mengatakan, dengan pertumbuhan pesat ekonomi digital global dan meningkatnya permintaan akan solusi cloud dan latensi yang lebih rendah, sektor kabel internet bawah laut semakin krusial bagi infrastruktur internet global. “Kabel bawah laut baru ini adalah upaya bersama terkini yang dipimpin NTT dalam sejarah dan membanggakan dalam menyediakan infrastruktur internet global yang andal," katanya.

Jepang, yang terletak di tengah-tengah antara AS dan pasar utama Asia, memainkan peran penting sebagai "Data Hub" di kawasan Asia-Pasifik. Untuk itu, JUNO diharapkan dapat melengkapi jaringan kabel bawah laut serta kunci untuk mendukung tulang punggung internet global, dan pertumbuhan lebih lanjut di negara-negara Asia-Pasifik dan di seluruh dunia.

JUNO, sistem kabel bawah laut trans-Pasifik yang baru, menawarkan beberapa manfaat unik bagi pelanggan, antara lain :
1. Menggunakan teknologi SDM (Space Division Multiplexing) terdepan yang memungkinkan penyediaan 20 pasangan serat optik (40 inti) per kabel (teknologi konvensional saat ini menyediakan maksimum 16 pasang serat atau 32 inti). 
2. Menyediakan kapasitas maksimum 350Tbps, yang terbesar di antara sistem kabel yang ada antara Jepang dan AS. 
3. Menawarkan ketahanan tinggi dengan menghubungkan ke dua stasiun pendaratan terpisah di antara Jepang dan AS, memberikan keamanan dan ketahanan tambahan terhadap potensi gangguan karena kondisi cuaca yang buruk, terutama di sepanjang wilayah pesisir Jepang. 
4. Memberikan fleksibilitas, karena JUNO dapat mengubah jumlah bandwidth ke setiap rute cabang sesuai dengan permintaan dan sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

Perusahaan ini akan menyediakan layanan jaringan yang cepat dan andal bagi perusahaan teknologi global besar, OTT, operator telekomunikasi, dan sebagainya, sehingga memungkinkan mereka untuk memperkuat kapasitas telekomunikasi antara AS dan Asia melalui penjualan, operasi, dan dukungan manajemen yang andal dan aman. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year