telkomsel halo

Grab dorong peningkatan pendapatan 100 ribu lebih mitra pengemudi

08:00:00 | 05 Jul 2022
Grab dorong peningkatan pendapatan 100 ribu lebih mitra pengemudi
JAKARTA (IndoTelko) – Pelonggaran peraturan PPKM sejak bulan Mei 2022 serta periode libur membuka peluang bagi para individu maupun pelaku usaha, terutama yang bergerak di sektor transportasi dan kuliner, untuk meningkatkan penghasilan, setelah sebelumnya mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan di periode pandemi. Guna kembali menggairahkan sektor ini, Grab, superapp terkemuka di Asia, mendukung mitra pengemudi maupun mitra merchant untuk memanfaatkan momen liburan sekolah di bulan Juni-Juli melalui Program Jelajah Kota di 7 kota besar Indonesia: Bandung, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Padang, Medan, dan Batam.

Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia, mengatakan, “Program Jelajah Kota dihadirkan bukan hanya untuk memungkinkan wisatawan untuk menghemat biaya perjalanan dengan memanfaatkan potongan harga, namun juga untuk membantu para mitra pengemudi dan mitra merchant Grab untuk meningkatkan pendapatannya, terutama di musim liburan atau peak season. Kami percaya bahwa dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk kembali menggairahkan sektor ini guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi di tanah air.”

Berlangsung sejak 25 April hingga 17 Juli, Program Jelajah Kota menawarkan potongan harga hingga 50% untuk layanan GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, dan GrabJastip untuk seluruh kota, serta GrabMart di beberapa kota. Sejak pertama diluncurkan, program ini telah menggaet lebih dari 20.000 mitra merchant dan lebih dari 80.000 mitra pengemudi untuk memenuhi tingginya permintaan pemesanan layanan di periode-periode krusial seperti momen liburan. 

Salah satu cerita sukses datang dari mitra resto GrabFood, Deni Kuswara, Pemilik Kupat Tahu Gempol, yang mengatakan, “Selama liburan ini, penjualan saya mengalami peningkatan yang signifikan hingga 50%, yang mana sebagian besar berasal dari pemesanan melalui aplikasi Grab.”

Merujuk pada data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan domestik mengalami peningkatan hingga 12% pada tahun 2021. Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pun meningkat pesat hingga lebih dari 200% pada awal tahun ini. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), para wisatawan mancanegara ini cenderung memanfaatkan inovasi teknologi untuk mendukung aktivitas pariwisata mereka, termasuk layanan transportasi dan juga pengantaran makanan.

Melalui program ini, Grab juga menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi anak-anak mitra pengemudi di Bandung dan Yogyakarta dengan mengajak anak-anak para mitra pengemudi untuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata bersejarah di masing-masing kota untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air sejak dini.

Selain menghadirkan Program Jelajah Kota, Grab juga menyediakan layanan baru “Grab Car Hemat”, fitur terbaru dari Grab Car yang dapat digunakan hingga 31 Juli 2022 di Pekanbaru, Batam, dan Lampung. Layanan ini adalah layanan terhemat yang diluncurkan untuk mendukung mobilitas masyarakat selama periode liburan. (sar)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year